Ingin jadi blogger keren, kamu perlu tahu ini

blogger keren

Sejak memutuskan menekuni menulis di blog pada tahun 2016, saya selalu penasaran untuk mencari tahu ilmu yang berkaitan dengan blog agar menjadi blog yang berkualitas dan mendatangkan banyak pembaca, meski saya akui masih banyak kekurangan yang harus dikejar. Saya juga banyak belajar dan terinspirasi dari blogger yang menurut saya keren. Kriteria blogger keren itu yang seperti apa sih ?

 Ada tujuh kriteria blogger keren versi saya :

1. Konsisten

Bagi saya blogger keren harus konsisten menggarap blognya dengan menulis secara berkala. Ada beberapa blogger yang saya ketahui membuat jadwal tulisan tiap seminggu sekali, ada yang menulis tiap beberapa hari sekali, dan ada juga yang menulis tiap hari. Dan mereka komitmen dengan jadwal yang telah mereka buat sendiri meski disibukkan dengan aktifitas lain.

Saya pernah bertanya pada beberapa blogger tentang bagaimana tetap menulis meski disibukkan oleh rutinitas. Jawaban yang saya peroleh, sebagian besar mereka memanfaatkan smartphone untuk menulis. Setelah saya coba, menulis di smartphone memang terasa lebih fleksibel dibandingkan menulis melalui laptop atau komputer.   

Urusan menjaga konsistensi menulis sampai saat ini masih menjadi PR besar buat saya. Saya pasang target minimal ada satu tulisan baru setiap minggunya.

2. Mendatangkan banyak pembaca

Menurut saya, apalah arti blog jika tidak ada yang pembacanya, bagai sayur asem tanpa asem. Hambar.

Menjadi suatu kebanggaan tersendiri jika tulisan di blog dapat dibaca oleh banyak orang. Terlihat dari jumlah page view per artikel di google analytics yang mencapai ribuan pembaca dalam satu bulan. Ini juga yang menjadi tolok ukur suatu brand ingin berkerjasama dengan kita.  Lebih bagus lagi, jika tulisan kita bisa mendatangkan pembaca organik.

Yang sudah saya lakukan agar tulisan di blog mendatangkan banyak pembaca, antara lain :

Pemilihan judul yang menarik

Memilih judul yang menarik dan membuat orang lain tertarik untuk membacanya. Tips yang pernah saya dapatkan dari Pungky, coba posisikan diri kita sebagai orang lain ketika melihat judul tulisan di blog kita berada diantara judul dari banyak penulis lainnya. Sekirannya kita mau atau tidak untuk sekedar mampir membaca tulisan versi lengkapnya di blog. Jika tidak, maka judul yang dipergunakan masih belum terlihat menarik ketika dibaca orang lain.

Pemilihan gambar judul yang menarik 

Pastikan gambar atau foto terlihat jelas (tidak buram) dan enak dipandang. Jika perlu ditambahkan tulisan yang mendukung judul artikel.

Ramah SEO

Agar tulisan di blog berada posisi awal google, mau tidak mau harus memenuhi beberapa kriteria. Dari salah satu pelatihan ngeblog yang pernah saya ikuti, agar tulisan mudah terdeteksi oleh google yaitu dengan cara menulis artikel dengan panjang minimal 500 kata. Semakin detail dan panjang tulisan maupun informasi yang kita tulis, semakin mudah terdeteksi oleh google. Selain itu pemilihan kata kunci yang tepat juga dapat memudahkan pencarian tulisan di google.

  

3. Mendapat banyak tanggapan dari pembaca

Tulisan blog akan semakin hidup jika ada komentar dari pembacanya. Tentunya komentar yang berbobot, tidak hanya sekedar komentar “tulisannya bagus yaa” atau “mantap cuy”. *hadeh*

Ketika komentar di blog lain pun saya usahakan memberikan komentar yang berbobot dari artikel yang sudah saya baca. Hindari juga menanyakan hal-hal yang sudah dijelaskan di artikel, jadi ketahuan jika hanya baca sekilas aja.  

 

4. Tulisan dibagikan dan disukai oleh banyak orang

 

blogger keren
Artikel “Stop bullying special needs kids” di gracemelia.com telah dibagikan sebanyak 1,05 K

Semakin bermanfaat tulisan biasanya orang lain akan dengan sangat mudah membagikan tulisan tersebut ke berbagai sosial media dan banyak mendapatkan like dari pembaca.  

 

5. Rajin berkunjung ke blog lain (blog walking)

 

blogger keren
Artikel “7 Beach club paling keren di Bali” mendapatkan 343 komen.

Pernah mendapat cerita dari mbak Shintaries sewaktu mengisi acara pelatihan blog, jika penulis beken cumilebay.com, mas toro almarhum selalu menyempatkan blog walking ke blog lain setiap hari minimal 5 blog. Ternyata kebiasaan ini juga bisa berpengaruh ke domain authority (DA) dan page authority (PA) yang tinggi. Sebagai info DA cumilebay.com pernah mencapai hingga 40.

Untuk saat ini, saya usahakan berkunjung ke blog lain terutama yang sudah meninggalkan komentar di blog saya.

 

6. Membalas komentar meskipun di tulisan lama

 

blogger keren
Artikel “Decluttering skincare” di Alodita.com

Saya pernah bertanya di tulisan alodita.com saat empat bulan setelah dia menulis artikel tersebut. Setelah ditunggu, akhirnya pertanyaan saya dijawab juga. Seneng rasanya karena jawaban tersebut memang penting bagi saya. Dari situ saya mulai menanamkan untuk membalas komentar dari pembaca atas tulisan terdahulu jika dirasa perlu untuk dijawab. Sebagai salah satu bentuk apresiasi juga kepada pembaca.

 

7. Berisi konten positif dan menginspirasi

Blogger keren menurut saya adalah blogger yang bisa menyelipkan pesan positif, informatif, dan menginspirasi pembacanya agar menjadi pribadi yang lebih baik, sesuai ciri khas masing-masing blogger. Meskipun berbentuknya curhatan pun tidak masalah, asalkan ada pemikiran positif yang bisa kita ambil. Tidak jarang, karya blogger yang kaya akan konten positif, informatif dan menginspirasi ini berujung manis menjadi sebuah buku.

Kriteria blogger keren itu banyak juga ya. Tapi kalau kita mau terus belajar dan memperbaiki diri, maka tidak menutup kemungkinan kita juga bisa kok menjadi blogger yang keren. 

Jadi, kriteria blogger keren versimu yang seperti apa sih ? Yuk ceritain di komen bawah. 

 

blogger keren

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog Menu7uh Warung Blogger Lebih Baik: Yuk, Jadi Blogger Keren!

22 Replies to “Ingin jadi blogger keren, kamu perlu tahu ini”

  1. Blogwalking memang bisa meningkatkan std kekerenan, karena secara tidaknlangsung jd brainstorming sebelum menulis postingan baru

    1. Banyak ide dan inspirasi muncul dari blogwalking yaa

  2. Konsisten itu yg utama namun juga paling susah euy.
    Sosok Blogger keren buat saya sih almarhum mas cumi, padahal saya blm pernah ketemu sama sekali, cuma berinteraksi di dunia maya. Ahh andai bisa ketemu beliau.

    1. Iya Saya juga belum pernah meski di Surabaya. Beliau keren banget, kocak dan ramah sama semua orang meski baru kenal patut dicontoh.

  3. konsisten suka meleset mba btw aku kok ga bisa y ngeblog di hp gimana caranya hehehe bingung mau nulisnya jg susa bingits

    1. Kalo WP ada aplikasi Khusus mobile nya mbak. Hihi

  4. Kerennn bener banget mba, gudlak ya😁

    1. Makasih mbak 😊

  5. Sy udah punya blog dr 2011 tp tdk terawat. Semog kali ini bisa berusaha konsistan dan byk belajar. Semangat..
    Terima kasih sharingnya mbk.

    1. Semangat yaa mbak 👍

  6. Aku jga lagi ngebiasain buat bw 5 blog mbk, walau kdang sring lalainya. Makasih sharing tlisannya mbk. Salam, muthihauradotcom

    1. Biasa manusia tempatnya lalai kok, kalau lupa bisa tuh dirapel di hari berikutnya. 😁

  7. terima kasih atas ilmunya, point ok. terutama posisikan pembaca mau baca judul kita atau tidak.

    1. Sama-sama mbak, sharing ilmunya juga boleh kok 😁

  8. Terima kasih atas artikelnya mbak, sangat bermanfaat buat saya yg baru belajar ngeblog.Saat ini masih berjuang keras untuk konsisten bikin tulisan seminggu satu artikel.

    1. Semangat berkarya terus ya mbak 😊

  9. Aku masih kesulitan untuk membiasakan diri menulis dari hp sampai saat ini. Aku memilih terpaksa mengangkut laptop hampir kemana pun demi bisa konsisten menulis. Meski masih belum sukses sih.

    1. Kalo laptopnya enteng gak masalah digendong kemana-mana sih mbak 😁

  10. Semoga kita bisa konsisten ngeblog, meski jauh dari kata Keren, yang penting bisa berbagi ilmu ya mbak.

    1. Amiin semangat menebar kebaikan yaa

  11. Selain konsisten menurutku blogger yang keren itu juga harus punya komitmen sama pekerjaannya. Misalnya menyelesaikan pekerjaan sesuai deadline, tidak terlambat saat menghadiri undangan

    1. Hi mba Ayana, lebih bagus lagi jika selesai sebelum deadline. Begitu terima langsung eksekusi. Hihi

Leave a Reply