KRAFT Crolette, inspirasi menu ramadan praktis dari keju cheddar

kraft crolette menu ramadan

KRAFT Crolette, inspirasi menu ramadan praktis dari keju cheddar. Puasa sudah sampai di pertengahan jalan, gimana puasa Teman KeluargaMulyana? Masih lancar sampai sekarang? Alhamdulillah. Tahun ini saya mulai mengajarkan anak puasa, karena di sekolah kakak juga mulai diajarkan latihan berpuasa. Agar kakak puasanya semangat, saya usahakan menghidangkan menu sahur dan buka puasa spesial yang anak suka dan ia minta. Mau minta dibikinin martabak manis ayok. Minta kentang keju oke. Minta salad buah, bisaa. Selama ngga minta candi, bisa diusahakan lah ya.

Belajar puasa untuk anak

Baca di postingan instagram dokter indonesia bertauhid tentang apakah anak kecil boleh puasa? Membuka wawasan saya tentang aturan berpuasa untuk anak-anak. Di postingan tersebut dijelaskan, tak ada patokan uisa berapa harus mengajarkan puasa. Bila anak sudah bisa diajak komunikasi dua arah dengan baik meskipun masih dalam tahap usia tumbuh kembang dan sudah melewati masa growth spurt maka anak sudah bisa diajak puasa. Sebab tubuh punya mekanisme penyeimbang atau homeostatis.

Yang perlu diperhatikan saat anak puasa

Asupan nutrisi tak boleh ada perbedaan jumlah nutrisi antara sebelum dan ketika berpuasa untuk memenuhi kebutuhan gizi tumbuh kembangnya.

✔ Kebutuhan air harus terpenuhi. Pastikan saat buka puasa dan sahur, anak minum cukup air mineral agar tak dehidrasi.

✔ Aktifitas fisik perlu diperhatikan saat puasa, agar anak tak mudah merasa lapar sebaiknya perbanyak gerak di waktu menjelang buka puasa.

✔ Waktu tidur anak jangan terlalu malam. Setelah sholat isya usahakan segera tidur, agar saat mudah dibangunkan saat santap sahur. Usahakan anak jangan sahur terlalu mepet imsyak, agar makannya tak terburu-buru.

✔ Perhatikan tanda bahaya yang dialami anak. Bila si kecil mengalami hipoglikemia (lemas, berkeringat, dingin, pusing, mata kabur, sangat lapar, gemetaran), muntah-muntah, demam, tanda dehidrasi (mata cekung, mukosa mulut, lidah kering, tidak pipis seharian) sebaiknya segera ambil tindakan.

Mengajarkan anak puasa

Mengajarkan anak puasa dimulai dari menjelaskan pemahaman tentang puasa, cara berpuasa, syarat puasa, apa yang boleh dan tak boleh dilakukan selama berpuasa, selalu tekankan bahwa puasa tak hanya menahan lapar dan dahaga, akan tetapi juga menahan hawa nafsu untuk marah dan mengandalikan diri.

Jelaskan bahwa anak sedang latihan puasa, bukan puasa setengah hari. Sebab sesungguhnya puasa setengah hari itu memang tak ada kan.

Menu sahur untuk anak

✔ Dianjurkan mengonsumsi makanan dan minuman yang bisa membuat kenyang lebih lama, seperti protein dan sayuran.

✔ Jangan lupa minum susu dan mengonsumsi produk olahan susu.

Anak-anak suka banget dengan menu makanan yang ada kejunya. Makannya jadi lahap. Sejak direkomendasikan dokter tumbuh kembang, saya jadi selalu nyetok keju di rumah. Kelebihan keju itu bisa dijadikan menu apa aja.

Mengingat sekarang banyak keju beredar di pasar, Teman KeluargaMulyana harus lebih jeli dan pintar saat memilih keju cheddar. Pastikan di bagian awal komposisi adalah keju cheddar, bukan tepung dan air. Sebab komposisi utama adalah bahan yang paling banyak digunakan dalam keju tersebut.

Pilih KRAFT Cheddar #KejuAsliCheck

Sebagai pelopor keju di Indonesia, rasa KRAFT Cheddar itu terbukti konsisten enak dan terasa kejunya. Bikin hidangan apa pun terasa lebih mantapp. Selain itu, KRAFT terus berinovasi dengan berbagai kemasan agar bisa menjangkau masyarakat lebih luas.

Saat ini KRAFT Cheddar sudah hadir dalam tiga kemasan, yatu. 160 gr, 70 gr, dan 30 gr. Saya seneng KRAFT Cheddar mengeluarkan kemasan KRAFT Cheddar mini, harganya terjangkau cuma lima ribu rupiah, pas untuk bekal dan camilan si kecil.

Beberapa kali lihat postingan Crown Omelette (Crolette) di TikTok dan instagram, membuat saya penasaran ingin mencobanya. Sebab nampak menarik, bikin anak-anak penasaran mau melahapnya. HIHI. Ternyata ada challenge bikin Crolette berhadiah di instagram kraft_id. Tertang ingin mencobanya, akhirnya saya ikut challengenya.

Urutan pertama kompoisi KRAFT Cheddar adalah Keju Cheddar, BUKAN air atau tepung. Menandakan #KejuAsliCheck

Setelah beberapa kali percobaan akhirnya saya berhasil bikin KRAFT Crolette yang cantik dan sukses bikin anak-anak semangat mau makan. HIHI

Anti gagal masak KRAFT Crolette

Bahan KRAFT Crolette ini memang praktis, cuma telur dan KRAFT Cheddar. Tapi butuh beberapa trik agar Crown bisa berdiri tegak sempurna seperti di gambar atas. Akhirnya saya mempraktikkan resep dari Amritsaraje yang ada di instagram kraft_id dan langsung berhasil.

Tips dan trik masak KRAFT Crolette

Pastikan wajan yang dipakai untuk memasak adalah wajan anti lengket, agar Crown bisa terangkat sempurna tanpa patah. Lumuri dengan sedikit mentega atau minyak sebelum memasak Crown.

Taburi kejunya merata, jangan bolong-bolong dan menumpuk di satu sisi.

Jangan terlalu lama memasak Crown, sebaiknya dimasak sekitar 2 menit. Kalau bagian pinggiran sudah bisa dilepas, bisa diangkat.

Untuk menghindari gosong, jangan nyalakan api kompor jika proses menaburkan keju cheddar belum selesai. Sebaiknya selesaikan dulu keju parutnya, baru nyalakan api kompor. Crown dimasak dengan api kecil-sedang.

Bahan KRAFT Crolette

Bahan membuat KRAFT Crolette ini mudah dan bahannya tersedia di rumah Teman KeluargaMulyana. Cukup sediakan telur dan kraft cheddar aja. Saya pakai keju kraft cheddar mini (30 gr) beli di toko dekat rumah.

resep KRAFT CROLETTE
Bahan #KRAFTCrolette
2 butir telur
2 kemasan @kraft_id cheddar mini 30 gr
1/2 batang daun bawang
1/4 sdt kaldu jamur
1/4 sdt lada bubuk
Mentega untuk menumis

Cara membuat KRAFT Crolette

Resep KRAFT Crolette yang saya buat ini bisa untuk 2 porsi lho!

Agar lebih jelas Teman KeluargaMulyana bisa menonton langsung video cara membuat Crolette

1. Lumuri wajan pan dengan mentega. Kocok 2 telur, kaldu jamur, lada, daun bawang sama merata lalu tuang ke dalam pan wajan. Masak sampai matang lalu gulung telur. Tiriskan
2. Lumuri wajan pan dengan mentega. Parut kejucheddar ke dalam pan wajan secara merata, lalu nyalakan api sedang.
3. Taruh omelette di tengah-tengah taburan keju, lalu tutup pan wajan sampai keju matang. Biarkan hingga 2 menit.
4. Bila keju sudah mulai mengeras dan bisa diangkat, segera angkat perlahan. Mulai dari samping lalu ke bagian omelette.
5. Angkat omelette, biarkan 30 detik sisi samping kanan kiri terjatuh ke bawah dan kaku agar membentuk crown. Bila sudah kaku siap dibalik dan disajikan.

Kenapa harus memasak Kraft Crolette dengan KRAFT Cheddar

Melihat anak-anak lahap memakan Crolette membuat saya senang dan puas, ingin membuatkannya lagi untuk anak-anak saat sahur. selain rasanya enak, bahannya simpel, bernutrisi, cara membuatnya cepat, bentuk KRAFT Crolette menarik. Begitu dilihat anak-anak langsung tertarik ingin segera melahapnya 😍
Selain itu kandungan KRAFT Cheddar yang terbuat dari komposisi utama keju cheddar, yang bisa dilihat keju cheddar adalah urutan pertama sehingga tak perlu diragukan kualitasnya pasti #KejuAsliCheck.

FYI, resep KRAFT Crolette hanya berhasil bila memakai KRAFT Cheddar yang sudah terbukti #KejuAsliCheck.

Di kemasan terdapat klaim nutrisi yang dilengkapi nutrisi Calcimilk, yaitu kaya kalsium, protein, vitamin D bermanfaat untuk pembentukan tulang dan gigi si kecil. Satu menu KRAFT Crolette bisa memenuhi 50% kebutuhan protein harian dan 40% kebutuhan kalsium. Cocok dikonsumsi saat puasa karena protein bisa menjaga tetap merasa kenyang.
Kandungan bakteri probiotik di dalam keju cheddar bantu jaga kesehatan saluran pencernaan selama puasa.

KRAFT Crolette juga bisa dikombinasikan dengan sayuran untuk tambahan serat. Saya pernah tambahkan KRAFT Crolette dengan tomat, selada, jamur, brokoli. Malah makin mantap.

alasan memilih kraft cheddar mini

Ikuti challenge memasak KRAFT Cheddar

Teman KeluargaMulyana juga berkesempatan dapat hadiah 3 robot cleaner dan saldo GoPay jutaan rupiah tiap minggunya. Caranya gampang.

1. Posting foto atau video kreasi Kraft Crolette kalian di IG,atau langsung melalui DM ke instagram@kraft_id
2. Foto atau video harus menampilkan produk Kraft Cheddar Mini atau Kraft Cheddar 160g
3. Sertakan #KejuAsliCheck #KraftCrolette lalu tag @kraft_id dan 3 orang teman.
4. Tulis di caption alasan Kraft Crolette buatan Bunda bisa jadi menu simpel dan bernutrisi untuk sajian keluarga.
5. Periode challenge 26 Maret – 1 Mei 2022.

Pastikan memilih KRAFT Cheddar yang sudah terjamin #KejuAsliCheck

Selalu sedia Kraft cheddar untuk menyiapakan hidangan sahur dan buka puasa

Beberapa menu ramadan yang sudah saya masak menggunakan KRAFT Cheddar. Biasanya anak-anak suka lama sekali makan buah, ketika saya buat salad bertabur keju KRAFT Cheddar langsung lahap makannya. Favoritnya anak-anak, martabak manis keju, pancake keju, salad buah, kentang keju, kue kering sagu keju.

Tunggu apa lagi, yuk segera coba bikin KRAFT Crolette untuk menu sahur dan buka puasa anak. Jangan lupa unggah di instagram agar bisa ikut challenge memasak KRAFT Crolette. Selamat mencoba..

29 Replies to “KRAFT Crolette, inspirasi menu ramadan praktis dari keju cheddar”

  1. Lagi penasaran pengen cobain bikin ini jugaaa, soalny beberapa kali liat di tiktok dzn kayanya menarik banget hihi, auto pengen beki keju buat bjkin ini nin aku hihi

    1. Ah, iya banyak yang upload di TikTok soalnya menarique dan gampil cara bikinnya.

  2. Wah, makasih nih tipsnya Mba. Mau coba bikin juga ah nanti buat anak2. Semoga ga pakai acara gagal segala deh.

  3. Pas lagi kehabisan ide buat menu masakan buat keluarga. Baca tulisan ini jadi makin nambah semangat dan inspirasi juga

  4. Rasa gurih dari crown Kraftnya enaakk banget… anakku suka nih. Meskipun yaaahh agak tricky ya bikin cronwnya, hasil buatanku masih amburadul deh heheee… pake wajan biasa soalnya.

  5. Kak…mau tanya doonk.. Cara agar kejunya kriuks tuh gimana yaa..?
    Huhuu…soalnya aku bikin kok gak kriuk, tapi bawahnya gosong, huhuu.. Berasa failed masaknya. Tapi anakku suka banget loo.. KRAFT Crolette ini.

  6. Kalau udah pame keju kraft makanan apa aja jadi lebih enak dan istimewa

  7. ini menu yang praktis dan ekonomis yaa mba, yang pasti juga high protein. bagus buat menu anak saat ramadan, jadi energi dan gizinya tetep terpenuhi selama puasa

  8. Banyak yang masak ini, jadi pengen coba masak juga. Kebayang deh rasanya gurih karena telur dan keju.

  9. IH BARU TAU KALO ADA CHALLENGE NYAAA! jiwa masak simple ala anak kosan ku bergejolaque hahahhaa.

  10. IH BARU TAU ADA CHALLENGE NYAAAAAA! jiwa masak simple ala anak kosan ku bergejolaque xoxoxoxo

Tinggalkan Balasan