Pelatihan Pijat Bayi dan Perawatan Bayi Baru Lahir Melalui Sentuhan Cinta Johnsonsbaby

Sejak kelahiran anak pertama, saya rajin mencari informasi seputar cara merawat bayi baru lahir. Mulai dari cara memandikan bayi, merawat kulit, stimulasi untuk mendukung tumbuh kembangnya. Bersyukur karena kelahiran anak pertama berlangsung normal, pemulihan pasca melahirkannya pun relatif cepat. Sehingga saya bisa segera merawat bayi saya sendiri.

Saya juga rajin melakukan pijat bayi sendiri berbekal VCD pijat bayi dari kado. Disitu saya belajar, ternyata pijat bayi tak selalu harus dilakukan oleh tukang pijat, baby spa atau fisioterapi. Justru jika memijat bayi dilakukan oleh orangtuanya sendiri, akan bermanfaat untuk ibu dan bayi.

 

perawatan bayi
Kado saat melahirkan

Beragam manfaat dari pijat bayiΒ 

Manfaat fisik dari pijat bayi

πŸ‘ Membantu pengaturan sistem pencernaan dan penyerapan bayi.

πŸ‘ Membantu melancarkan sistem peredaran darah bayi.

πŸ‘ Membantu melancarkan sistem sirkulasi atau pernafasan bayi.

πŸ‘ Membantu meningkatkan berat badan bayi agar tumbuh sehat.

πŸ‘ Membantu meningkatkan sitem immunitas agar bayi tak mudah terserang penyakit.

πŸ‘ Meningkatkan kualitas tidur agar tidur bayi lebih nyenyak dan lama.

Manfaat Emosional dari pijat bayi

πŸ‘ Meningkatkan bonding antara ibu dengan anak.

πŸ‘ Orangtua bisa memahami bahasa yang ditunjukkan oleh bayi, bisa lewat tangisan, raut muka bayi, gerak bayi.

πŸ‘ Membantu meredakan ketidaknyamanan pada bayi ketika terjadi seperti, gigi sedang tumbuh dan kolik.

πŸ‘ Menurunkan produksi hormon stresor pada bayi, sehingga bayi jarang rewel.

πŸ‘ Membantu bayi untuk berlatih relaksasi, yang dapat membantu melemaskan otot otot di tubuhnya.

Lebih jauh tentang tata cara pijat bayi, sebetulnya sudah pernah saya tuliskan tersendiri dalam artikel pijat bayi. Kali ini hanya ingin menambahkan beberapa poin yang saya dapatkan dalam acara Pelatihan Pijat Bayi dan Manfaat Bagi Tumbuh Kembang Si Kecil yang diselenggarakan oleh Johnson’s Baby dan The Urban Mama pada Sabtu, 6 April 2019 di Ibis Style Hotel Surabaya.

 

Tentang Kampanye Sentuhan Cinta

perawatan bayi
Acara dibuka oleh sambutan Wynne Lukman sebagai Branch Manager Johnson’s Baby Indonesia

 

Johnson sudah lama mengkampanyekan tentang perawatan bayi baru lahir dan pijat bayi. Beliau mengungkapkan melalui kampanye Sentuhan Cinta, Johnson Baby mendorong ibu ibu Indonesia untuk terus mendukung pentingnya sentuhan cinta ibu melalui ritual pijat dan mandi bayi yang bermanfaat untuk kesehatan dan perkembangan bayi, khususnya selama periode emas.

Tahun lalu, Johnson’s baby melakukan perjalanan ke beberapa daerah di Indonesia untuk mengenalkan tentang pentingnya memijat bayi sendiri. Ada tiga daerah yang telah dikunjungi yaitu, Siborong – borong (Sumatera Utara), Sumba Tengah (Nusa Tenggara Timur), dan Ambon (Maluku). Salah seorang penulis narasi dari foto dan video kampanye ini adalah Grace Melia sesama rekan blogger.

Juli 2018, bertempat di Hall Senayan City, 565 pasangan ibu dan anak mengikuti stimulasi pijat bayi secara bersamaan. Banyaknya jumlah peserta yang hadir di acara Gerakan Pijat Bayi Nasional berhasil memecahkan rekor MURI.

Johson’s juga bekerjasama dengan Habitat For Humanity untuk membangun pusat kesehatan anak (Posyandu) di desa Randusongo, Gresik, Jawa Timur.

Ibu ibu juga bisa ikut berpartisipasi dalam program sentuhan cinta dengan cara berdonasi melalui pembelian produk :

β–Ά Membeli produk Johnson’s baby di Alfamart dan Shopee, dengan minimum pembelian Rp. 25.000,-.

β–Ά Membeli produk Johnson’s Oil isi kemasan 125 ml atau Johnson’s Top-to-Toe Bath isi kemasan 400ml atau Johnson’s Baby Lotion isi kemasan 200 ml.

Tiap pembelian produk Johnson’s seperti ketentuan diatas, maka otomatis ibu ibu dapat menyumbangkan Rp. 500,- (lima ratus rupiah) untuk membantu pembangunan sarana kesehatan ibu dan anak (Posyandu) di Randusongo, Gresik, Jawa Timur.

Info lengkap tentang program Sentuhan Cinta Johnson Baby bisa dibaca di

Website : jhonsonbaby.co.id
Instagram : @jhonsonsbaby_id
Fanpage : JohnsonsBabyIndonesia

Jadi jangan sampai ketinggalan untuk ikut berpartisipasi ya ..

 

Memaksimalkan Masa Golden Period

dokter anak surabaya
Sesi kedua dilanjutkan dari dr. Dyah Retno Wulan Spa yang membahas lebih banyak tentang pentingnya perawatan bayi baru lahir.

 

Masa Golden Period atau biasa disebut 1000 hari pertama kehidupan, merupakan periode penting bagi bayi. Pertumbuhan yang terjadi dalam periode ini akan berpengaruh pada periode pertumbuhan selanjutnya hingga anak dewasa.

Tumbuh kembang yang tidak optimal di usia 2 tahun pertama akan mempengaruhi perkembangan selanjutnya. Karena perkembangan di usia 2 tahun pertama merupakan dasar untuk kemampuan kognitifnya.

Selain nutrisi, jaminan kesehatan, mental emosionalnya bayi merasa dikasihi, kebutuhan untuk, psikis, pembelajaran yang bisa merangsang seluruh panca indera.

Dokter tumbuh kembang, biasanya memberikan reseptor warna merah, untuk menilai apakah indera pengelihatan bayi bisa merespon dengan tepat.

 

Stimulasi multisensori akan bermanfaat bila terjadi secara bersamaan, terintegrasi, terkait satu sama lain – Murray, 2012

 

Bentuk stimulasi multi sensori yaitu

πŸ‘€ Pengelihatan
πŸ‘ƒ Penciuman
πŸ™Œ Perabaan
πŸ‘‚ Pendengaran
πŸ‘… Pengecap
🚢 Keseimbangan

Kapan sebaiknya melakukan stimulasi multisensori ?

Sedini mungkin dilakukan setiap saat.
Saat mandi, makan, main, persiapan tidur, sentuhan atau pijat.

Tips agar tumbuh kembang anak lebih optimal, antara lain dengan cara :

βœ” Memaksimalkan stimulasi multisensori untuk melatih panca inderanya agar tumbuh dengan optimal melalui stimulasi yang dilakukan orangtua tiap hari.

βœ” Menjaga kebersihan kulit bayi, mulai dari menjaga kebersihan pakaian yang ia pakai. Yang tak kalah penting nih, rajin membersihkan mainan dan segala sesuatu yang sering dipegang oleh bayi.
βœ” Intens melakukan komunikasi dengan bayi melalui sentuhan cinta. Bisa dengan cara mengajak ngobrol saat pijat bayi, sering tersenyum, memeluk, mencium, maupun menggendongnya.

Ada beberapa hal yang sebaiknya dihindari agar meminimalisir bayi rewel, antara lain :

❌Memaparkan bayi dengan suhu yang ektrim (terlalu dingin maupun terlalu panas). Bayi akan merasa lebih tenang bila suhu disekitarnya terasa sejuk.

❌ Bayi mudah sensitif dengan suara keras atau kasar. Tak jarang ketika mendengar suara yang keras atau mengagetkan, maka otomatis ia akan menangis. Sebab di dalam rahim, bayi terbiasa dengan suara tenang.

❌ Lebih baik tidak memakaikan bayi wangi wangian yang terlalu tajam, sebab indera penciuman bayi lebih sensitif dibandingkan orang dewasa.

❌ Pakaikan pakaian bayi berbahan lembut dan longgar. Begitu pula dengan handuk, pilih permukaan handuk bertekstur halus.

❌ Ketika memaparkan bayi dengan sinar matahari pagi untuk mendapatkan cukup vitamin D, sebaiknya hindari terkena mata secara langsung. Sebab indera pengelihatan bayi belum berkembang optimal. Lebih baik memaparkannya dari balik kaca jendela dan badan membelakangi cahaya matahari antara jam 7 hingga jam 8 pagi kurang lebih 15 menit.

 

Saat pemateri memberikan pemaparan, ada beberapa pertanyaan menurut saya menarik dari peserta tentang persoalan stimulasi.

Q : Kondisi tiap orangtua pasca melahirkan berbeda – beda, ada yang siap menyambut anak dengan suka cita, dan ada juga yang masih merasa kesakitan setelah operasi sectio caesarea (SC). Bagaimana cara ibu bisa memberi sentuhan cinta kepada bayi sementara kondisi si ibu sendiri masih kesulitan mengatasi dirinya sendiri ?

A : Stimulasi tak selalu harus ada teknik tertentu, bisa pada waktu hamil meyakinkan diri kita sendiri kita pasti bisa menjalani ini. Memberi makan pada bayi juga merupakan bentuk stimulasi.

Ketika bayi diletakkan di dada atau proses IMD sudah merupakan bentuk sentuhan stimulasi berupa sentuhan pada anak, mendengar suara jantungnya, ketika ibu semangat

Q : Pernah membaca buku, bahwa anak yang terlalu banyak dapat stimulasi nantinya bisa menjadi anak yang manja dan kurang mandiri. Apakah benar begitu ?

A : Over stimulation
Tidak mempunyai pengaruh signifikan dalam perkembangan anak, jika terlalu dekat dengan anak maka ditakutkan anak tak bisa mandiri. Di buku KIA ada stimulasi tentang kemandirian.

Ada berbagai perbedaan budaya antara budaya di timur dan barat. Budaya yang terjadi di kita, banyak anak-anak terbiasa untuk dilayani.

Contohnya :
Usia 1 tahun biasanya anak mulai ingin makan sendiri, bisa dengan memegang makanannya langsung maupun belajar memakai sendok. Kadang orangtuanya suka tak sabaran menunggu si anak ini makan yang biasanya memang lama. Orangtua lebih memilih menyuapi anak saja daripada memberi kesempatan si anak ini untuk belajar.

 

Belajar Cara Pijat Bayi Yang Benar

Sebelum memulai pijat bayi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ibu ibu sebelum memulai pijat.

 

baby spa
Gina Puspanti Anggraeni, Therapist pijat bayi bersertifikasi memberikan arahan pijat bayi pada ibu ibu

Beberapa kondisi yang perlu dihindari saat hendak memijat bayi, antara lain :

❌ Jangan memijat bayi setelah minum atau makan.

❌ Jangan membangunkan bayi hanya untuk di pijat.

❌ Jangan memijat bayi dalam kondisi sakit, sebaiknya tunda dulu hingga bayi sembuh.

❌ Jangan memaksa posisi tertentu saat pemijatan, ikuti posisi ternyaman bayi sesuai dengan usianya. Sebab dengan bertambahnya usia, pasti pertumbuhan dan pergerakan bayi berbeda-beda.

Contoh :
Ketika bayi berusia 2 bulan, ia masih nyaman ketika dipijat dalam posisi terlentang. Berbeda ketika bayi sudah berusia 8 bulan yang mana bayi sudah bisa tengkurap dan merangkak. Posisi saat pijat ternyaman, bisa dengan cara tengkurap atau duduk saja.

βœ” Kuku ibu harus selalu pendek saat memijat bayi.

βœ” Hindari memakai perhiasan di sekitar tangan dan jari saat memijat sebab akan mempengaruhi kenyamanan bayi.

 

cara merawat bayi
Anteng dulu ya dik, mau dipijat nih.. Ntar aja jalan jalannya selesai pijat.

Apa saja yang harus dilakukan sebelum memulai pijat bayi ?

πŸ‘Œ Menyediakan alas yang lebut dan rata.

πŸ‘Œ Cuci tangan terlebih dulu sampai bersih.

πŸ‘Œ Pilih ruangan yang hangat dan tidak berangin. Sediakan waktu yang cukup untuk memijat agar tidak tergesa-gesa dalam memijat.

πŸ‘Œ Cari posisi ternyaman bagi bayi, jangan lupa untuk selalu melakukan kontak mata dengan bayi saat pemijatan.

πŸ‘Œ Dimulai dengan sentuhan ringan dan perlahan. Sedikit demi sedikit mulai tingkatkan tekanan saat bayi sudah merasa nyaman.

πŸ‘Œ Agar suasana rileks, bisa sambil bernyanyi atau mendengarkan musik lembut.

πŸ‘Œ Tetap perhatikan respon yang ditunjukkan oleh bayi, seperti mengantuk, kehausan, rewel, dsb.

πŸ‘Œ Pergunakan baby oil atau baby lotion untuk mempermudah proses pemijatan.

πŸ‘Œ Mandikan atau seka dengan air hangat setelah pemijatan.

 

Minyak urut apakah yang dipakai untuk memijat bayi ?

Berbagai jenis minyak yang dapat dipakai untuk memijat, tapi apakah minyak tersebut aman dipakai untuk bayi ?

Yuk kita lihat prosentase kandungan oleic acid di tabel bawah ini.

 

minyak urut bayi
Prosentase oleic acid pada minyak yang sering dipakai untuk urut pijat

Bila mengoleskan minyak yang mengandung oleic acid (10%) ke kulit selama 2 jam, bisa merusak skin barrier atau lapisan kulit terluar.

Apa fungsi skin barrier ?

Berfungsi untuk melindungi kulit dari berbagai macam faktor yang memicu kerusakan pada lapisan kulit terluar. Misal, sinar UVA dan UVB, debu, polusi, bahan kimia, bakteri.Β 

Apa yang terjadi jika skin barrier rusak ?

Kulit akan mudah menerima pengaruh negatif dari sinar UV, debu, polusi, dan bakteri. Akibatnya, kulit akan mengalami kerusakan yang ditimbulkan dari masalah kulit, seperti: kemerahan, terbakar, gatal-gatal, jerawat, danΒ aging.Β 

 

perawatan kulit bayi
Nih alat tempurnya Twins di rumah buat mandi sama pijat

 

Lalu produk apakah yang aman dipakai untuk memijat bayi ?

Dilihat dari tabel di atas, prosentase oleic acid pada minyak mineral tidak ada. Sehingga bisa menggunakan minyak mineral. Adapun produk berbahan dasar minyak mineral murni, seperti baby oil dan baby lotion.

Dalam memilih baby oil dan baby lotion juga harus diperhatikan sebab beberapa produk baby oil ada yang menggunakan oleic acid.

Teknik pijat bayi sederhana

Ada 6 rangkaian teknik pijat bayi untuk bayi dan balita

teknik pijat bayi
6 teknik dasar pijat bayi yang mudah dipraktekkan sendiri di rumah

1. Pijatan wajah
2. Pijatan dada
3. Pijatan perut
4. Pijatan tangan
5. Pijatan kaki
6. Pijatan punggung (untuk bayi yang sudah bisa tengkurap)

 

Supaya ibu ibu lebih mudah mempraktekkannya sendiri di rumah. Silahkan tonton video tutorial stimulasi pijat bayi di bawah ini.

 

Semoga kedepannya tumbuh kembang bayi di Indonesia menjadi lebih baik, berkat sentuhan cinta dari para ibu dan cara merawat bayi baru lahir yang tepat.Β πŸ’–

 

Sumber referensi :
Fimela.com

21 Replies to “Pelatihan Pijat Bayi dan Perawatan Bayi Baru Lahir Melalui Sentuhan Cinta Johnsonsbaby”

  1. gemes si dedek kayak mau kabur ya mba hehehee… Memang kalau udah jalan gerakannya lebih banyak ya? Wakti anakku bayi aku juga suka mijitin tapi ya asal gitu yang penting dikasih sama baby oil πŸ™‚

  2. Kak, tapi aku masih suka takut salah pijat nih sama bayi apalagi newborn. Kalau kelas massage seperti ini kira-kira bisa kita ikuti dimana aja sih kak? Terus kalau pijatnya setiap habis mandi gitu banyak manfaat buat tumbuh kembangnya ya

  3. Inka Amaliawati says: Balas

    Aku mom to be kak, jadi aku screenshoot ini tulisan kakak buat aku salin di buku. Walaupun aku udaj punya anak usia 2 tahun tapi tetep harus belajar tentang pijat bayi gini buat my newborn baby

  4. jadi ingat rajin pijat bayi tiap sore dan malam karena anakku kolik πŸ™‚

  5. Kalau twins nih pijatnya gantian atau barengan mbak biasanya? Lucu kali ya kalau mijatnya barengan, satu sama mama dan satunya sama papanya… Kapan ya aku bisa ketemu si kembar

  6. Jangankan anak atau bayi ya yang belum bisa mengatakan dengan jelas kalau tidak enak badan. Kita saja orang dewasa, kalau ada badan nyeri terus belum dipijat rasanya gimana gitu. Tapi setelah dipijat rasanya lebih enteng.

    Anak saya tidur lebih lelap kalau sebelumnya saya pijit-pijit kaki atau tangannya. Sekarang dapat ilmunya disini bisa lebih banyak pengetahuan terkait memijat anak.

  7. saya masih baper sampai sekarang, karena ga berhasil menggendong satupun bayi perempuan waktu ini.
    Bahkan dapat bonekapun bayi laki-laki.
    Sungguh kubaper wakakakkaa

    Senang banget ya kemaren acaranya.
    Saya jadi nambah ilmu mijat buat si bayi yang kebanyakan gaya ini hehehe

  8. Acara yang disponsori Johnson Baby ini bagus banget. sentuhan cinta ibu pada bayi akan membangun bonding yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan anak-anak.

  9. Banyak sekali tyt ya manfaat dari pijat bayi ini. Dapat menstimulasi kecerdasan bayi juga. Membantu Tumbuh Kembang bayi yg optimal.. Duhh jadi semangat memijat si kecil setiap hari di rumah..

  10. Wah sama, Mbak. Aku pun pas melahirkan juga dapat kado paket itu, yang ada CD pijat bayinya. Tapi pas ikutan pelatihan ini kemarin, aku malah jadi lebih tahu mana gerakan pijatku selama yang benar dan masih salah.

Tinggalkan Balasan