Mau Bepergian Naik Kereta Api Bersama Si Kecil? Persiapkan Dulu Beberapa Hal Ini

Naik kereta api tut..tut..tut.. siapa hendak turun.

Kami bernyanyi sambil menunjukkan kereta api yang sedang melintas di depan mobil kami.

Berpergian jarak jauh menggunakan sarana transportasi darat anti macet seperti kereta api, bisa menjadi pilihan ketika hendak berlibur bersama keluarga dan membawa serta balita. Kini, fasilitas dan layanan kereta api yang semakin nyaman membuat saya dan suami yakin untuk memilih kereta api sebagai alat transportasi. Namun ada beberapa hal yang harus dipersiapkan ketika ingin menggunakan kereta api sebagai pilihan transportasi jarak jauh bersama keluarga, agar si kecil merasa nyaman selama perjalanan.

Pesan tiket jauh hari

Membawa keluarga serta balita saat akan berpergian naik kereta api bukan persoalan yang mudah, mengingat tempat duduk untuk penumpang di kereta didesain untuk dua orang saja per barisnya. Agar dapat duduk berdekatan dan bersebelahan perlu memesan tiket kereta jauh hari. Sekarang, cek info lengkap jadwal tiket kereta api lebih mudah melalui online, karena dapat kita sesuaikan tempat duduknya. Baiknya pesan tempat duduk di bagian tengah kereta, agar tidak terlalu dekat dengan pintu kereta. Karena biasanya tempat duduk di dekat pintu kereta cenderung bising karena seringkali dibuka dan ditutup oleh penumpang lainnya sehingga membuat si kecil merasa tidak nyaman untuk beristirahat.

Beritahu apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan di dalam kereta api

Ketika si kecil sudah bisa diberitahu mana yang boleh dan mana yang tidak boleh ada baiknya kita beritahu berulang-ulang jauh hari sebelum jadual keberangkatan. Tujuannya agar mental si kecil merasa lebih siap berpergian jarak jauh di dalam kereta nantinya, dan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti, beritahu bahwa ketika kereta sedang berjalan sebaiknya duduk manis di tempat duduk kereta.

Atur jam keberangkatan

Membawa serta si kecil naik transportasi umum ditambah membawa barang bawaan yang tidak sedikit, tentu menjadi situasi serta kondisi yang merepotkan jika kita terburu-buru mengejar jam keberangkatan kereta. Lebih baik datang lebih awal dan menunggu beberapa saat di stasiun sebelum jadual keberangkatan kereta.

Bawa makanan dan camilan

Meskipun di dalam kereta menyediakan makanan, ada baiknya tetap membawa bekal makanan, camilan dan air minum sendiri untuk jaga-jaga ketika si kecil sewaktu-waktu lapar dan minta makan, dapat segera membuka bekal yang ada. Belum tentu, makanan yang disediakan oleh petugas kereta api cocok dengan selera si kecil. Jangan sampai si kecil menjadi rewel karena merasa kelaparan. Untuk ibu menyusui seperti saya keberadaan camilan dan air minum tentu menolong sekali ketika merasa lapar tiap selesai menyusui.

Bawa jaket dan selimut

Pendingin udara yang tersedia di dalam kereta kadang membuat si kecil menjadi kedinginan dan juga bisa membuat si kecil gampang terkena masuk angin. Sebaiknya bawa jaket dan selimut untuk si kecil agar tidurnya nyenyak. Agar tubuh si kecil merasa hangat ada baiknya membawa minyak angin ataupun minyak telon, kemudian pakaikan kaos kaki jika dirasa perlu.

Bawa barang kesayangan

Waktu perjalanan yang lama di dalam kereta, terkadang membuat si kecil menjadi mudah bosan yang kemudian berujung rewel. Solusinya bawa barang-barang yang disukai anak, bisa berupa mainan maupun buku. Agar praktis bawa mainan dan buku yang berukuran kecil saja. Ketika melewati tempat-tempat yang indah seperti pegunungan, laut, sungai, jembatan, terowongan kereta coba ceritakan dan tunjukkan apa saja yang dapat dilihat melalui jendela kereta seperti pemandangan matahari akan tenggelam misalnya, kepada si kecil agar mereka tertarik untuk melihatnya juga. 

Baca juga : Menikmati Matahari Terbenam di Ujung Timur Pulau Jawa

Liburan bersama keluarga terasa begitu menyenangkan naik kereta api. Si kecil bisa merasakan pengalaman baru yang tidak akan pernah dia lupakan.

Semoga beberapa tips diatas dapat membantu teman-teman untuk menyiapkan perjalanan liburan bersama keluarga dan si kecil yang nyaman naik kereta api.

2 Replies to “Mau Bepergian Naik Kereta Api Bersama Si Kecil? Persiapkan Dulu Beberapa Hal Ini”

  1. Klo dlu pas bawa anak aku beli tiket lebih. Pergi bertiga pesen tike 4, biar nyaman hihi

    1. Biar puas gegoleran hihii

Leave a Reply