Jangan Ngaku ke Jogja, Kalo Belum Kulineran 4 Makanan Khas Ini

Ketika berkunjung ke suatu tempat, rasanya kurang afdol jika tidak mampir untuk mencicipi hidangan khas daerah tersebut. Karena tiap daerah selalu punya cita rasa berbeda beda, sesuai dengan selera lidah warga setempat.
Dari berbagai daerah di Indonesia, salah satu makanan favorit saya berasal dari Jogja. Kota kaya budaya dengan beragam keindahan alam ini menyajikan kuliner yang didominasi cita rasa manis dan tidak kalah nikmat.

Wisata Kuliner di Jogja

Selain rasanya enak, kuliner di Jogja terkenal murah. Makan kenyang, isi dompet juga aman. Banyak pilihan jajanan dan makanan khas kota Jogja yang enak-enak.
Diantaranya adalah wisata kuliner favorit di Jogja yang saya gemari antara lain :

GudegΒ 

 

View this post on Instagram

 

Gudeg Mbah Lindu, salah satu Gudeg Legendaris nya Jogja nih. Tempat jualan lokasi nya lumayan strategis karena dekat dengan kawasan Malioboro, tepatnya di Jl Sosrowijayan Gaes . Ga terasa Mbah Lindu ini usia nya sudah hampir satu Abad lho, dan sekarang Beliau memutuskan lebih memilih ngeracik bumbu dirumah dan jualan nya digantikan oleh putri nya. Sehat selalu nggeh Mbah πŸ™ . Harga : Mulai 15K . Photo by : @wahyudiagustono . Gudeg Mbah Lindu Loc: Jl. Sosrowijayan, Sosromenduran, Gedong Tengen, Yogyakarta, Open : 05.00-11.00 . #jogjataste #gudegjogja #gudegmbahlindu #explorejogja #kulinerjogja #jogjaculinary #jktfoodbang #kulineryogya #jktfooddestinations #ceritamakan #igfood #instafood #foodgasm #foodpics #foodporn #instagram #explorejogja #wonderfuljogja #wowkuliner #jogjaupdate #jogjaku #streetfood #foodblogger #kulinerjogja #indonesia #kulinerindonesia #jogja #foodphotography #food #wowkuliner #laperbaper#laperbener

A post shared by KULINER JOGJA| #Jogjataste (@jogjataste) on

Makanan khas yang terbuat dari nangka muda yang dimasak bersama santan, dan harus dimasak berjam-jam ini terbagi atas dua varian, yaitu gudeg kering dan gudeg basah.
Gudeg kering biasa disajikan dengan kuah santan kental (areh), jauh lebih kental daripada santan di masakan padang.
Sedangkan gudeg basah, yaitu gudeg yang disajikan dengan kuah santan (areh) yang lebih encer.
Tempat makan gudeg enak di Jogja, bisa dijumpai di gudeg Bu Djuminten, gudeg Yu Djum, gudeg mbah Lindu, gudeg Bu Djoyo.
Gudeg Bu Djuminten
Warung gudeg yang sudah berdiri sejak 1926, punya cita rasa berbeda dibandingkan dengan gudeg kebanyakan. Rasa manis tidak terlalu dominan. Yang jadi ciri khasnya, areh basah dan kental seperti kuah padang. Satu porsi nasi gudeg terdiri dari nasi, paha ayam kampung, krecek, sambal, dan nangka muda. Gudeg Bu Djuminten berlokasi di jalan Asem Gede 14/ jalan Kranggan 69 Jogja. Buka antara pukul 07.00 – 21.00 wib.
Gudeg mbah Lindu
Walau usianya senja, namun semangat nenek satu ini untuk berjualan gudeg patut diacungi 5 jempol!. Beliau sudah berjualan sejak jaman penjajahan Belanda. Gudeg yang dijual berjenis gudeng basah, dengan rasa tidak terlalu manis. Saat ini, kegiatan berjualan dilanjutkan oleh putri bungsunya. Meski begitu, kualitas rasanya masih terjaga karena mbah Lindu masih ikut meracik bumbu gudeg.
Satu porsi gudeg, lengkap dengan krecek dan telur bisa dibeli dengan harga Rp. 20.000,-.Β Β Ada pula bubur gudeg telur yang bisa dinikmati dengan Rp 15.000 per porsinya. Bisa juga jika ingin menambah suwir ayam dengan harga Rp 5000. Bisa disantap di tempat, namun memang tempatnya tak terlalu luas.
Gudeg mbah Lindu bisa ditemui pos ronda di samping hotel Grage Jogja.

Sate klatak

 

View this post on Instagram

 

Sate Klatak Pak Bari 🍒🍑 Tetep langganan banget πŸ˜πŸ˜πŸ‘ Tiap kali kesini selalu order kicik tengkleng ama sate gorengnya! Toppppp πŸ‘πŸ‘ . SATE KLATAK PAK BARI Pasar Jejeran, Wonokromo Bantul Buka jam 19.00 – 24.00 Harga : 20k . Siapa nih yang sering NENGKLENG disini ?? 😁😁 Komen yak πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡ . . . #jogjakakilima #kakilima #sateklatak #sateklatakpakbari #kulinermalam #kulinerkakilima #jogja #bantul #jogjakarta #yogyakarta #kulinerbantul #kulinerjogja #kulineryogya #wowkuliner #9gag #9gagnomnom #foodporn #foodgasm #kulinerlegendaris #explorejogja #jogjaku #jogja24jam #wonderfuljogja #jogjainfo #wowkuliner #jogjainfo #wisatajogja #kulinerindonesia

A post shared by KULINER KAKI LIMA JOGJAKARTA (@jogjakakilima) on

Ciri khas sate klatak terletak pada tusuknya yang digunakan saat memanggang dan membakar sate. Tusukan besi berfungsi untuk membuat daging bagian dalam lebih empuk dan matang. Biasanya sate klatak disajikan bersama dengan kuah gulai.
Sate klatak enak di Jogja bisa dijumpai di sate klatak Pak Bari, sate klatak Pak Jeje, sate klatak Pak Jede, sate klatak Pak Pong.

Bakmi JawaΒ 

 

View this post on Instagram

 

02.10.18. DAY 5. 🌿🍴. #BUBULINARY #BUBULINARYJOGJA #BUBUAGENGROADTRIP . . . Ke Jogja jangan lupa makan bakmi jowo 🍜! Bakmi Jowo Mbah Gito adalah salah satu tempat yang aku rekomendasikan. Disini enak banget tapi aku menemukan tempat yang lebih enak lagi hehe! Tapi di-post-an berikutnya yaaaπŸ˜ŽπŸ‘ŒπŸ». Oiyaaa tapi bakmi jowo mbah gito ini tempatnya besar, unik dengan ciri khas jawa banget lah dan banyak bule plus rame terusss! . πŸ“: Bakmi Jowo Mbah Gito. πŸ“Œ: Jalan Nyi Ageng abis No.9, Rejowinangun-Kotagede, Jogja. πŸ“Έ: Bakmi Jowo Rebus – πŸ’Έ28.000. . . #food #foodgasm #foodie #foodgraphy #culinary #wisatakuliner #kulinerindonesia #wisatakulinerindonesia #kulinerjawatengah #indonesianfood #javanesenoodle #jajananjogja #noodle #kulinerlegendaris #kulinerjogja #bakmijawajogja #bakmijawa #bakmijawambahgito #bakmijowojogja #bakmijowo #bakmijowombahgito

A post shared by BUNGA RIADIANI πŸ‘©πŸ»- πŸ“JKT(IND) (@bubueataway) on

Bakmi yang dimasak diatas tungku tanah liat (anglo) dan api arang dengan telur bebek dan suwiran daging ayam di atasnya merupakan makanan yang digemari banyak kalangan. Susilo Bambang Yudhoyono sebelum terpilih menjadi presiden dikabarkan sering mendatangi Warung Bakmi Mbah Wito di Wonosari, Gunungkidul. Alharhum presiden Soeharto, juga pernah menjadi pelanggan bakmi Jawa Harjo Geno di Pasar Prawirotaman, Yogja.

Bakpia pathuk

source : bakpiapathok25.com
Asal mula bakpia sebenarnya berasal dari Tiongkok.
Terbuat dari campuran kacang hijau dan gula, yang dibungkus tepung, lalu dipanggang. Tak lengkap rasanya jika tidak membeli bakpia yang masih hangat ketika di Jogja. Kini, isian bakpia berinovasi mengikuti tren selera konsumen, hingga punya banyak varian. Ada rasa cokelat, keju, nanas, duren, cokelat kacang, capuccino, ubi ungu, matcha, kimpul, dan masih banyak lagi.
Jika ingin membelikan oleh-oleh untuk keluarga atau kerabat, bakpia pathuk bisa jadi pilihan tepat.
Sebentar lagi sudah masuk musim liburan, kira – kira mau liburan kemana nih ?
Supaya liburan makin nyaman, sebaiknya cek dulu kesediaan kamar hotel di Jogja dari sekarang melalui Pegi pegi.
Mumpung ada promo diskon hotel sampai dengan Rp. 1.200.000 plus voucher Shoppe. Khusus pemesanan melalui aplikasi Pegipegi. Periode booking hanya sampai 30 November 2018 aja, yang bisa digunakan untuk menginap kapan saja.
Saya baru saja cek hotel bintang 3 di Pegi pegi lalu ketemu salah satu hotel unik di Jogja, namanya Adhisthana hotel. Tarifnya terjangkau dan desainnya cantik, cocok untuk mengumpulkan stok foto feeds di instagram nih.Β daerah Prawirotaman, lingkungan yang santai berada di bagian selatan Yogyakarta.
hotel unik jogja
Salah satu hotel bintang 3 dengan view instagenic. Cek langsung di pegipegi

 

Kepengen menikmati suasana alam nan asri ala pegunungan. Ada hotel unik Β di kawasan Bantul, namanya Β Rajaklana Resort Villa and Spa. Bangunan villa di desain unik dengan susunan bebatuan, bamboo, dan kayu yang telah berumur ratusan tahun khas rumah orang pedalaman jaman dulu. Selain itu, dari resto kita bisa melihat pemandangan kota Jogja, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Slamet, dan lembah. Β Β 

 

hotel unik jogja
Desain bangunannya mengingatkanku pada film flintstone

 

Jika ingin menginap di hotel dengan pemandangan kolam renang yang menghadap langsung ke Pantai Β Parangtritis, bisa menginap di Queen of The South Hotel.

 

hotel unik jogja
Leyeh-leyeh sambil minum air kelapa seger disini sungguh nikmatnya..
Ada banyak hotel murah dan hotel unik yang bisa temen-temen cek ketersediaannya di Pegi pegi. Tinggal isi data nama lokasi atau hotel tujuan, tanggal check-in dan check-out, jumlah tamu, dan jumlah kamar. Pegi pegi juga menjamin harga terbaik saat melakukan pemesanan.
Semoga pilihan kuliner saya bisa menjadi referensi teman-teman yang pengen liburan ke Jogjaa..
Gimana udah punya rencana akhir tahun nanti pengen liburan kemana ? Share yukk..

58 Replies to “Jangan Ngaku ke Jogja, Kalo Belum Kulineran 4 Makanan Khas Ini”

  1. ALhamdulillah semuanya udah aku coba waktu travelling ke jogja. Yang ampun2nan itu antri bakmi jawa. MasyaAllaaaahhhhh……. lama banget!

  2. Sudah semua dong…. Salah satu tetangga kakek saya di Jogja memang pembuat bakpia, jadi dulu tiap ke rumah kakek, pasti beli bakpia. Kalau gudeg, bisa dikatakan tiap datang ke Jogja, pasti makan gudeg.

  3. mau ke jogja lagiii

Tinggalkan Balasan