Kue kering lebaran 2022

kue lebaran 2022

Kue kering lebaran 2022. Alhamdulillah, sudah masuk ke 10 hari puasa akhir menjelang lebaran. Gimana persiapan Teman KeluargaMulyana menyambut lebaran tahun ini? Udah punya stok kue kering lebaran? Jika tahun-tahun sebelumnya, saya selalu beli kue lebaran di toko camilan langganan dan dari teman. Tahun ini berbeda, saya menantang diri sendiri bikin kue kering. Ingin lebih puas ngemil kue kering sekaligus ingin berbagi ke keluarga, kerabat, dan saudara. Tapi tetep ngemil bijak biar ngga tambah melebar ke samping. Mudah-mudahan hasil karya cookies saya bisa dinikmati siapa saja yang memakannya. Aamiin.

Kue kering yang wajib ada saat lebaran 2022

Kalau sebagian besar orang menjatuhkan pilihan ke kue nastar, kastengel, putri salju, dan lain sebagainya. Kue yang wajib ada di keluarga kami yaitu kue yang memang jadi favorit kami dan anak-anak, sehingga pasti laris manis, ngga bertahan lama dipajang di toples meja.

Sebetulnya ada beberapa kue kering yang rutin kami beli untuk stok lebaran seperti kue lidah kucing, kue putri salju, kue sagu keju, dan kue kering cokelat koko krunch. Kali ini saya mau bikin dua diantaranya, yaitu kue sagu keju dan kue kering cokelat koko krunch.

Kue kering cokelat koko krunch

Pertama kali lihat kue kering koko krunch diantara etalase camilan kue kering saya langsung tertarik pengen coba dan ternyata enakk bikin nagih. Ngga semua toko kue menjual kue cokelat koko krunch, toko kue langganan saya aja juga ngga selalu nyetok kue ini. Pernah beberapa kali nyariin ke toko camilan langganan, sedihnya ngga ada stok satu pun a.k.a kosong.

Tak ingin larut dalam kesedihan berkepanjangan, kenapa tak dicoba bikin sendiri, toh bahan-bahannya juga mudah.*kata suara hati. Setelah bikin sendiri, ternyata ngga seribet yang saya bayangkan. Paling-paling dark chocolatenya aja yang kegosongan akibat suhunya terlalu panas saat dilelehkan. Sisanya beres kok! Asek.

Bahan kue kering koko krunch

330 gr mentega blue band cake and cookies
180 gr gula halus
150 gr Dark Compound Choholate coklat blok dilelehkan
2 kuning telur
500 gr tepung terigu kunci (protein rendah)
30 gr coklat bubuk
40 gr tepung maizena
30 gr susu bubuk
Koko krunch secukupnya untuk hiasan

Cara membuat kue kering koko krunch

1. Aduk mentega dan gula halus sampai adonan tercampur rata. Tuang kuning telur lalu aduk perlahan hingga kuning telur larut.
2. Di wadah yang berbeda, tuang tepung terigu, tepung maizena, susu bubuk, cokelat bubuk kemudian aduk merata.
3. Tuang tepung yang sudah tercampur bahan-bahan ke dalam adonan basah (mentega, gula halus, telur) dengan cara diayak dimasukkan sedikit demi sedikit sambil terus mengaduk adonan.
4. Bila adonan kering dan basah sudah tercampur rata, maka saatnya memasukkan lelehan DCC ke dalam adonan hingga tercampur rata.
5. Saatnya mencetak kue, caranya dengan sendok kecil lalu bikin bulat kecil. Di bagian atasnya beri koko krunch.
6. Panggang kurang lebih 30 menit suhu 130 derajat celcius atau bisa disesuaikan dengan oven Teman KeluargaMulyana. Siap disajikan

Kue kering sagu keju

Saya baru tahu kue sagu keju itu ternyata tak terbuat dari tepung sagu asli. Sebab tepung sagu asli agak susah didapatkan di Jawa. Pohon sagu banyak tumbuh di Wilayah Indonesia Timur, seperti Maluku, Papua, Nusa Tenggara.

Untuk menyiasatinya sebagian besar orang menggantinya dengan tepung tapioka sagu tani, yaitu tepung tapioka berkualitas premium. Cara membuatnya agak sedikit lebih ribet dan tricky dibandingkan dengan kue kering cokelat koko krunch, sebab tepung tapioka harus disangari terlebih dulu agar hasilnya lumer ketika dimakan.

Bahan sagu keju

250 gram tepung sagu tani / tapioka biasa (berat setelah disangrai)
2 lembar daun pandan
125 gram margarin
90 gram gula halus
1 kuning telur
65 ml santan kental (santan kemasan tanpa dilarutkan)
75 gram keju parut

Cara membuat sagu keju

1. Sangrai tepung tapioka bersama daun pandan hingga tekstur tepung nampak seperti pasir.
2. Aduk margarin dan gula pasir sampai tercampur rata.
3. Tuang telur, santal kental, keju parut aduk sampai merata.
4. Cetak semprit keju ke dalam loyang. Panggang ke dalam oven selama 30 menit, suhu 130 derajat celcius atau bisa disesuaikan dengan oven Teman KeluargaMulyana. Siap disajikan.

Kedua resep kue kering ini bisa menghasilkan sekitar 5 toples ukuran 250 gr, lumayan bisa buat stok di rumah dan hamper buat orang tersayang.

Kalau kue kering yang wajib ada saat lebaran versi Teman KeluargaMulyana apa?

4 Replies to “Kue kering lebaran 2022”

  1. 1-1 nya kue kering yg mau aku masak sendiri cuma si kokocrunch itu mba ๐Ÿคฃ. Lainnya beli aja lah, malah mubazir kalo aku bikin sendiri wkwkwkwkw. Gagal ntr ๐Ÿ˜.

    Tapi kalo kue wajib di keluargaku, itu udah pasti kue kastangel (buatku), nenas (si adek) , lidah kucing (si adek dan Kaka) , putri salju (si Kaka) ๐Ÿ˜„. Bapaknya cheesectisk. Kebetulan Krn udah ada langganan, jadi tiap THN selalu mesennya Ama dia lagi. Itu kue wajib doang.

    Tapi kalo misalnya si seller berkreasi bikin varian baru, aku suka tuh coba2. Kalo enak, jadi kue wajib juga di tahun depan hahahahah

    1. Tiap anggota keluarga punya kue favoritnya masing-masing yak..
      Berarti mba Fanny seneng kue yang cenderung asin keju itu yaa?
      Syukurlah pas banget ngiriminnya. Wkwk

      Aku juga suka putri salju, moga tahun depan bisa bikin lebih banyak variasi kue kering. Aaamiin

  2. nggak ada persiapan khusus dirumahku mbak,
    rencananya nanti mau bikin nastar sendiri, tapi ibu masih repot. Nanti pas mau deket deket lebaran, mepet banget ๐Ÿ˜€
    aku biasanya doyan kue kue yang coklat, enak aja, manis, koko krunch suka, tapi jarang aku temui

  3. […] update blog, masak untuk menu buka puasa dan sahur favorit. Tahun ini pertama kalinya saya bikin kue lebaran untuk stok di rumah, dibagikan ke keluarga, dan beberapa […]

Tinggalkan Balasan