Me time sederhana, bisa jadi mood booster ibu rumah tangga

mandi parfum

Bekerja 24 jam non stop tanpa hari libur, sudah saya jalani selama 4 tahun. Sebagian besar waktu dihabiskan di rumah, tenggelam dalam rutinitas harian mengurus pekerjaan rumah tangga. Merasa bosan dan jenuh? Pasti pernah. Tapi saya tak ingin menyerah dan berlarut-larut membiarkan perasaan sedih melanda. Meski terdengar mustahil, saya berusaha cari celah untuk me time saat anak-anak tidur. Supaya hati dan pikiran negatif lekas hilang. Tak perlu waktu lama, seperti menikmati segelas cokelat dan sepotong brownies hangat, mandi parfum pakai sabun kecantikan contohnya.

Ibu rumah tangga juga butuh me time

Walaupun tiap hari berada di rumah, bukan berarti ibu rumah tangga punya waktu luang leluasa untuk dirinya sendiri. Terutama bagi ibu rumah tangga yang mengurus anak dan rumah tangga sendiri, tanpa adanya bantuan dari keluarga atau asisten rumah tangga.

Dari survei yang dilakukan oleh Liputan 6 di tahun 2012 menyatakan bahwa 50 persen ibu rumah tangga mengalami stres. Sedangkan pada ibu bekerja, 48 persen mengalami stres. Emosi kemarahan muncul dari 19 persen ibu rumah tangga dan 14 persen ibu bekerja. Menurut jajak pendapat, ibu rumah tangga harus berusaha lebih keras mengatasi kesedihan, depresi dan kemarahan daripada ibu bekerja.

Tingkat stres yang tinggi pada ibu rumah tangga banyak dipicu oleh beberapa hal seperti masalah hubungan suami dan istri, hubungan ibu dan anak yang kurang harmonis, masalah finansial (keuangan), hubungan ibu dengan tetangga atau lingkungan, merasa tertekan hidup bersama mertua, hidup diikuti oleh saudara, tidak memiliki keturunan serta kejenuhan akan aktivitas yang dilakukannya sehari-hari dan terkadang berulang hingga akhirnya terkadang menimbulkan titik jenuh bagi ibu rumah tangga, menjadi ibu yang selalu berada dirumah tidak jarang melahirkan perasaan kurang puas terutama jika ibu mengalami keadaan jenuh dan ditinggalkan oleh anggota keluarga lainnya untuk beraktivitas diluar rumah yang akhirnya kesepian dan juga siklus kehidupan reproduksi perempuan juga sering menimbulkan gangguan stres. Misalnya saat menstruasi, hamil, menopause [1].

Dari berbagai alasan penyebab ibu rumah tangga stres di atas, alasan yang paling umum dan sering dialami yaitu perasaan jenuh dan lelah karena harus mengerjakan semua pekerjaan rumah sendiri.

Me time punya banyak manfaat nih!

Ada banyak manfaat me time yang bisa dirasakan setelahnya. Dari penelitian Washington University, Amerika Serikat, me time bisa membuat pikiran menjadi lebih jernih, menurunkan tingkat stres, menurunkan risiko penyakit jantung. Penelitian dari Europian Health Journal menyebutkan, seseorang yang merasa bahagia akan menurunkan resiko penyakit jantung hingga 22%.

Mungkin selama ini masih banyak orang yang mengganggap me time bagi ibu rumah tangga itu tak perlu, toh tiap hari di rumah pasti punya waktu banyak buat me time. Dari pengalaman menjadi ibu rumah tangga, punya waktu luang untuk diri sendiri itu waktunya sempit. Memang harus pintar curi waktu, saya biasanya meluangkan waktu me time saat anak-anak sedang anteng bobo.

Saya pilih me time yang mampu membawa perubahan diri sendiri menjadi pribadi lebih baik dari sebelumnya. Mengubah suasana hati, yang sebelumnya pengen ngamuk jadi lebih tenang, dari suasana hati sedih menjadi senang, dari males-malesan menjadi bersemangat.

Dimulai dengan me time dari hal sederhana seperti bangun lebih pagi sehingga punya me time sebelum anak-anak bangun. Saya sempatkan untuk sarapan pagi, mandi parfum, ngeblog, nyiapin sarapan keluarga. Saya juga letakkan aromaterapi di sudut rumah agar membuat penghuninya lebih rileks.

Mandi parfum bisa jadi mood boosternya ibu rumah tangga

sabun kecantikan
Cari me time yang bisa jadi mood booster

Manfaat mandi

Ritual mandi itu tak hanya bermanfaat membuat badan menjadi segar dan wangi saja. Yah, meski saya suka kedinginan mandi pagi pakai air dingin, sebetulnya mandi pagi pakai air dingin justru banyak manfaatnya lho!

Menurut penelitian, mandi air dingin di pagi hari bagus untuk kesehatan. Mandi pagi mampu meningkatkan energi, mengurangi gejala depresi, memperbaiki suasana hati, meningkatkan daya tahan tubuh dan melancarkan sirkulasi darah.

Manfaat parfum


Menurut Rachel Sarah Herz seorang psychologist and cognitive neuroscientist asal Canadian, American menyebutkan aroma wangi punya beragam manfaat antara lain meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan percaya diri, mengatasi stres, menjaga suasana hati agar rileks.

Bila ritual mandi parfum dilakukan maka manfaat yang didapatkan tentu lebih besar dibandingkan mandi biasa.

Saat menghirup wangi parfum saat mandi parfum, aromanya akan memasuki rongga hidung lalu merangsang sistem saraf di otak yang berperan untuk mengatur emosi.

Aroma dari parfum sabun kecantikan dapat merangsang area hipotalamus di otak untuk memproduksi hormon serotonin yang bisa memperbaiki suasana hati. Yang tadinya males dan lemes jadi lebih rileks dan semangat setelah mandi parfum sekaligus menghirup wangi glamor dari sabun kecantikan.

Mandi parfum dengan 3 varian sabun kecantikan Vitalis Body Wash


🥛🐄 Vitalis Body Wash White Glow Skin Brightening


Vitalis Body Wash White Glow Skin Brightening

Kemasannya bewarna merah muda. Begitu saya hirup di bagian tutup botolnya semerbak wangi perpaduan buah ceri dan raspberry disertai wangi khas taman menyeruak masuk ke hidung. Wanginya khas parfum glamor beda sama wangi sabun kebanyakan.

Bila tiap hari rutin mandi parfum pakai Vitalis Body Wash White Glow, lama kelamaan kulit terlihat lebih terawat, tampak cerah, waktu dipegang pun lebih halus dan lembut.

Vitalis Body Wash White Glow mengandung licorice atau populer disebut akar manis ini dipercaya mampu memperbaiki kondisi kulit akibat terpapar sinar matahari. Selain itu mengandung susu yang bagus untuk melembabkan kulit, mencerahkan kulit, mengecilkan pori-pori kulit, mampu membersihkan sel kulit mati sehingga kulit halus, lembut dan cerah.


🍊🌿 Vitalis Body Wash Fresh Dazzle Skin Refreshing

Saat membaca label Vitalis Body Wash Fresh Dazzle bewarna tosca, mengandung ekstrak yuzu orange dan green tea, yang terbayang di pikiran saya pasti wanginya seger. Wanginya memang beneran seger dan glamor setelah saya hirup di bagian tutup botol.

Tak hanya kaya vitamin C dan antioksidan alami, buah yuzu juga mampu memperbaiki suasana hati. Dari penelitian yang dilakukan tahun 2017 lalu, buah yuzu bisa memperbaiki suasana hati perempuan yang sedang mengalami premenstrual syndrome (PMS).

Selain mengandung buah yuzu, Vitalis Body Wash Fresh Dazzle juga mengandung green tea yang terkenal punya antioksidan tinggi. Green tea atau dikenal sebagai teh hijau ini juga mampu melembabkan dan melembutkan kulit, mencerahkan kulit.


🥑💐 Vitalis Body Wash Soft Beauty Skin Nourishing

Saat melihat botol kemasan Vitalis Body Wash Soft Beauty yang bewarna ungu tua memang kesannya terlihat glamor. Setelah saya hirup wangi Vitalis Body Wash Soft Beauty di bagian tutup botol, wanginya glamor perpaduan wangi rose, violet, tonka been dan sandalwood.

Mengandung ekstrak alpukat yang mampu melembabkan kulit serta menghaluskan kulit. Selain itu terdapat vitamin e, yang kaya antioksidan dan menangkal radikal bebas. Sehingga kulit menjadi sehat, lembab dan halus setelah mandi parfum memakai Vitalis Body Wash Soft Beauty.

Pengalaman mandi parfum bersama sabun kecantikan Vitalis Body Wash

Dari hamil si twins, saya sangat suka wangi aromaterapi. Saya taruh di kamar dan membawanya kemana pun saat bepergian. Begitu mendengar Vitalis mengeluarkan produk baru sabun kecantikan beraroma parfum glamor Vitalis Body Wash, tanpa pikir panjang langsung saya cari di minimarket dekat rumah dan syukurlah ada.

mandi parfum murah
Ketemu Vitalis Body Wash di rak sabun minimarket Indomaret dan Alfamart deket rumah

Begitu mencoba mandi parfum dengan tiga varian sabun kecantikan Vitalis Body Wash, saya langsung jatuh cinta sama wanginya yang glamor, berbeda dengan wangi sabun kebanyakan. Wanginya khas parfum premium, bisa jadi mood booster tiap hari buat saya. Wanginya cukup tahan lama, saat saya cium tangan saya setelah mandi parfum, wanginya tetep nempel. Wangi kamar mandi juga jadi seger setelahnya.

Warna sabun kecantikan Vitalis mewakili dari tiap kemasannya. Bewarna sedikit pink untuk Vitalis Body Wash White Glow. Bewarna sedikit tosca untuk Vitalis Body Wash Fresh Dazzle dan bewarna sedikit keunguan untuk Vitalis Body Wash Soft Beauty.

Teksturnya ringan, sehingga mudah dituang dan gampang diratakan di shower puff hingga berbusa maupun di tangan. Busanya lembut melimpah ruah.

Kulit terasa lebih lembut dan sehat setelah mandi parfum. Biasanya setelah mandi kulit saya menjadi kering, harus diolesi body butter atau minyak zaitun supaya lembab. Lain halnya setelah rutin mandi parfum pakai Vitalis Body Wash. Setelah saya pegang, kulit terasa lebih lembut, wangi dan cerah. Soalnya di tiap varian sabun kecantikan Vitalis Body Wash sudah ada moisturizernya.

Dengan banyaknya manfaat yang saya dapatkan untuk diri sendiri, harga Vitalis Body Wash ini bisa dibilang cukup terjangkau dan mudah dibeli di minimarket terdekat.

Nah, buat ibu rumah tangga yang bingung memilih aktfitas me time, mandi parfum pakai sabun kecantikan Vitalis Body Wash bisa jadi pilihan tepat deh. Badan jadi lebih seger, kulit jadi lebih sehat, halus dan lembut. Mood juga lebih bagus setelah menghirup wangi glamor saat mandi parfum.

Kalau me time favoritmu di rumah apa nih? Boleh ceritain di komen ya.

Sumber referensi

[1] Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi Vol. 3 No. 1 April 2014 Universitas Negeri Jakarta.

41 Replies to “Me time sederhana, bisa jadi mood booster ibu rumah tangga”

  1. Aku udah coba kak ke 3 variannya bener bngt bikin tubuh harum dah gitu kulit jd lembut dn lembab Suka Aku sama vitalis parmufed moisturizing body wash ini

  2. Aku tipe yg mengutamakan parfum body wash adalah segalanya. Jadi kalo sabun gak wangi, aku gak mau pake :))
    Dan Vitalis body wash ini aku blm pernah coba nih. Kalo body parfumnya udah pernah.

  3. Lina W. Sasmita says: Balas

    Waaah ternyata tingkan stress ibu rumah tangga lebih besar dibanding ibu bekerja di luar ya. Hmmm jadi pertanyaan besar nih, apa yang mendasari tingkat stress itu ya?

  4. Pentingnya menjaga keharmonisan dan kewarasan sang Ibu di dalam rumah yaa..
    Sehingga tercipta perdamaian dan suasana yang kondusif.
    Hehhe…apa ini?

    Pokonya kalau sudah wangi segar Vitalis, pastilah jadi mood boaster tersendiri untuk sang Ibu.

  5. Kalau mandi langsung wangiiii kayak pake parfum di sekujur badan gitu yha udah pasti nyenengin bangeettt. Malah ketagihan jadi pengen mandi terus ga sih Maaak xD

  6. Aku selalu kagum dengan ibu rumah tangga yang tidak bekerja atau bekerja di rumah. Selalu kagum dengan cara membagi waktunya dan cara manajemen stresnya.
    Dan iyap bener, semua ibu butuh me time, sekalipun itu ibu rumah tangga

  7. Ibu rumah tangga memang lebih rentan stress karena pekerjaan yang dihadapi itu-itu saja dan seperti tidak ada habisnya. Kalau ibu bekerja meskipun bisa stress tapi dia masih bertemu banyak hal di luar sana. Jadi sepakat me time sangat perlu untuk mengembalikan kewarasan ibu rumah tangga. Mandi dengan sabun yang memiliki aroma yang disuka bisa menjadi salah satu terapi juga. Keharuman vitalis memang menyegarkan, saya juga sudah mencobanya

  8. Sepakat nih IRT hrus lbh bxk dan bisa menjaga stress. Dan salah Satuny ber me time. Aq pribadi me time suka shopping dan merawat diri sendiri, sprti ada kepuasan tersendiri. Btw baru mw coba nih vitalisnya

  9. Aahh iya bener, me time tuh bisa dilakukan dengan cara yang sederhana. Salah satunya ya dengan menikmati saat-saat mandi. Ditemani dengan wangi parfum Vitalis ini ya tentu mood bakalan meningkat pesat

  10. Me time sepertinya jadi sesuatu yamg penting khususnya buat mama-mama yang gak punya banyak waktu buat sendiri. Btw, aku penasaran sama si Vitalis, teman-temanku bilang wanginya enak dan lumayan tahan lama.

Tinggalkan Balasan