Hindari Pemicu Kanker dengan Masak Nasi di Rice Cooker Sehat

tempat beras

“Ma… nasinya keras nih, masak nasi di rice cooker lagi gih”, pinta pak suami.
“Waduh.. eman padahal nasinya masih banyak lho yah!”
Biasanya bila nasi udah mengeras atau berair benyek akan berakhir di tempat sampah.
Kebiasaan mama dulu, bila nasinya keras dijemur dan dikasihkan ke tetangga buat di olah menjadi kerupuk karak. Nah, berhubung sekarang ngga ada tetangga yang butuh, berakhirlah di tempat sampah. Merasa sedih dan bersalah harus buang-buang nasi, padahal pak tani menanamnya susah payah. Huhuhu

Penyebab Nasi Tidak Awet dan Tidak Sehat

Beberapa penyebab nasi menjadi cepat mengeras atau malah berair antara lain:


Kualitas beras kurang baik

Sekarang ini ada beragam jenis beras dijual di pasaran. Sayangnya ada saja oknum nakal yang mencuri kesempatan untuk menjual beras berkualitas rendah namun dikemas sedemikian rupa sehingga nampak berkualitas. Sebagai konsumen, memang perlu tahu bagaimana ciri-ciri beras berkualitas bagus supaya tak mudah terkecoh.

Ciri-ciri beras berkualitas bagus


Tekstur beras baik
Beras yang bagus bisa dilihat dari bentuknya yang utuh dan tak patah. Ada beberapa penyebab beras menjadi mudah patah, seperti kurangnya kadar air gabah, belum cukup umur panen, pengaturan mesin penggilingan yang kurang tepat, pemakaian pupuk yang kurang tepat dan sebagainya.
Selain itu, hindari memilih beras yang diselimuti oleh tepung putih. Sebab biasanya beras tersebut sudah berjamur.


Tidak berbau apek
Beras yang sudah berbau apek biasanya adalah beras yang sudah lama diproduksi. Bila beras lama dimasak, akan mudah basi, tak pulen dan kurang enak. Beras yang bagus biasanya terlihat segar. Bila beras berbau wangi seperti wangi pandan, pastikan baunya masih normal dan tak menyengat.


Bebas kutu dan bahan kimia berbahaya
Hindari membeli beras yang terdapat banyak kutu, kerikil atau pasir di dalamnya. Sebab perlu usaha ekstra untuk menghilangkannya. Tapi beras yang ada kutunya justru menandakan beras tersebut aman dari pengawet, pewarna dan bahan kimia berbahaya lainnya.


Kurang bersih mencuci beras

Kurang bersih saat mencuci beras akan mengakibatkan kualitas beras menurun sehingga bakteri mudah menyatu. Hal ini yang menyebabkan nasi cepat basi. Saat mencuci sebaiknya beras dibilas berulang-ulang lalu diaduk-aduk hingga air menjadi bening. Bila air masih keruh, tandanya beras masih kotor.


Terlalu banyak memasukkan air saat memasak

Terlalu banyak memasukkan air saat memasak beras di rice cooker akan mengakibatkan nasi terlalu lembek sehingga nasi cepat basi. Pastikan takaran air pas saat memasak nasi, tak terlalu banyak dan tak terlalu sedikit. Biasanya saya memakai ukuran garis di jari tangan.

Cara agar nasi awet dan sehat

Setelah tahu penyebab nasi tak awet dan tak sehat, sekarang beralih ke cara supaya nasi tahan lama dan awet berikut beberapa hal yang harus dilakukan:


👍🏻 Simpan beras di tempat penyimpanan beras

Ingin kualitas beras tetap terjaga, saya beralih ke tempat beras Cosmos 007 Pundi. Sebelum punya sarana penyimpan beras Cosmos 007 Pundi, saya menyimpan beras di wadah plastik seadanya di rumah. Beberapa kali pernah dibiarkan dalam karung plastik beras atau glangsing. Diambil sedikit demi sedikit di bagian atas, saat akan dimasak. Kelemahannya, karena sering saya buka penutup tempat penyimpanan beras saat akan memasak nasi, binatang kecil seperti semut masih bisa masuk.

Saya kasih bocorannya dulu, kenapa puas memakai tempat beras Cosmos Pundi. Soalnya desain ramping dan simple. Tak memakan banyak tampat di dapur, harap maklum dapur saya minimalis alias sempit. Kombinasi warnanya putih dan tosca terlihat cantik, begitu pula motifnya bergambar pohon dan burung yang sederhana namun nampak manis. Saya kasih tahu beberapa kelebihannya tempat beras ini:

Tempat beras cosmos
Tempat penyimpanan beras cosmos 007 pundi


👍🏻 Memakai FIFO Technology (First In First Out)
Sehingga beras yang akan keluar lebih dulu yaitu beras yang masuk ke dalam tempat beras. Bila memakai tempat beras biasanya atau karung plastik, beras yang terambil lebih dulu adalah beras bagian atas. Sehingga beras yang masuk lebih dulu di bagian dasar akan tertimbun lama. Hal ini tak baik, sebab beras di bagian bawah berpotensi menjadi beras tak segar.


👍🏻 Punya takaran otomatis
Tiap menarik tempat beras Cosmos di bagian bawah, maka beras akan keluar otomatis sebanyak 130 gr. Saat tempat beras kembali dimasukkan, otomatis beras berhenti turun. Proses pengambilan beras menjadi lebih mudah dengan takaran otomatis.


👍🏻 Bentuknya compact sehingga tak memakan banyak tempat
Berhubung dapur saya sempit, saya ngga pengen nambahin barang lain yang berpotensi memakan banyak tempat di dapur. Untung aja, tempat beras Cosmos di desain langsing, namun mampu menampung beras hingga 7 kg. Cukup menampung beras tiap kali saya beli beras 5 kg an.


👍🏻 Dilengkapi anti slip
Sejak pakai tempat beras Cosmos, sekarang ngga ada lagi ceritanya beras tumpah saat menuangkan beras ke tempat beras akibat tempat beras yang bergeser. Anti slip di bagian bawah tempat beras Cosmos akan melekat kuat sehingga membantu tempat beras berdiri kokoh.


👍🏻 Bebas karat dan menjaga kualitas beras
Tempat beras Cosmos terbuat dari bahan plastik tebal, sehingga terhindar dari resiko berkarat. Selain itu tertutup rapat untuk menjaga beras tetap bersih, bebas kutu, bebas jamur dan kotoran lainnya.


👍🏻 Memasak nasi di rice cooker sehat

Masak nasi lebih sehat di apnci rice cooker anti gores

Selama ini saya pikir masak nasi di rice cooker anti lengket sudah cukup bagus. Pikiran saya berubah setelah baca artikel kesehatan tentang lapisan anti lengket yang ada di peralatan masak ternyata mengandung perfluorooctanoic (PFOA). Zat kimia PFOA ini bersifat karsinogen.

Tahu sendiri kan dampaknya, bila tubuh sehari-hari sering terpapar zat karsinogen bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Salah satunya penyakit kanker.

FYI, karsinogen bisa meningkatkan resiko perubahan sel-sel DNA, dampaknya bisa memicu penyakit kanker. Karsinogen banyak ditemui pada rokok, kosmetik dan makanan. Zat karsinogen tak selalu menyebabkan kanker, namun bila tertelan dan terpapar terus menerus menjadi karsinogenik.

Lapisan panci rice cooker anti lengket bisa mengelupas sehingga warna panci menjadi putih pada bagian yang telah terkelupas. Kami ngga tahu, lapisan anti lengket mengelupas dimana saja. Bisa terkelupas saat dibersihkan maupun saat memasak nasi. Yang berbahaya bila lapisan anti lengket ikut ke dalam nasi, sehingga ikut termakan.

Setelah membaca artikel tersebut saya jadi berpikir untuk segera mengganti panci rice cooker anti lengket di rumah. Akhirnya menjatuhkan pilihan ke rice cooker sehat Cosmos Harmond CRJ 6601 B. Saya pilih rice cooker berkapasitas kecil supaya porsi nasi cepat habis dalam sehari. Selain itu, pak suami lagi diet makan nasi, jadi saya ngga butuh masak nasi dalam jumlah banyak.


👍🏻 Setelah nasi matang, aduk nasi dalam panci rice cooker

Setelah nasi matang, buka tutup rice cooker biarkan beberapa menit hingga uap panasnya berkurang lalu aduk nasi di dalam rice cooker. Berfungsi mengeluarkan air yang terperangkap di antara butiran-butiran nasi, sehingga mempermudah penguapan air. Manfaatnya nasi menjadi lebih awet, tak cepat basi, dan tak cepat kering.


👍🏻 Tidak menyimpan nasi terlalu lama

Usahakan nasi selalu habis tiap hari sehingga nasi tak terlalu lama disimpan. Bila dalam sehari nasi tak habis, usahakan untuk selalu dihangatkan. Jangan menyimpan nasi di tempat terbuka dan menyalakan rice cooker terus menerus, sebab memudahkan nasi cepat kering dan nutrisinya hilang. Cukup hangatkan nasi 30 menit sebelum di makan.

Kenapa pilih rice cooker Cosmos Harmond?

Beberapa alasan kami beralih ke Cosmos Harmond yaitu:


👍🏻 Anti gores dan tidak mengelupas

Digosok memakai sikat besi tidak mengelupas dan tidak bergores sedikit pun


Berbeda dengan panci rice cooker anti lengket. Panci rice cooker sehat Cosmos Harmond tak mengelupas dan bergores sedikit pun meski disikat memakai sikat besi. Lapisan panci tetap aman dan mulus untuk jaga nasi sehat. Sebab memakai teknologi panci anti gores yang diproses melalui pendinginan hingga mendekati 0 derajat celcius sehingga panci rice cooker menjadi anti gores, tak mengelupas, awet dan lebih sehat.


👍🏻 Open matic
Saya sempat bertanya-tanya, kenapa rice cooker Cosmos Harmond CRJ 6601 B tak ada pegangan atau handle seperti desain rice cooker lainnya? Ternyata tutup rice cooker Cosmos Harmond di desain otomatis dan akan terbuka sendiri setelah dipencet. Sehingga tak perlu repot memegang penutup rice cooker.


👍🏻 Tongolan magicap
Lubang kecil di bagian atas rice cooker Cosmos Harmond berfungsi membuat nasi pulen.


👍🏻 Desain unik
Rice cooker Cosmos Harmond CRJ 6601 B di desain unik. Ada gambar mata di bagian tulisan cook dan warm. Anak-anak bilangnya mirip angry bird, setelah dilihat-lihat, bener juga sih. Beda sama desain rice cooker pada umumnya. Ada dua pilihan warna rice cooker yaitu warna putih dan hitam. Berhubung saya belum punya warna hitam, jadi saya pilih warna hitam.

Rice cooker Cosmos Harmond berdaya 300 watt, berkapasitas 0,8 liter, cukup untuk 5 hingga 6 porsi nasi. Sudah dilengkapi dengan gelas ukur dan sendok nasi dengan fungsi 3 in1: memasak, mengukus dan menghangatkan.

Saya punya resep masak nasi uduk di rice cooker nih!

Siapkan beras yang sudah dibersihkan untuk nasi uduk
nasi uduk rice cooker
Bahan membuat nasi uduk di rice cooker

Bahan nasi uduk
3 gelas beras
1/2 buah kelapa parut
2 batang serai
2 ruas jahe
2 ruas laos
4 lbr daun salam
3 lbr daun jeruk
1 sdm kaldu jamur

Bumbu halus
3 siung bawang merah
4 siung bawang putih
1 sdm garam

Cara masak nasi uduk


Lengkapnya bisa di tonton di video atas yaa..

Nah, itulah alasan saya beralih ke rice cooker sehat Cosmos Harmond dan tempat beras Cosmos. Bila tertarik memilikinya juga, kalian bisa membelinya di toko elektronik maupun secara online di Cosmos Official Store yang ada di berbagai market place mulai dari Lazada, Bukalapak, Shopee, Blibli, Tokopedia.

Kalau ingin tahu lebih jauh informasi seputar produk Cosmos bisa kunjungi Cosmos.id dan instagram @cosmosonline. Selain informasi produk, disana banyak tips dan resep bermanfaat. Sekarang giliranmu hidup sehat dimulai dari lebih perhatian saat memilih beras, masak nasi serta jaga nasi sehat untuk diri sendiri dan keluarga tersayang.

40 Replies to “Hindari Pemicu Kanker dengan Masak Nasi di Rice Cooker Sehat”

  1. rice cookernya lucu, pundi nya juga cantik warnanya. masuk ke rekomendasi aku nih buat ngisi dapur nanti hihi

  2. ya ampun ini rice cooker yang aku pengenin banget. warna hitam dan angry bird. aku sih selalu pake cosmos, karena emang terpercaya aja sih.

  3. Ternyata bagus ya RC yang angrybirds itu aku pikir selama ini bagus desain doank. Ternyata juga punya teknologi harmond yang antigores gtu ya mbak. Emang buat RC kudu pilih yang berkualitas supaya nasiyg dimasak sehat juga

  4. Kebanyakan air pun juga gak baik saat menanak nasi. Jadinya kudu memastikan airnya cukup dan pakai cosmos dong.

  5. Visya Al Biruni says: Balas

    Ya ampun aku baru tau ternyata pemilihan rice cooker berpengaruh banget ke kesehatan huhu. Emang bener harus jeli yaa jadi Ibu termasuk memilih rice cooker. Yang kecil begini kayaknya lebih cock buat keluarga kecilku, Yang sekarang kegedean banget hehe

  6. Kayaknya memang kudu punya rice cooker di rumah itu merek Cosmos ya biar tetap terjaga kualitas nasi yg kita komsumsi setiap harinya

  7. Aku punya rice cookernyaa hihi tapi belum punya tempat berasnya nih. Coba cari ahhh, jad pengen beli juga biar beras makin awet hehe

  8. Aku juga pakai cosmos harmond ini awet banget dan gak gampang kelupas. Untuk penyimpanan beras aku udah pakai yang model begini, bikin beras awet dan terjaga kualitasnya.

  9. pas banget aku lagi mau beli rice cooker nih… jadi ada gambaran deh mau beli yg merk apa nantii

  10. Setelah membaca artikel ini jadi ingat beras yang selalu sering cepat bau dan berair, apakah ini karena mencuci yang kurang bersih (memang disengaja). Saya pernah baca bahwa kalau mencuci beras itu yg terlalu berish karena nutrisinya akan banyak yg hilang, apakah ini benar?

Tinggalkan Balasan