Perjuangan agar lancar menyusui bayi kembarku

menyusui anak kembar


“Menyusui 1 bayi aja perjuangannya luar biasa, ngga kebayang menyusui 2 bayi sekaligus. Pasti penuh perjuangan supaya bisa lancar menyusui”.

Itulah kata hati saya begitu melihat video ibu yang sedang belajar menyusui bayi kembarnya di video YouTube drTiwitv. Waktu itu saya sedang berjuang menyusui anak pertama ditambah lagi mengalami baby blues syndrome.

1,5 tahun kemudian saya hamil anak kedua, dan apa yang terjadi? Bagai tersambar gledek, janin di kandungan saya ada 2. Membayangkan saja ogah! Tapi mau bagaimana lagi, saya harus sanggup menerima kejutan istimewa dadakan ini dari Sang Pencipta. *mewek di pojokan 😢

Perlahan-lahan mencoba menerima kenyataan, sambil menyiapkan strategi apa yang harus saya lakukan supaya bisa memberikan ASI bernutrisi untuk anak kembarku nanti.

Pengalaman menyusui anak pertama yang kurang menyenangkan, sempat membuat saya minder menyusui si kembar. Berbagai pertanyaan muncul di kepala saat hamil si kembar.
“Apa saya sanggup nyusuin si kembar?”
“Gimana kalau ASInya kurang?”
“Gimana kalau baby blues lagi?”

Belum lagi cemas menghadapi kelahiran. Saya ngga pengen lahiran operasi sectio caesarea. Saya maunya melahirkan normal pervaginam. 😭


Pengalaman menyusui anak pertama menjadi pelajaran berhargaku


Anak pertama (kakak) mengalami gejala ADB. Perkembangan berat badannya kurang optimal. Awal MPASI begitu lahap makannya, masuk usia 7 bulan kakak malah sulit makan. Bahkan grafik kenaikan berat badan yang tadinya hijau mulai bergeser ke arah oranye.

Dokter anak saya curiga, dari kondisi fisik anak terlihat gejala ADB. Syukurlah dokter anak saya langsung ambil tindakan dengan memberi tambahan suplemen zat besi.

Setelah saya merenung, muncul pertanyaan dalam diri.
“Apa yang terjadi pada kakak ada hubungannya dengan asupan nutrisi saya ya?”
“Apa yang makanan dan minuman yang saya konsumsi selama ini kurang mendukung untuk memenuhi ASI berkualitas?”

Jujur, waktu anak pertama saya tidak begitu perhatian pada pentingnya mengonsumsi makanan bernutrisi. Dimasakin daun katuk sama ibu, cuma dimakan sedikit sebab ngga cocok sama lidah saya.

Saya juga tidak konsumsi suplemen pelancar ASI terus menerus, hanya di awal kelahiran saja.
Sarapan seadanya, cuma minum air putih atau minum susu dan makan biskuit.
Bila anak sudah bangun duluan sebelum saya sarapan, terpaksa saya harus menyusui dalam kondisi lapar.

Badan sering lemas, tak bertenaga. Setelah saya cek darah, baru ketahuan tekanan darah saya dibawah normal.

Tekanan darah saya hanya 80/50 mmHg. Pantesan anak saya kena gejala ADB, lah gara-gara kelakuan ibunya sendiri.

Dari pengalaman kakak, saya belajar, saya ngga boleh egois bila ingin lancar menyusui adik bayi kembar.
Saya harus atur mindset seperti mindful eating yaitu konsumsi makanan dan minuman yang saya butuh, bukan konsumsi makanan dan minuman yang saya mau. Saya harus berusaha selalu fit dan memenuhi gizi diri sendiri dulu agar layak menghasilkan ASI berkualitas.


Perjuangan lancar menyusui anak kembarku

Pasca melahirkan adik kembar, saya merasa seperti ibu baru. Harus belajar menyusui lagi. Mencari posisi nyaman menyusui adik bayi twins.

Beruntung puting saya ngga lecet seperti kejadian menyusui kakak dulu. Tinggal berusaha memenuhi kebutuhan ASI bernutrisi untuk adik twins.

Cara memenuhi ASI berkualitas untuk adik bayi kembar

Berikut 8 cara yang saya lakukan demi ikhtiar lancar menyusui adik twins.

1. Bergabung dengan forum atau komunitas menyusui

Saya coba cari info dari ibu-ibu bayi kembar yang sudah berpengalaman sebelumnya dan gabung dengan komunitas TwinIndonesia supaya bisa saling bertukar wawasan, info, pikiran dan semangat disana. Kendala dan hambatan akan terasa mudah bila ada teman senasib seperjuangan. Bukan begitu?

2. Cari posisi nyaman menyusui


“Posisi menentukan prestasi”

Posisi pewe selama menyusui bisa meningkatkan bonding antara ibu dan bayi. Ibunya nyaman, ngga kesakitan sedangkan bayi bisa leluasa menyusu.

Mba Wiwied seorang teman yang punya anak kembar memberi tahu cara menyusui nyaman untuk bayi kembar. Sebaiknya menyusui kedua bayi sekaligus supaya ASI di payudara lekas habis. Dengan begitu sirkulasi ASI akan lancar dan terus berproduksi. Manfaatnya bagi ibu, bisa punya waktu lebih untuk beristirahat.

Bagaimana jika yang minta nyusu cuma 1 bayi?

Ya, terpaksa 1 bayi lainnya ikut dibangunkan. Supaya ibu ngga bolak balik bangun tidur akibat gantian menyusui.

Bagaimana bila 1 bayi lainnya tetap tidur terlelap?

Saya sediakan wadah untuk menampung ASI. Sebab saat sedang menyusu 1 orang bayi, payudara akan sama-sama mengeluarkan ASI. Daripada mubazir mending ASI ditampung dalam wadah lalu simpan tertutup supaya tak terkontaminasi bakteri. Lalu segera simpan ke dalam frezeer untuk stok ASIP.

posisi menyusui yang enak
Macam-macam posisi menyusui bayi kembar. Sumber referensi komunitas TwinIndonesia

Diantara beberapa posisi menyusui anak kembar di atas, posisi menyusui favorit saya yang cradle hold (gambar kiri atas). Waktu di rumah sakit, perawat ngajarin saya dengan posisi ini. Posisi dimana ibu menopang kepala bayi dengan lengkungan lengan sebelah dalam sementara bayi diistirahatkan di pangkuan.

posisi menyusui
Bantal menyusui bayi kembar menambah kenyamanan saat menyusui. Selalu saya bawa kemana pun lho! Foto ini lagi liburan

Saya selalu menyusui posisi cradle hold hingga adik twins bisa duduk sendiri. Untuk menambah kenyamanan saat menyusui, saya selalu memakai bantal menyusui untuk bayi kembar. Kemana pun saya dan adik twins pergi, pasti saya bawa.

3. Minum air minimal 8 gelas per hari

cara lancar menyusui
Rajin minum air mineral minima 8 gelas ditambah 1 gelas per hari. Biasanya saya pakai segelas tumbler untuk sekali hingga dua kali minum.

Saat acara Hydration Talk di Surabaya, tanggal 30 September 2019, dr. Nurul Ratna Mutu Manikam, Ketua Departemen Ilmu Gizi, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menyarankan ibu menyusui bayi kembar sebaiknya minum air mineral minimal 8 gelas ditambahkan 1 gelas per hari agar ngga hidrasi dan kebutuhan mineral terpenuhi. Tentu lebih banyak daripada ibu menyusui bayi tunggal.

4. Konsumsi makanan bergizi

cara agar ASI banyak
Sebelum adik twins minta nen, saya harus kenyang, ngga boleh kelaperan

Sebetulnya tak ada pantangan makanan maupun minuman untuk ibu menyusui. Tapi perlu diperhatikan makanan dan minuman yang ibu konsumsi akan mempengaruhi kualitas ASI.

Saya perbanyak makan sayuran, buah, protein hewani maupun nabati.

dr. Meta, Sp.A. dalam buku mommycylopedia menyarankan untuk perbanyak konsumsi makanan yang mengandung galactogogue.

Galactogogue adalah makanan dan minuman yang dipercaya dapat memperlancar produksi ASI di antaranya daun katuk, bayam, edamame dan kelabat (fenugreek).

5. Istirahat cukup

cara agar ASI banyak, tips menyusui
Terampil bobo sambil duduk nyusuin :p

Saat awal melahirkan, adik twins sering terbangun di malam hari. Tentu mengurangi jam istirahat malam saya. Untuk menyiasatinya saya suka tidur sambil menyusui adik twins meskipun masih dalam posisi duduk.

Sering menyusui saat malam hari bisa meningkatkan hormon prolaktin lho! ungkap dr. Meta, Sp.A di bukunya mommyclopedia.

6. Me time itu penting!

Saya ngga mau muluk-muluk soal me time. Bisa sarapan sebelum anak-anak bangun, makan minum cukup, mandi, ganti baju, cukup istirahat, scroll sosmed itu udah lebih dari cukup buat ibu yang punya 3 balita kaya saya.

Syukur-syukur bisa nonton drakor 😆

Saya juga hindari hal-hal yang bisa jadi pencetus stress, yang sebetulnya sederhana, contohnya masakan belum siap padahal saya udah laper banget. Kemudian adik twins minta nyusu saat saya kelaperan.

7. Minta support pasangan

Percaya ngga letak keberhasilan menyusui ada di tangan suami? Setidaknya pasangan harus tahu betul apa manfaat menyusui?
Kenapa harus ASI?
Bagaimana cara mengatasi kendala saat menyusui seperti ASI seret?

cara agar ASI banyak
Minta dukungan suami supaya lancar menyusui adik twins

Harapannya suami bisa terus mendukung proses menyusui, apa pun kendalanya.
Nyenengin istrinya, ngga bikin istrinya stress, membantu mencari solusi bersama bila ada kendala saat menyusui, tanpa harus semena-mena mencari jalan keluar dengan cara mengganti ASI dengan susu subtitusi. Maka dari itu, penting menguatkan visi misi dalam menyusui lebih dulu.

Syukur-syukur andai suami mau ambil alih pekerjaan istri di rumah, bantuin ngurus anak, mau beres-beres rumah, dimasakin suami. Indahnya..

8. Lengkapi multivitamin dan mineral untuk ibu menyusui

cara menyusui anak kembar

Tak ingin kejadian menyusui anak pertama terulang. Saya berusaha mencukupi nutrisi, jangan sampai kurang seperti anak pertama.
Apalagi saya punya riwayat darah rendah. Oleh karena itu, saya harus betul-betul fit agar bisa menghasilkan ASI bernutrisi untuk adik twins.

Baca di forum ibu menyusui, banyak yang menyarankan konsumsi Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold supaya ASI berkualitas. Untuk memastikan, saya cek lebih lanjut kandungan apa saja yang terkandung dalam Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold agar saya betul-betul yakin dan tak salah pilih.

Keunggulan Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold

blackmores pregnancy and breast feeding gold
Sumber website blackmores.co.id

Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold memiliki nutrisi 17 Nutrisi Esensial membantu penuhi nutrisi ibu hamil dan menyusui supaya mampu memberikan ASI bernutrisi untuk untuk ibu dan bayi yang istimewa. Membantu perkembangan dan pertumbuhan bayi selama 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan). 

1000 HPK berlangsung dari hari pertama kehidupan janin saat masih dalam kandungan hingga berusia dua tahun. 

Mengapa nutrisi pada 1000 HPK begitu penting?

Masa depan anak Indonesia ditentukan oleh kualitas nutrisi 1000 HPK. Pada masa ini tubuh anak (termasuk otak) berkembang sangat cepat dan nutrisi yang baik menjadi fondasi sangat penting.  Makanya mencukupi nutrisi selama awal kehamilan sampai melahirkan itu wajib bagi ibu.

1000 HPK Blackmores pregnancy and breast feeding gold
1000 HPK Sumber : web Blackmores.co.id

Berikut beberapa manfaat kandungan Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold :

Blackmores pregnancy and breastfeeding gold

Mengandung asam folat, kalium, iodium, zat besi, kalsium, beta carotene, tinggi kalsium dan DHA. Meskipun ada minyak ikan tak perlu khawatir akan berbau dan mengakibatkan mual, soalnya memakai odourless fish oil yang kaya DHA dan tidak berbau. Sumber omega-3 dan DHA untuk mendukung perkembangan otak, syaraf dan penglihatan bayi agar tumbuh sempurna.

Mengandung asam folat yang membantu mendukung perkembangan sistem syaraf bayi, mencegah cacat sistem saraf pusat pada bayi. Dr. Meta, Sp. A bilang konsumsi asam folat 400 mcg (0,4 mg) per hari sangat direkomendasikan bagi ibu-ibu yang sedang merencanakan kehamilan. Setidaknya epat minggu sebelum konsepsi.

Kandungan zat besi dalam Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold tidak menimbulkan efek sembelit. Membantu mengurangi anemia pada ibu hamil dan ibu menyusui, mengurangi resiko terjadinya kelahiran prematur dan berat badan lahir rendah.

Terdapat vitamin D3 yang bagus untuk penyerapan kalsium serta membantu perkembangan tulang bayi agar tumbuh sehat dan kuat.

Memberikan asupan Iodium yang berperan penting bagi perkembangan otak bayi, kemampuan motorik, visual dan pendengaran, mendukung perkembangan intelektual dan IQ anak.

Mendapat penghargaan suplemen ASI terbaik

penghargaan blackmores
Sumber referensi IG @blackmoresid

Blackmores sudah dipercaya banyak orang sebagai suplemen ASI terbaik
Indonesia digital popular brand award 2018,2019, 2020, mother & baby reader’s choice award 2018, 2019 dalam kategori suplemen terbaik.

Sudah mendapat sertifikasi BPOM

Agar menjamin keamanan Blackmores sudah mendapat nomor sertifikasi POM yaitu 174 307 791. Pastikan produk Kalbe Blackmores Nutrition yang ibu-ibu beli memiliki nomor POM, terdapat logo Kalbe di kemasan, tertulis jelas tanggal kadaluarsa, tertulis nomor Kalbe Customer Care di kemasan.

Blackmores BPOM
Blackmores sudah lulus BPOM

Melihat banyaknya manfaat dari kandungan Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold untuk ibu hamil dan menyusui serta sudah lulus uji BPOM. Saya jadi tak ragu memilih Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold sebagai suplemen menyusui adik twins.

cara lancar menyusui
Lengkapi nutrisi dengan minum Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold dua kali sehari untuk membantu memenuhi gizi ibu menyusui

Bagi ibu hamil, Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold bisa menjadi bekal yang harus dipersiapkan sejak masa kehamilan hingga melahirkan agar sukses menghasilkan ASI Bernutrisi untuk Ibu dan Bayi yang Istimewa.

Testimoni setelah konsumsi rutin Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold

Blackmores pregnancy and breastfeeding gold
Blackmores pregnancy and breastfeeding gold

Setelah konsumsi rutin Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold badan saya menjadi lebih fit, ngga mudah lelah, ngga lemes, ngga merasakan gejala anemia lagi seperti sebelumnya. Dalam tiap kapsul lunak mengandung 17 nutrisi esensial yang bantu penuhi gizi harian saya. Sebab bila hanya mengandalkan menu harian saja ngga cukup memenuhi kebutuhan ASI berkualitas buat adik twins.

ASI yang dihasilkan lebih banyak yang kental dari sebelumnya atau biasa disebut hindmilk. Jumlah hindmilk lebih banyak ketimbang foremilk.

Hindmilk adalah ASI yang terakhir keluar dalam satu kali kegitatan penyusuan. ASI akhir ini mengandung lebih banyak lemak sehingga terlihat lebih kental kekuningan.

Foremilk adalah ASI yang pertama kali keluar dalam sayu kali kegiatan penyusuan. ASI awal ini mengandung lebih banyak protein, laktosa dan air sehingga terlihat lebih kental kekuningan.

World Breastfeeding Week 2020

Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding ikut mendukung World Breastfeeding Week 2020 yang jatuh pada bulan Agustus. Demi mendukung pemenuhan nutrisi ibu hamil dan menyusui Kalbe Blackmores Nutrition mengedukasi ibu hamil dan menyusui tentang pentingnya ASI dan masa menyusui serta pemenuhan ASI bernutrisi untuk ibu dan bayi.

Selain itu, Blackmores juga mengajak ibu berbagi pengalaman dan tantangan selama menyusui supaya bisa saling mendukung dan ngga merasa sendiri demi kelancaran menyusui.

Blackmores memahami bahwa semua Ibu di Indonesia berhak untuk mendapatkan nutrisi yang cukup untuk mendukung kesehatan ibu dan buah hati, oleh karenanya Blackmores sudah bekerja sama Bumi Sehat Foundation dalam membantu pemenuhan nutrisi gizi ibu hamil dan menyusui.

FYI, Bumi Sehat Foundation adalah organisasi non-profit yang berfokus pada penyediaan akses layanan kesehatan berkualitas, higienis, serta pengupayaan kelahiran anak secara layak.

Kerjasama Blackmores dengan Bumi Sehat Foundation telah berlangsung sejak tahun 2017. Terus berkelanjutan hingga sekarang, telah membantu pemenuhan gizi Ibu Hamil dan Menyusui melalui pembagian 12.000 botol Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold tiap tahun di Klinik Bumi Sehat, di 3 kota yaitu Denpasar, Aceh dan Papua.

bumi sehat Blackmores pregnancy and breastfeeding gold
Sumber : Facebook Yayasan Bumi Sehat.
Blackmores bermitra dengan Bumi Sehat Foundation

Beli produk Blackmores dimana?

Produk Blackmores bisa didapatkan di E-commerce Tokopedia, Blibli, Lazada dan Shopee yang bertuliskan Official Store.

***

Nah, ibu-ibu semoga pengalaman saya menyusui adik twins bisa membawa semangat para busui supaya lancar menyusui dan mencukupi diri dengan nutrisi bergizi agar menghasilkan ASI berkualitas.

Bagi bumil yang sedang menyiapkan nutrisi buah hati semoga bisa memenuhi asupan nutrisi harian yang dibutuhkan.

Untuk informasi lebih lanjut seputar program Blackmores segera follow akun sosial media Blackmores.
Instagram : @blackmoresid
Kunjungi websitenya di blackmores.co.id


55 Replies to “Perjuangan agar lancar menyusui bayi kembarku”

  1. MashaAllah bayi kembar, Saya satu saja gagal Karena kurangnya support system Dan pengetahuan tentang MengASIhi. Rasanya ingin punya bayi lagi untuk menebus kesalahan di masa lalu.

  2. Wow.. Bravo utk para breastfeeding mom, it’s very challenging for many moms. Kebayang lbh challenging utk moms dgn twin babies, triplets etc. 👏👏👏

    Nyobain blackmore lah aku nanti kak 😍

    1. Iya ngga kebanyang yang lebih dari 2, triplet, quadruplets, quintruplets (kaya keluarga AIOEO), sextuplets, any many moore..
      Emang challenging, supportnya kudu extra

  3. wuah mbaaa Rifa aku salut banget lho menyusui bayi kembar, bahkan kadang yang bayi satu aja suka ada kendala dan berbagai macam kerepotan ya..semoga selalu dilancarkan dalam proses menyusui ini dan tentu harus dengan nutrisi yg optimal ya

    1. Aamiin terima kasih Grandys, btw panggil aja Fani hehe..
      Moga kamu juga segera bisa ngerasain nikmatnya menyusui yaa..

  4. Waaahhh aku juga bisa shock kalo diksh kembar gitu. Pas hamil aku kena sindrom babyblues ini mba, ga mau nyentuh si baby samasekali sampe 1 bulanan. Makanya mereka ga asi 2-2 nya. Untung ada babysitter dan suamiku yg sabar sih, jd stidaknya si babies ttp terawat meski ga asi.

    Sayang dulu aku blm tau Blackmores , jd vitamin selama kehamilan aku pakai yg merk lain. Baru tau Blackmores 2 tahunan kebelakang ini, utk vitamin anak2 sehari2. Apalagi sejak pandemi, lgs aku cari vitamin2nya yg lain yg utk dewasa juga buat immune booster. EMG bagus sih mba, aku malah sampe niat kalo ke Australia ntr, mau borong ini, trutama jenis2 yg ga dijual di indo. 😀

    1. Pas hamil justru belum sama sekali baby blues, sampe penasaran rasanya baby blues itu gimana sih? Kok aneh banget, emaknya bisa benci sama si bayik atau dirinya sendiri pasca melahirkan. Wkwkwk.
      Ternyata rasanya kaya diintilin terus 24 jam plus waktu me time dibabat abis toh.

      Sekalian buka jastip ya mba? nanti aku nitip hihi..

  5. […] untuk ASI ekslusif enam bulan, menyusui ditambah MPASI sampai 2 tahun.T untuk Tuntaskan imunisasi anak.O untuk Obati […]

Tinggalkan Balasan