5 Ide Mainan DIY untuk Melatih Motorik Anak Kinestetik bersama Monde Boromon Cookies

anak kinestetik

Maria Montessori, seorang tokoh pendidikan anak usia dini terkenal, menyatakan bahwa, pada rentang usia lahir sampai 6 tahun anak mengalami masa keemasan yang merupakan masa dimana anak mulai peka atau sensitif menerima berbagai rangsangan. Selama masa periode sensitif inilah, anak begitu mudah menerima stimulus-stimulus dari lingkungannya. Usia emas perkembangan anak merupakan masa dimana anak mulai peka untuk menerima berbagai stimulasi baik […]

Let’s Read, Ayo Membaca Dunia melalui Cerita Bergambar

lets read cerita bergambar

Let’s Read, Ayo Membaca Dunia melalui Cerita Bergambar – “Ma, luar angkasa itu dimana?” “Tata surya itu apa?” “Bentuknya tata surya itu gimana sih ma?,” tanya kakak. Saban kakak menanyakan maksud dari istilah tertentu, saya pasti mikir lagi gimana cara menyampaikannya supaya ia mudah faham. Ternyata ngga mudah menerjemahkan istilah ke dalam bahasa sederhana sesuai […]

Ketika UMKM Perempuan memanfaatkan teknologi digital

memanfaatkan teknologi digital

Ketika UMKM Perempuan memanfaatkan teknologi digital apakah yang terjadi? – Hampir setahun merasakan pandemi, harus adaptasi dengan kebiasaan baru. Sekarang lebih milih mengandalkan belanja online ketimbang beli langsung di tempat. Minimalisir kontak langsung dengan lingkungan luar dan orang lain. Kebiasaan baru ini juga harus dialami sebagian besar pebisnis UMKM yang sebelumnya mengandalkan dari penjualan offline […]

Ngga perlu panik! Begini cara menenangkan bayi rewel

cusson baby

Ngga perlu panik! Begini cara menenangkan bayi rewel – Sewaktu baru menjadi ibu mendengar tangisan bayi yang tak berkesudahan membuat saya stres sendiri. Semua keperluannya sudah saya penuhi, sudah disusui, sudah diganti popoknya, cek suhunya juga masih normal, sudah digendong sambil diayun-ayun, saya pun tak mempan membuat bayi mungil tenang sejenak. Sebenernya apa sih yang […]

Remaja Harus Baca, Pedoman Generasi Sehat Indonesia (GESID)

generasi sehat Indonesia gesid

Remaja Harus Baca, Pedoman Generasi Sehat Indonesia (GESID) – Waktu remaja kalian udah sadar belum, bahwa apa yang kalian makan itu sudah mencukupi nutrisi kebutuhan tubuh? Jujur saya belum paham betul, percaya aja sama menu makanan yang siap santap di meja makan. Sebagai calon penerus bangsa, remaja dituntut punya bekal cukup untuk menghadapi berbagai tantangan […]

Yuk! STOP Pneumonia pada anak dengan 3M

pneumonia anak

Apa yang ada di benak kalian ketika mendengar penyakit Pneumonia? Begitu mendengar Pneumonia, pikiran saya langsung melayang ke pasien balita yang saya temui saat menjenguk saudara di rumah sakit. Mohon maaf, kondisinya bikin hati saya sedih. Fisiknya lemah lunglai, terpasang nebulizer di bagian hidung dan mulutnya. Sesekali terdengar batuk-batuk dan rengekan kecil, sudah tak sanggup […]

IDN Pictures, bukti keseriusan IDN Media garap industri perfileman Indonesia

IDN pictures film indonesia

IDN Pictures yang dipimpin oleh pasangan sutradara handal IndonesiaSusanti Dewi dan Fajar Nugros, bukti keseriusan IDN Media garap industri perfileman Indonesia. Ada yang udah kangen nonton di bioskop? Sama saya juga kangen banget dengerin audio dan visual yang ngga bisa tergantikan sewaktu nonton di rumah aja. Meskipun kondisi perfileman sekarang belum kembali normal seperti sebelumnya. […]

Antologi Pulih, bukti kepedulian IIDN pada kesehatan mental ibu-ibu

antologi pulih ibuibu doyan nulis

Seringkali malam sudah larut, tetapi aku belum bisa memejamkan matakuTerbayang tatapan matanya yang teduh dan semangatnya untuk segera sembuh.Lalu rasa bersalah itu menghantam kepalaku, menyesakkan dadakuPadahal sudah tiga tahun berlalu. Kisah di atas adalah kutipan dari novel antologi Pulih yang baru Grand Launching melalui Bincang Pulih di zoom pada 17 Oktober 2020 lalu bersama Widyanti […]

Trik menerapkan variasi makanan gizi seimbang anak di rumah

variasi makanan anak

Trik menerapkan variasi makanan gizi seimbang anak di rumah – Mana suaranya ibu-ibu yang sekarang jadi betah lama-lama di dapur dan lebih sering googling menu resep masakan? Kalian ngga sendiri kok, jutaan ibu-ibu di luar sana juga sedang berjuang memenuhi MENU REQUESTANNYA keluarga sejak pandemi. Yang biasanya tiap minggu makan di resto kesayangan, tiap hari […]

Perjuangan agar lancar menyusui bayi kembarku

menyusui anak kembar

“Menyusui 1 bayi aja perjuangannya luar biasa, ngga kebayang menyusui 2 bayi sekaligus. Pasti penuh perjuangan supaya bisa lancar menyusui”. Itulah kata hati saya begitu melihat video ibu yang sedang belajar menyusui bayi kembarnya di video YouTube drTiwitv. Waktu itu saya sedang berjuang menyusui anak pertama ditambah lagi mengalami baby blues syndrome. 1,5 tahun kemudian […]