Memilih Susu UHT yang Tepat Untuk Mencukupi Nutrisi Anak Aktif

susu uht tanpa garam gula

Mencukupi Gizi Anak Aktif

Bagi teman – teman yang sudah pernah bertemu langsung dengan kakak pasti tau banget.

Kakak itu anak aktif, pengennya jalan terus. Disuruh duduk diam sebentar susahnya minta ampun. Pengennya lari kemana – mana. Melihat tempat luas, baginya seperti surga dunia. Kakak baru bisa diam jika ada pegangan gadget di tangan. Jika sudah begitu, kakak betah berlama – lama diam duduk sambil menonton atau bermain gadget. Padahal penggunaan gadget yang terlalu sering pada si kecil bisa saja berdampak kurang baik untuk tumbuh kembangnya.

Baca juga : Dear Parents : Yuk Kenali Cara Mengasuh Anak Jaman Now

Beberapa kali pernah baca dan denger langsung dari para ahli mengenai dampak penggunaan gadget pada balita. Mulai dari gangguan kesehatan karena paparan radiasi, merusak kesehatan mata, kecanduan, hingga menghambat kemampuan berbahasa. Benar saja, dampaknya kemampuan bicara kakak mengalami keterlambatan dibanding teman sebayanya.

Saat berusia 2 tahun, kakak lancar menirukan nada lagu yang sering ia tonton di youtube. Namun belum jelas pelafalan kata-katanya. Hingga kami periksakan ke dokter tumbuh kembang anak.   

Dokter bertanya, “Berapa jam dalam sehari kakak menonton televisi atau gadget ?”.

“Sekitar 4 sampai 5 jam,” jawab saya.

“Nah itu masalahnya, kalo anak mau lancar ngomong. Batasi kegiatan menonton maksimal 2 jam dalam sehari.” “Mending ajak ngomong yang banyak, coba deh dipraktekin nanti pasti ada perubahan”, jelas dokter.

Setelah saya batasi waktu nonton, syukurlah ada perubahan sedikit demi sedikit pada kakak. Ketika diajak ngobrol, kakak lebih merespon dibanding sebelumnya. Meski kadang responnya cuma nyengir ketawa ketiwi.

Berhubung saya batasi penggunaan gadget, imbasnya kakak sekarang lebih suka mengeksplorasi semua benda di dalam rumah. Ngambilin buku dari raknya, ngeluarin baju di dalam lemari, ngacak-ngacak peralatan make up, dan masih banyak lagi. Rumah tampak selalu berantakan bak kandang sapi, udah jadi pemandangan sehari-hari.

Sesekali saya ajak kakak beraktifitas di luar rumah, seperti pergi ke taman bermain, bersepeda, berenang supaya energinya bisa tersalurkan dengan baik sekaligus bersosialisasi dengan teman-temannya. Manfaat bermain bersama teman-temannya, secara tak langsung kakak bisa belajar berkomunikasi untuk memperlancar kemampuan bahasanya.

 

mainan outdoor
Ajakin kakak naik sepeda roda 3

Untuk mendukung gerak anak aktif, saya perhatikan betul asupannya. Jangan sampai kurang hingga menyebabkan gejala gizi buruk hingga stunting. Stunting merupakan kondisi gagal pertumbuhan pada anak (pertumbuhan tubuh dan otak) akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama. Sehingga, anak lebih pendek dari anak normal seusianya dan memiliki keterlambatan dalam berpikir.

Baca juga : 5 Ide Mainan DIY untuk Melatih Motorik Anak Kinestetik bersama Monde Boromon Cookies

Kekurangan gizi dapat meningkatkan angka kematian bayi dan anak, menyebabkan penderitanya mudah sakit dan memiliki postur tubuh tak maksimal saat dewasa. Kemampuan kognitif para penderita juga berkurang, sehingga mengakibatkan kerugian ekonomi jangka panjang bagi Indonesia.

Indonesia menduduki peringkat kelima dunia untuk jumlah anak dengan kondisi stunting. Lebih dari sepertiga anak berusia di bawah lima tahun di Indonesia tingginya berada di bawah rata-rata.

 

Dari postingan akun instagram Pak Ridwan Kamil bisa terlihat, tinggi anak – anak Indonesia masih banyak dibawah rata-rata.  Duhh.. jangan sampai terjadi pada anak – anak kita ya Mom’s. PR kita nih, memilih asupan untuk mencukupi kebutuhan gizinya.

 

Memilih Susu Selepas ASI

Kakak disapih saat umur 19 bulan, dengan pertimbangan karena waktu itu ASI tak begitu banyak dan sedang hamil Little Twins. Sehingga badan saya seringkali lemas, sebab nutrisinya dibagi 4 orang termasuk saya.

Setelah memilah milah akhirnya menjatuhkan pilihan pada Indomilk UHT Kids Full Cream. Jadi inget theme song iklan indomilk yang dinyanyiin Joshua dulu.

 

Segarnya susu Indomilk

Penuh vitamin dan gizi

Badan tumbuh, sehat, kuat

Indomilk setiap hari

Susu Indomilk, Indomilk..Indomilk

Susu Indomilk, susu untuk kita semua

 

Sejak kecil, tiap hari saya dan adik – adik sebelum berangkat sekolah selalu dibuatkan susu Indomilk Full Cream oleh mama. Setelah dewasa, tinggi badan saya dan adik-adik memang terbilang tinggi dibandingkan teman-teman. Selain faktor genetik, kebutuhan gizi yang terpenuhi juga mempengaruhi tinggi badan optimal kelak.

Nah, sekarang giliran saya yang memberikan Indomilk UHT Kids Full Cream kepada anak-anak saya agar pertumbuhannya optimal.

Review Susu UHT, Indomilk UHT Kids Full Cream

Selama 50 tahun Indomilk selalu memberikan rangkaian produk susu yang telah dipercaya turun temurun oleh banyak keluarga di Indonesia. Rasanya enak, gurih, tak begitu manis, dilengkapi pula kandungan nutrisi yang lengkap. *Wih.. ternyata usianya lebih senior daripada saya*.

Kini Indomilk UHT Kids Full Cream telah hadir, susu untuk anak 1 tahun ke atas dengan kemasan lebih praktis untuk mencukupi kebutuhan gizi harian anak.

 

Alasan memilih Indomilk UHT Kids Full Cream sebagai susu selepas ASI kakak

 

susu tanpa garam
Ayo kak, minum Indomilk UHT Kids Full Creamnya dulu nih

 

Sebelum membeli susu UHT pasti saya cek dulu kandungan yang ada di bagian samping kemasan. Susu Indomilk UHT Kids Full Cream memenuhi kriteria susu UHT yang saya butuhkan untuk kakak yang tergolong anak aktif. Nih beberapa alasan saya memilih Indomilk UHT Kids Full Cream sebagai susu selepas ASI kakak. 

 

Lebih segar dan alami

Indomilk UHT Kids Full Cream terbuat dari susu sapi segar dan melalui proses Ultra High Temperature yaitu teknologi pengolahan susu dengan cara memanaskan susu pada suhu 137 – 140 derajat celcius selama 2 hingga 5 detik. Dengan begitu susu menjadi steril dan semua bakteri (pathogen dan pembusuk) terbunuh sehingga kandungan nutrisi di dalamnya masih baik. Tak heran rasa Indomilk UHT Kids Full Cream lebih segar.  

 

Tanpa garam dan tanpa gula

Kebutuhan garam dan gula tiap anak berbeda – beda, disesuaikan dengan kategori usianya. Kebutuhan garam dan gula akan meningkat seiring pertambahan usia. Perlu dipertimbangkan juga takaran garam dan gula di dalam makanan yang anak konsumsi. Bila makanan cenderung lebih banyak garam dan gula, sebaiknya pilih minuman yang  tak banyak kandungan garam dan gula.

Akibat anak yang sering mengkonsumsi gula berlebih selain bisa merusak gigi, juga meningkatkan resiko terkena diabetes, obesitas, dan bisa membahayakan jantung. [1]

American Heart Association merekomendasikan anak anak-anak di bawah umur 2 tahun, sebaiknya sama sekali tidak mengonsumsi gula tambahan. Sebab kebutuhan kalori mereka masih rendah. Usia ini merupakan masa penting untuk mengembangkan selera makan. Dengan membatasi kadar gula normal, harapannya anak tidak memilih-milih makanan sehingga suka dengan berbagai makanan agar kebutuhan nutrisi seimbang.

 

susu tanpa gula garam
Kak dihabisin dulu Indomilk UHT Kids Full Creamnya nih

Sedangkan bila anak mengkonsumsi banyak garam dapat beresiko tekanan darah tinggi, osteoporosis, gangguan pernafasan seperti asma, kanker lambung, dan obesitas. [2]

Nggak heran, penyakit anak-anak masa kini beraneka ragam. Semoga anak-anak kita dijauhkan dari penyakit membahayakan ya Mom’s. Aamiinn..

Makanya saya selektif, pilih susu selepas ASI untuk anak 1 tahun keatas. Untung aja sekarang ada Indomilk UHT Kids Full Cream tanpa tambahan garam dan gula. Meski begitu rasanya tetap enak dan gurih.

Lebih praktis

Dikemas dalam kemasan 115 ml, sesuai untuk kebutuhan minum susu untuk anak 1 tahun keatas. Sekali minum langsung habis. Dan mudah dibawa kemana-mana, sekalipun saat anak sedang bermain. Sekedar info nih Mom’s, tampak sekilas kemasan susu Indomilk UHT Kids Full Cream hampir sama dengan susu Indomilk UHT Kids Vanilla karena warna kemasan sama – sama bewarna biru. Cara membedakannya ada di tulisan Full Cream dan gambar sapi yang sedang memegang gitar. Awas jangan sampai ketuker ya Mom’s. Hihi

 

Tinggi kalsium dan nutrisi

susu UHT selepas ASI
Sekotak Indomilk UHT Kids Full Cream mengandung banyak sekali gizi dan vitamin untuk mencukupi kebutuhan anak aktif

 

Selain tinggi kalsium, Indomilk UHT Kids Full Cream juga tinggi fosfor dan vitamin D. Susu Indomilk telah lama dikenal memiliki kalsium tinggi, yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi, menjaga kesehatan pembuluh darah anak serta dapat mencegah penyakit tulang rapuh atau yang dikenal dengan Osteoporosis.

Mengandung sumber protein untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak dan sumber lemak untuk sumber energi serta perkembangan otak.  Membantu penyerapan beberapa jenis vitamin seperti vitamin A, D, E, K.  

Kandungan gizi, vitamin A, B1, B6, D dan mineral seperti zink, magnesium, fosfor, iodium dapat membantu menjaga keseimbangan metabolisme tubuh dan membantu pembentukan sel – sel darah dan jaringan. Vitamin D membantu penyerapan kalsium. Sedangkan vitamin A membantu mempertahankan keutuhan lapisan permukaan mata.

Nah Mom’s, dalam sekotak Indomilk UHT Kids Full Cream bisa memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi harian, tak usah khawatir gerak anak aktif seharian. Mantep betul Indomilk UHT Kids Full Cream ini.

 

Kebaikan susu Indomilk UHT Kids Full Cream juga bisa ditonton di video bawah ini 

 

Semoga cerita saya memilih susu selepas ASI diatas bisa membantu Mom’s buat menemukan susu terbaik buat anak.

Mom’s punya cerita tentang anak aktif, yuk tuangkan dalam blog dan ikutan Indomilk UHT Kids Blogger Competition. Hadiahnya lumayan lo Mom’s. Ketentuannya bisa klik gambar dibawah ini. 

lomba blog indomilk
Info lengkap mengenai ketentuan lomba bisa klik gambar ini

 

 

Sumber referensi :

[1] https://hellosehat.com/parenting/nutrisi-anak/batas-kadar-gula-normal-anak/

[2] https://hellosehat.com/parenting/nutrisi-anak/batas-konsumsi-garam-untuk-anak/

     

 

 

 

 

 

 

 

35 Replies to “Memilih Susu UHT yang Tepat Untuk Mencukupi Nutrisi Anak Aktif”

  1. Indomilk UHT ini sering aku jadiin bekal sekolah anak2ku, praktis banget & higienis, anak2 malah suka yg plain, mungkin lebih terasa susu asli dibanding yg pakai tambahan gulgar yaa 🙂

  2. Wahh, recommended nih mbaa. Semoga aja si DJ suka hihii. Jujurly, pas baca yg part telat bicara, tetiba jadi parno hehehe. Thanks ya mbaa buat sharingnya. Berfaedah sekaliii 😍

Tinggalkan Balasan