Inspirasi menu sahur dan buka puasa enak, kurang dari 100 ribu

menu sahur dan buka puasa

Selama ramadan keinginan ibu-ibu menyajikan hidangan menu sahur dan buka puasa enak istimewa sudah jadi hal lumrah. Sayangnya mulai bulan April kenaikan bahan pokok tak dapat dihindarkan. Yang tiap harinya terbiasa makan gorengan, kini harus mulai mengurangi dan beralih ke masakan minim minyak goreng. Hikmahnya bisa tangkal kolesterol jahat dalam tubuh.

Kali ini saya mau membagikan inspirasi menu sahur dan buka puasa enak, yang anggaran uang belanjanya tak sampai 100 ribu.

Inspirasi menu buka puasa dan sahur enak, kurang dari 100 ribu

Untuk menu sahur, saya lebih suka menu yang praktis, sehingga menyiapkannya tak butuh waktu lama. Saya menghindari masak saat sahur. Sebisa mungkin makanannya sudah siap saji, tinggal dipanaskan sebentar. Atau bikin santap sahur simpel, seperti yang sudah saya jalankan selama ini.

Menu sahur sehat agar tidak lemas

Saya biasa sajikan oatmeal di dalam gelas atau jar lalu beri susu dan 3 biji kurma

Sejak merasakan manfaat menyantap havermut atau oatmeal saat sahur, saya jadi ketagihan. Saya sudah terbiasa makan sahur pakai havermut sejak masih gadis. Mama bilang, sahur pakai oatmeal bikin perut ngga gampang keroncongan. Memang benar, rutin setelah makan sahur pakai havermut perut anteng selama puasa.

Saya pilih oatmeal instan supaya cepet dihidangkan untuk sahur. Biasa dimakan bersama susu dan 3 buah kurma. Kebanyakan orang menjadikan kurma sebagai takjil buka puasa. Sedangkan saya lebih suka makan kurma di pagi hari sebelum beraktivitas.

Kandungan karbohidrat dan mineral dalam kurma mampu menjaga energi tubuh selama puasa. Juga bermanfaat mencegah dehidrasi, tentunya dibantu minum air mineral minimal 500ml saat sahur.

Anggaran yang dihabiskan untuk menyantap menu havermut, susu dan kurma ini tak lebih dari 10 ribu. Perkiraan saya sekitar 8.500 rupiah. Bisa untuk santap sahur bersama pasangan.

Menu takjil sehat nan segerr

Saat buka puasa tak lengkap rasanya bila tak minum yang seger-seger. Apalagi cuaca sekarang matahari sedang terik-teriknya. Biasanya saya dan suami buka puasa dengan teh manis hangat baru dilanjutkan minuman menyegarkan lainnya.

Segarnya buka puasa pakai sop buah-buahan

Minuman Favorit kami yaitu sop buah susu. Buah-buahannya pakai buah naga, buah apel, semangka, melon, pepaya lalu ditambahkan jelly, susu, sirup, dan es batu. Rasanya segerr. Supaya hemat, masing-masing buah-buahannya beli satu buah atau buah yang sudah diiris penjual kemudian potong kecil-kecil.

Anggaran untuk bikin sop buah ini emang agak lumayan, mengingat buah-buahan di saat bulan ramadan harganya naik. Perkiraan budget yang digunakan sekitar 35-40 ribu rupiah.

Menu buka puasa enak

Suami suka sekali makan gorengan, karena harga minyak naik saya akali pakai menu buka puasa minim minyak. Seringnya suami minta dibikinkan mie instan, mungkin udah ngerasa kenyang duluan melihat bakul nasi beserta lauk pauk di meja makan.

Gimana nampak menggiurkan bukan dan dan noodle?

Akhirnya saya bikinkan mie yang terinspirasi dari resep dan dan noodle yang dimasak oleh Nadya Master Chef Indonesia 8. Saya sendiri belum pernah makan dan dan noodle jadi penasaran sama rasanya, karena memakai bumbu yang tak pernah saya pakai sebelumnya, seperti tahini, andaliman, dan saus XO.

Akhirnya saya bikinkan mie yang terinspirasi dari resep dan dan noodle yang sukses dapat pujian dari Chef Juna, Chef Arnold, dan Chef Renata. Saya sendiri belum pernah makan dan dan noodle jadi penasaran sama rasanya, karena memakai bumbu yang tak pernah saya pakai seperti tahini dan andaliman.

Bahan Dan Dan Noodle yang harus disiapkan

Bahan saus
2 sdm andaliman, sangrai dan ditumbuk halus
2 sdm saus XO (terbuat dari bawang merah, bawang putih, cabai merah, ebi, ikan, kecap ikan)
2 sdm tahini (terbuat dari wijen)
2 sdm saus hoisin
2 sdm saus tiram
2 sdm kecap asin

Bahan daging
2 ruas bawang putih
1 ruas jahe
mie
sayuran (bisa pak choy, sawi, bok choy)
gula
garam
lada

Cara membuat dan dan noodle:

1. Masak semua bahan saus lalu sisihkan.
2. Masak daging ayam dengan sedikit minyak, bawang putih, jahe, garam, dan lada sampai matang lalu tiriskan.
3. Rebus mie dan sayur pak choy hinga matang lalu tiriskan.
4. Masak mie dengan bahan saus sebentar untuk mencampurkan bumbu saus kedalam mie. Kemudian aduk rata.
5. Beri toping ayam dan sayuran selanjutnya dan dan noodle siap dihidangkan.

Rasa dan dan noodle ini berbeda dengan mie ayam yang pernah saya makan. Rasanya agak tajam yang berasal dari rasa andaliman dan bumbu lebih creamy. Khas masakan cina. Buat pecinta mie, wajib coba.

Angaran buat masak dan dan noodle kurang lebih 50 ribu.

Jadi total untuk sahur dan buka puasa 8.500+40.000+50.000=98.500 udah bisa bikin menu enak dari sahur sampai buka puasa.

Semoga sajian menu sahur, takjil, dan buka puasa kali ini bisa menginspirasi Teman KeluargaMulyana yang ingin menyiapkan hidangan sehat dan hemat. Semoga ibadah kita semua dilancarkan Sang Pencipta. Aamiin.

17 Replies to “Inspirasi menu sahur dan buka puasa enak, kurang dari 100 ribu”

  1. Waaah resep mie nya bakal aku coba mbaaaa. Kebetulan sebagai orang Batak, andaliman mah slalu ada di stok bumbu ๐Ÿ˜‚. Ga mantap rasanya sambal tanpa andaliman ๐Ÿ˜. Tahini yg aku baru denger skr. Ntr mau cari juga.

    Beberapa inspirasi menunya bisa nih diikutin. Aku sbnrnya tipe yg simple kalo buka puasa. Suami juga LBH sering buka di kantor, makanya males bikin yg macam2. Yg paling sering malah langsung makan malam kalo udh waktunya buka. Sesekali lah beli bukaan, itu juga Krn anak2 minta ๐Ÿ˜„

  2. saya klu berbuka suka dengan buah buahan selain kurma
    biasanya bikin sop buah atau kadang buah polos gitu aja
    klu sahurnya makannya oatmeal dan buah
    kalau kadang pengin seger2 bikin mie rebus juga

    1. Wah.. sahurnya pakai mie mba?
      Selama puasaan ini pengennya makan yang seger-seger soalnya cuaca lagi terik-teriknya.
      Jadi buka puasa sama sahur pakai buah itu menyegarkan bangett

  3. Wah, yang sop buah susu bener banget nih! Bikinnya gampang dan murah lagi!

  4. […] ramadan tahun ini kesibukan saya bertambah. Disamping mengurus anak-anak, update blog, masak untuk menu buka puasa dan sahur favorit. Tahun ini pertama kalinya saya bikin kue lebaran untuk stok di rumah, dibagikan ke keluarga, dan […]

Tinggalkan Balasan