Menu lebaran keluarga 2022

menu lebaran 2022

Menu lebaran 2022 tak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya sebelum pandemi menyerang. Mama saya suka masakin menu kaya lemak dan protein, sekalian kasih asupan gizi buat anak dan cucunya. Sebelum kami sampai, biasanya mama sudah masakin rendang, ikan woku, ikan goreng, pecel, ayam bumbu kecap, opor ayam, pokoknya menu kesukaan kami. Kalau menu lebaran untuk anak-anak, ngga jauh-jauh dari bakso.

Resep rendang

Membuat rendang ini emang butuh effort gede, karena masaknya agak lama agar ketika digigit dagingnya empuk, ngga alot. Selain itu supaya bumbu betul-betul meresap dan bumbunya mengering.

Dulu waktu kuliah, sepulang mudik dibawain rendang buat dimakan bersama anak kos. Rendangnya tahan lama dan ngga bau meskipun tak dipanaskan lebih dulu. Ternyata rahasianya ada pada cara memasaknya.

Semakin kering dan lama memasaknya, semakin awet rendang yang dihasilkan. Rendang bisa awet sampai 15 hari tanpa dipanaskan.

Kriteria rendang enak

Buat saya rendang yang enak itu harus memenuhi beberapa kriteria:
Daging harus empuk, bumbunya merasuk ke dalam daging
Tidak terlalu pedas, karena saya kurang begitu suka rasa asli rendang padang yang aslinya pedas.
Bumbu rendang berwarna hitam. Semakin lama proses memasak rendang, bumbunya lama kelamaan akan berwarna hitam. Tergantung juga pada kelengkapan rempah kering yang dipakai.
Rasa rempah-rempahnya pas, tak ada rasa yang paling menonjol.

Mama sudah siapin rendang buat lebaran 2022, ini kiriman foto dari mama.

Sekarang mari mulai masak yukk..


Bahan rendang sapi

600 gr daging sapi
5 siung bawang putih
7 siung bawang merah
5 butir kemiri
8 cabai keriting merah
2 cabai merah
3 cm jahe
80 ml minyak kelapa
2 batang serai, potong dan geprek
1 lengkuas, iris dan geprek
5 lembar daun jeruk purut
2 lembar daun kunyit
1 lembar daun pandan
3 lembar daun salam
500 ml air
500 ml santan kental

Bumbu rempah kering rendang:

1 sdm ketumbar bubuk
2 sdt lada putih bubuk
2 sdt jinten bubuk
¼ sdt kayu manis bubuk
1 sdt pala bubuk
1 sdt bunga lawang bubuk
1 sdt kapulaga bubuk
1 sdt cengkeh bubuk
1 sdt cabai bubuk
½ sdm garam
2 sdt gula
1 sdt kaldu jamur

Cara membuat rendang

1. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, cabai merah, cabai keriting merah, dan jahe menggunakan minyak kelapa
2. Campurkan daging dengan rempah kering lalu ratakan sambil dipijat-pijat, agar bumbu lebih meresap bisa dimarinasi semalaman dan ditambahkan garam
3. Panaskan wajan dan tuang bumbu halus, tambahkan serai, lengkuas, daun salam, daun jeruk purut, daun kunyit, dan daun pandan lalu tumis. Jangan sampai terlalu kering. Lalu masukkan daging yang sudah dimarinasi sampai tersangrai dengan baik lalu masukkan santan dan air kemudian aduk rata
4. Masukkan garam, gula dan kaldu jamur lalu masak hingga mendidih menggunakan api sedang lalu gunakan api kecil dan tutup wajan sambil sesekali diaduk dan masak hingga meresap
5. Saat air sudah akan habis, masak rendang dengan api kecil sambil terus diaduk-aduk hingga kering dan bumbu menempel pada daging
6. Rendang siap disajikan atau disimpan dalam wadah tertutup

Kalau Teman KeluargaMulyana merasa susah mencari bahan-bahan untuk membuat rendang, Temans bisa manfaatkan bumbu rendang yang sudah jadi, tinggal ditambahkan serai, lengkuas, daun jeruk purut, daun kunyit, daun pandan, daun salam, air, dan santan kental.

Resep Sambal Pecel

Berhubung kampung kami adalah kota yang terkenal dengan nasi pecelnya. Tiap pulang sholat Ied, kami langsung mampir sarapan ke warung pecel. Di rumah orang tua juga selalu nyetok sambel pecel, tinggal belanja sayur dan goreng lauknya.

Biasanya kami beli sambel pecel jadi yang bisa disimpan di dalam kulkas buat stok. Kalau Teman KeluargaMulyana kesulitan cari sambal pecel yang enak, bisa coba bikin sendiri. Siapa tahu bisa jadi ide usaha Teman KeluargaMulyana.

menu lebaran 2022
Sayuran pecel bisa memakai bunga turi, tauge, kacang panjang, sawi, dan sayuran lainnya

Bahan sambal pecel

500 gr kacang tanah disangrai atau panggang
130 gr cabai rawit merah
50 gr cabai merah keriting
11 siung bawang putih
1.5 sdm asam jawa
200 – 250 gula merah
3/4 – 1 sdm garam / sesuai selera
2 ruas kencur
17 lembar daun jeruk

Cara membuat sambal pecel

1. Sangrai bawang putih, cabe rawit, cabe keriting lalu tiriskan
2. Haluskan kacang tanah sangrai atau penggang, lalu angkat
3. Haluskan bawang putih, cabe, asam jawa, gula merah, kencur, daun jeruk, dan garam.
4. Masukkan kacang tanah sangrai atau panggang yang sudah dihaluskan ke dalam bumbu bawang putih, cabe, asam jawa, gula merah, kencur, daun jeruk, dan garam.
5. Bisa disimpan ke dalam kulkas.

Sebetulnya kacang tanah bisa saja digoreng, tapi jadi gampang bau tengik. Kalau disangrai atau dipanggang bumbu pecel jadi lebih tahan lama, tak cepet bau tengik. Selain itu, lebih sehat karena minim minyak. Tahu sendiri kan, minyak lagi mahal sekarang, jadi harus hemat minyak. Hihi

Seumpama Teman KeluargaMulyana ngga begitu suka sambal pecel yang pedas, tak perlu pakai cabai rawit.

Cara membuat sambel pecel ngga begitu sulit kan? Enaknya sambel pecel ini bisa buat cocolan lauk dan sayuran apa aja.

Nah, kalau Teman KeluargaMulyana punya menu lebaran 2022 yang wajib nanti? Atau udah masak dari hidangan lebaran dari sekarang?

3 Replies to “Menu lebaran keluarga 2022”

  1. Jarang banget pas lebaran dirumah bikin menu rendang, biasanya soto, rawon atau kare
    Pecel juga cukup sering dibikin buat menu sehari hari, karena bumbu pecelnya bikin sendiri juga mbak

  2. wah kalau aku resep andalan buat lebrana adalah agdo2 ayam khas Cirebon dengan kuah santan dan bumbu pecel. isinya suwiran ayam, toge, kentang dan tahu

  3. Kalo dulu Ama mama, udah pasti menu lontong Medan jadi menu wajib lebaran 😍. Favoritku dari dulu. Tapi sejak pindah ke Jakarta, ga pernah lagi sih ngerasain menu itu pas lebaran. Pertama memang ribet bikinnya, dan aku kayaknya ga terlalu tertarik juga belajar bikinnya, cuma suka makannya doang 🤣.

    Jadi tiap kali lebaran, lebih milih menu2 yg gampang dipesan mba. Kalo tahun ini aku pesen pempek dan tekwan dari temen. Pempek dan tekwan juga makanan fav ku sih dari dulu. Mau disuruh makan tiap hari kayaknya ga bakal bosen 😄😄.

Tinggalkan Balasan