Pijat Bayi di Puskesmas Gunung Anyar Surabaya

pijat bayi

Hallo…

Gimana kabar si kecil ? Semoga sehat selalu yaa.. Aminn..

Di usianya Kimika sekarang (15 bulan), lagi aktif aktifnya bergerak dan mengeksplore banyak hal. Apalagi kalo liat kucing lewat, langsung dikejar sampai kucingnya lari terbirit-birit. *ketakutan*.πŸ˜‚

Supaya badan Kimika tetep fit, pijat bayi menjadi perawatan yang penting. Pijat bayi bermanfaat untuk perkembangan fisik dan emosi bayi, memperlancar peredaran darah serta meningkatkan kebugaran anak. Dulu sebelum Kimika berumur kurang dari setahun, biasanya sebelum mandi atau sebelum tidur, rutin saya pijetin sendiri di rumah. *berbekal CD kado dari JnJ*. Dengan bertambahnya umur, makin susah mijatin Kimika sendiri di rumah. Dipakein baju aja kudu lari-lari dia, apalagi kalo pijet.πŸ˜‘

Sampai suatu hari Ibu bilang ke saya, di puskesmas Gunung Anyar Surabaya ada fasilitas pijat bayi, namun ada jadwalnya. Wah perlu dicoba nih, pikir saya. Setelah tanya ke Puskesmas akhirnya saya berangkat ke puskesmas Gunung Anyar pada hari jumat, karena jadual pijat bayi disana hanya hari jumat saja.

Ruang tunggu puskesmas
Ruang tunggu puskesmas
pijat bayi antrian
pijat bayi antrian

Penting :

1. Datang ke puskesmas sebelum jam 11 pagi, karena loket pendaftaran ditutup jam 11 pagi.

2. Bawa copy Karu keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau kartu anggota puskesmas (jika salah satu anggota keluarga sudah Β  Β  Β  Β  Β  pernah berobat ke puskesmas).

3. Bawa bekal biar tetap fokus (perut ga berisik minta diisi dan dehidrasi).

Akhirnya saya dan Kimika berangkat dari rumah sekitar jam 9 pagi dan sampai di puskesmas kira kira jam 9.30 pagi. Lalu kita ambil antrian di poli (Kesehatan Ibu Anak) KIA dapet nomer antrian 20. Karena kita masih baru (belum pernah ke puskesmas Gunung Anyar) dianjurkan oleh petugas loket untuk mendaftar dahulu di loket pendaftaran dengan menyerahkan copy Kartu Keluarga (KK). Menunggu di loket memakan waktu Β± 30 menit.

Alur di puskesmas : Ambil No Antrian β‡’Β Loket Pendaftaran β‡’ Poli KIA β‡’ Poli Kestra β‡’ Kasir

Setelah menunggu Β± 15 menit, tiba giliran Kimika di panggil, kemudian di ukur berat badan, tinggi badan dan bertemu dengan ibu bidan. Ibu bidan menginformasikan untuk menuju ke poli Kesehatan Tradisional (KesTra).

pijat bayi ruangan
pijat bayi ruangan
pijat bayi harga
pijat bayi harga

 

 

Di poli KesTra puskesmas Gunung Anyar menyediakan berbagai pelayanan kesehatan dengan harga terjangkau seperti :

πŸ‘‰Akupuntur (tusuk jarum) tiap hari Rabu dan Sabtu (IDR 20k)
πŸ‘‰Akupressure (totok wajah) tiap hari Senin (IDR 15k)
πŸ‘‰Medik herbal (IDR 3k)
πŸ‘‰Aromatherapy (IDR 5K)
πŸ‘‰Pijat bayi tiap hari Jumat yang dibagi 2 kategori umur :
Umur 0-1 tahun (IDR 7,5k)
Umur >1 tahun (IDR 10k)

Salah satu pertimbangan saya mengajak Kimika pijat di puskesmas selain karena harganya yang sangat ramah di kantong selain itu juga aman ditangani langsung oleh ahlinya. Petugas yang menangani di poli KesTra adalah lulusan universitas dari jurusan pengobatan tradisional. Soalnya banyak denger dari orang orang pijet itu cocok cocokan sama sang pemijat. Daripada kenapa kenapa, emang lebih enak sama orang yang sudah mendalami ilmunya terlebih dulu, menurut saya.

Pijat bayi puskesmas
Pijat bayi puskesmas

Kita masuk ke ruangan KesTra. Ruangannya enak kok buat pijat, bersih, berAC. Jadi gak usah kuatir kepanasan yaa..petugasnya juga ramah. Alhamdulillah selama di pijat, Kimika gak rewel sama sekali. Paling cuma gerak gerak kegelian, makanya sepanjang pijat saya pegangin terus biar gak ucul. Pijatnya sendiri memakan waktu Β± 30 menit. Petugas menyarankan untuk kembali pijat bulan depan. Setelah pijat, saya ke kasir cuma bayar 10k aja loo..padahal sebelumnya saya pikir paling tidak kena 50k. *yee.. hemat uang belanjaan*.πŸ€‘

Sehabis pijat Kimika langsung bobok siang cantik lumayan lama hampir 2 jam. Biasanya bobok siang gak sampe 1 jam, jelas otot ototnya udah pada rileks jadi lebih enak buat diajak merem. Sepertinya saya dan Kimika bakal balik lagi pijet ke Puskesmas soalnya murah meriah.

Temen temen uda ada yang pernah ke poli KesTra di puskesmas juga ? Share cerita kalian di komen bawah yaa..πŸ˜ŠπŸ‘Œ

Lokasi Puskesmas Gunung Anyar Surabaya

Jl. Gunung Anyar Timur No. 70 Surabaya

(031) 8707475

11 Replies to “Pijat Bayi di Puskesmas Gunung Anyar Surabaya”

  1. halo Kimika. aduh enaknya dipijat.. memang sekarang di bbrp Puskesmas di Surabaya sudah ada poli batra mbak, pengobatan tradisional, seperti di tempat saya juga ada batra-nya dan cukup banyak yang memanfaatkan.

    1. Syukurlah yaa..kalau mau pijet bayi, Akupuntur, totok wajah jadi ga bingung lagi..

  2. Deddy Huang says: Balas

    Bayi aja perlu relaksasi ya… Kayaknya badan ini juga perlu dipijet haha

    1. Sebenernya saya juga pengen ko..

  3. Whuaa perlu dicoba nih. Makasih ya Mak infonya πŸ™‚

    1. Ayoo dicoba mumpung dekat dari rumah πŸ‘

  4. Puskesmas skrg wah….. tak klh sprti RS…mantap dan ada pilihan pengobatannya yg trdsional

    1. Pengobatan alternatif tanpa obat, biasanya orang yang kena struk treatment Akupuntur, bisa juga dengan tusuk jarum.

  5. wah sekarang makin banyak fasiliats di puskesmas ya, amntap

  6. Baru tau loh kalau ada pijat bayi di Puskesmas.
    Gak pernah perhatiin juga sih, padahal kami langganan di puskesmas untuk anak kedua ini.
    Eh btw kalau ke puskesmas enaknya daftar online loh, pakai aplikasi e-health Surabaya.
    Asyik banget, gak perlu antri, gak perlu lama2 nunggu.
    Saya sejak hamil anak kedua, sering ke puskesmas Surabaya buat ngurus surat rujuk BPJS, awalnya beteeee banget, antrinya lama, akhirnya dikasih tau petugas daftar online, berikutnya kami selalu dapat nomor satu tiap ke puskesmas.

    Enak pula, ga perlu melewati admin setelah kedatangan kedua kali. Cukup nunggu panggilan ke poli yang diinginkan πŸ™‚

    Sehat terus yaaakk si cantik Kimika yang gemesss kayak mamanya :*

    1. Jika nama sudah terdata di puskesmas memang lebih mudah sekarang, bisa daftar melalui online. Kalo unit Batra nya apa bisa melalui online juga belum tau saya.

Tinggalkan Balasan