5 Cara Ngajarin Anak Sikat Gigi

“Gigimu kok bagus”, kata ibu-ibu tetangga sewaktu ngelihat giginya Kimika.
Saya nanggepin sambil mesam mesem kesenengan. Bantin saya, iyalah bagus rajin gosok Gigi gituuuh..

Ngajarin Kimika mau sikat gigi sebenernya gampang-gampang susah. Tapi Saya tetep keukeuh gimana caranya dia mau buka mulut, masukin sikat terus digosok-gosok ke semua giginya.

Drama aksi tutup mulut, memalingkan muka, mewek-mewek nangis, udah dilewati semua.
Nggak takut trauma anaknya kalo dipaksain mau sikat gigi sampai nangis gitu ?
Jawabannya : ENGGAK
Demi masa depan cerah si gigi kelak, biaya reparasi gigi sekarang lumayan mahal loo. Jadi harus dirawat dari sekarang, mumpung masih kecil.

ngajarin anak sikat gigi
Udah cocok jadi bintang iklan pasta gigi anak belom ? HIHI

Yang udah Saya lakuin supaya Kimika mau buka mulut sikat gigi :

1. Memberi contoh ritual gosok gigi

Di usia anak 0-5 tahun, kemampuan belajar menirunya sangat berkembang pesat. Yang harus dilakukan orangtua yaitu terus menanamkan berbagai kebiasaan baik kepada anak, salah satunya rajin gosok gigi.
Sebelum tidur di malam hari, Saya selalu terbiasa menggosok gigi. Sekalian saja Saya ajak Kimika ke kamar mandi untuk gosok gigi bareng dan membiasakan buang air kecil (meski sampai saat ini masih susah diajak buang air kecil sebelum tidur).

2. Memberi tontonan video sikat gigi

Kimika suka banget nonton video yang isinya anak-anak kecil. Di YouTube udah banyak anak kecil-kecil kasih tutorial gosok gigi, ini lumayan membantu ketika Kimika udah mulai ogah-ogahan sikat gigi bareng Saya. Sambil Saya bilangin, “itu kakak mau sikat gigi yaa.. Kimi kan anak baik seperti kakak jadi harus sikat gigi”. “Jangan mau kalah sama kakak”.

Β 

3. Membacakan cerita tentang gosok gigi

Ketika Kimika lagi mood dibacain dongeng, saya juga bacakan dongeng yang menceritakan tentang kebiasaan baik. Karena Kimika anaknya gampang bosen, jadi Saya cari buku cerita pendek supaya gampang nangkepnya.

belajar gosok gigi
Buku dongeng tentang belajar gosok gigi

4. Belajar dengan lagu

Kimika sangat mudah belajar dengan menggunakan media lagu. Nada lagu cepat sekali dia hafal meski saat ini kemampuan bicaranya belum lancar.
Jadi Saya sering nyanyiin lagu bertema menggosok gigi kapan pun dan dimana pun. Udah pada tau kan yaa lagu apa ?

Bangun tidur ku terus Mandi
Tidak lupa menggosok GIGI (sambil nunjuk gigi terus digosok pake sikat gigi),

Kadang juga suka ngarang lagu sendiri kok😝.HIHI

Intinya ngajak anak buat rajin gosok gigi.

5. Menjelaskan akibat tidak menggosok gigi melalui contoh nyata

Tindakan ini bisa Saya lakukan ketika Kimika lagi ngumpul sama temen-temennya. Ketika ada gigi si temen yang keliatan tidak terawat baik (ompong dan item-item), Saya bisikin ke Kimika.
“Kalo kamu nggak mau sikat gigi, nanti gigimu kayak kakak itu lo.. hiiih, mau nggak punya gigi kayak gitu ?”, Sambil nunjukin muka jijik.
Bisik-bisik aja ya, jangan sampe ketauan sama si anak yang bersangkutan apalagi orangtuanya (ga enak ntar πŸ˜›).

Selain itu, saya juga menjaga makanan yang Kimika makan, seperti mengurangi makanan yang manis seperti permen dan cokelat.Β Β Untuk saat ini masih bisa dikontrol. Nah jika sudah sekolah yang agak susah, karena pasti banyak pengaruh dari temen-temennya. Tapi saya yakin kalau, sudah paham dasarnya dari kecil, pasti bisa lebih bisa mengontrol diri *semoga ya*.Β 

Temen-temen punya cara lain ngajarin gosok gigi ke anak yang lebih efektif mungkin ? Yuk share di kolom komen yaa..

24 Replies to “5 Cara Ngajarin Anak Sikat Gigi”

  1. mirip2 sama pengalamanku dulu mba, oh iya aku juga tambahkan : dgn mengajak ananda memilih sendiri sikat gigi dan pasta yg dia sukai, jadi pas upacara sikat gigi dimulai dia juga semangat.. – all the best yaa ^.^

    1. Makasih mba Dwi tambahannya, nanti aku ajak Kimika milih sikat gigi favorite nya yaa 😊

  2. Semoga ini bermanfaat bagi anakku yg ga mau sikatan πŸ˜€

    1. Amiin Semoga efektif yaa mba πŸ˜ŠπŸ‘

  3. yup, saya juga begitu mba ngajarin anak sikat gigi dengan cara memberi pengertian dan juga melakukan contoh di depannya selain itu juga dengan cara paksa – ini demi kebaikan mu juga nak! hahaha.. kalau trauma, bener enggak trauma kok anaknya skrg Alhamdulilah sudah mengerti dan sukarela untuk gosok gigi..:)

    1. Wah syukurlah kalo si kecil udah sadar pentingnya sikat Gigi yaa mba 😊

  4. Semoga ini bermanfaat bagi anakku yang ga mau sikatan πŸ˜€

  5. Yang belum aku lakuin Nomer 2 dan 4 aja.
    Btw Kimika usianya berapa?

    1. Hii mbak Eka, sekarang usianya 2 tahun.

  6. Ideemmmm mbk. Udh praktekkin bbrpa cara yg dikau sebutin mbk. Dan iya, ampuh bwt ngenalon bocah sm aktivitas yg satu ini 😊

  7. Keponakan ku masih ditelen gitu kalo udah kumur kumur 😌😌

    1. Kalo pakai air mateng sama odol yang bisa ditelen ga masalah kak. Kimi juga masih belum lancar kumur2 nya nih. 😁

  8. Emang ya ngajarin ngajarin anak sikat gigi itu tantangan tersendiri, dan ortu hrs telaten dan istiqomah mengajarinya

    1. Demi masa depan Gigi yang cerah mba segala tantangan harus dilawan 😁

  9. Salfa sekarang sudah β€œblagu” kalau aku bilang. Nggak mau digosokin. Katanya sudah bisa. Untunglah karena emaknya ga sebegitu repot, haha

    1. Kakak Salfa pasti udah lancar sikat giginya yaaπŸ‘πŸ‘πŸ‘

  10. Gigi Neyna caries euy mba aku menyesal sekali karena membiarkannya rusak huhuhu next adenya jangan sampe caries deh aamiin makasi tipsnya mba mau aku coba

    1. Ayoo kak Neyna belajar sikat Gigi bareng adeknya yaa.. 😁

  11. Karena anakku belum tumbuh giginya, belum ada pengalaman soal ini sih. Tapi sewaktu adik adikku kecil dulu, kami diajak untuk memilih sikat gigi kami sendiri tiap kali ikut mama papa berbelanja.

    Jadi semangat deh sikat giginya.

    1. Hii Akarui Cha, ketika si kecil udah bisa memilih mana yang dia sukai & tidak dia sukai memang sebaiknya ajak si kecil buat milih sikat Gigi favoritenya yaaπŸ˜ŠπŸ‘

  12. Sama mbak, dulu ngajarin sikat gigi mulai dari sikat gigi bareng2. Tapi namanya juga anak-anak, harus selalu diingatkan supaya gak lupa gosok giginya, membiasakan sikat gigi sehabis makan dan sebelum tidur.

    1. Seperti biasa mamanya jadi alarm berjalan yaa 😬

  13. dulu sih anak2 suka diajarin sikat gigi karena bisa main airnya itu

  14. Kimi senang pake odol apa nih?
    Dulu aku ajari anakku sikat gigi pakai Deedee. Dia suka karena warna odolnya pink. Sekarang ganti merk pakai K*d*m*. Dia jadi nggak suka karena warna odolnya putih, ada mintnya pula..

Leave a Reply