Mau berjualan menu buka puasa yang laris dan praktis ? Begini caranya

jualan menu buka puasa

 

Salah satu peluang usaha yang menjanjikan di bulan ramadhan yaitu berjualan menu buka puasa. Tak membutuhkan modal bisnis yang terlalu besar, teman-teman sudah bisa berjualan menu takjil dan menghasilkan omset ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya dagangan bisa laris, menarik mata pengunjung supaya datang membeli dan tak bikin capek.

Langkah-langkah yang harus disiapkan untuk jualan menu buka puasa dan takjil antara lain :

Pilih lokasi strategis

jualan menu buka puasa
Pilih lokasi jualan takjil yang sering dilewati banyak orang dan ramai

Sebaiknya survei lokasi dari jauh hari, supaya bisa mendapatkan lokasi strategis, bersih, ramai dan mudah dilihat oleh orang lain. Perhatikan juga keamanan lokasi, sebab asal membuka lapak berjualan menu buka puasa bisa saja kena razia satpol pp lho!. Agar aman, lebih baik pilih lokasi yang sudah berijin atau berjualan di lokasi bazar ramadhan.

Datang lebih awal ke lokasi berjualanmu agar tak ditempati oleh orang lain. Dari pengalaman saya, pembeli sudah mulai berdatangan di saat adzan ashar berkumandang. Itu artinya lebih baik, penjual sudah berada di lokasi sebelum waktu sholat ashar.

Tentukan dan fokus pada satu menu untuk dijual

Supaya tak kewalahan menyiapkan menu buka puasa sebaiknya batasi pilihan menu yang akan dijual. Fikirkan mau fokus berjualan makanan saja atau minuman saja. Bila sudah memutuskan memilih salah satunya, tentukan menu untuk dijual. Sebaiknya pilih menu yang berbeda dan unik dari menu yang banyak dijual disekitaran lokasi.

🍹 Ide minuman takjil buka puasa 🍹

Agar tak terlalu capek saat menyiapkan menu takjil buka puasa, memilih berjualan minuman takjil buka puasa merupakan pilihan tepat. Saat adzan berkumandang, biasanya pembeli yang kehausan akan menyerbu pedagang minuman lebih dulu ketimbang makanan.

Smoothies atau jus buah tampak begitu menyegarkan ketika diminum saat buka puasa. Namun butuh waktu lama saat menyiapkan smoothies maupun jus. Harus diblender lebih dulu baru dituang ke dalam gelas plastik. Bila tak ingin ditinggal pembeli sebaiknya jangan membuat pembeli menunggu terlalu lama.

jualan menu buka puasa
Siapkan takjil minuman dan tata agar terlihat oleh calon pembeli

 

Pilih minuman takjil buka puasa yang lebih praktis dan bebas ribet, seperti takjil kekinian minuman aneka rasa, ada pilihan rasa taro, hazelnut, red velvet, vanilla, oreo, green tea, thai tea dan beragam rasa lainnya. Lengkapi dengan cincau atau jelly pelangi.

Caranya persiapkan lebih dulu minuman buka puasa dari rumah, sehingga ketika di lokasi kita tinggal menata minuman takjil buka puasa ke dalam gelas plastik. Sediakan sedotan warna warni atau bisa memakai sedotan multifungsi ke dalam wadah tersendiri supaya pembeli bisa mengambil langsung sedotan yang mereka butuhkan. Sedotan multifungsi bisa dipakai menyendok isi dari minuman yang biasanya tertinggal di dasar gelas.

Bawa cooler box untuk menyimpan es batu, jangan lupa sertakan ice pack di dalamnya agar es batu tahan lama. Sebaiknya es sudah terpotong kecil-kecil lebih dulu atau bisa memakai es batu kristal agar cepat dimasukkan ke dalam gelas. Saat pembeli datang kita tinggal tuangkan es ke dalam gelas plastik.

🍢 Ide makanan buka puasa 🍡

Bila teman-teman ingin berjualan makanan buka puasa yang praktis, bisa memilih berjualan jajanan buka puasa saja, seperti kue cubit, takoyaki, martabak mini, jajan telur yang diberi macaroni tinggal diberi saus tomat, saus sambal atau mayonese.

Yang perlu disiapkan untuk membuat jajanan buka puasa adalah cetakan kue bulat kecil dan teko air plastik untuk mempermudah menuangkan adonan ke dalam cetakan.

Saya ambil contoh berjualan jajanan buka puasa takoyaki yang dikemas dalam mika bento. Caranya racik adonan takoyaki dari rumah, sehingga di lokasi tinggal dimasak atau lebih praktis masak takoyaki di rumah, di lokasi kita tinggal mewadahinya saja. Bikin adonannya cukup mudah.

 

takjil kekinian takoyaki
Jualan takjil kekinian takoyaki (dok : wikipedia)

Bahan untuk membuat jajanan buka puasa takoyaki, antara lain :

200 gr tepung terigu
50 gr tepung bumbu
1 sdm tepung maizenna
1 sdm susu bubuk
600 ml air
1 butir telur
1 sdt kaldu bubuk
1/2 sdt garam
1 sdt gula pasir

Topping dan isian takjil kekinian takoyaki :

irisan daun bawang
sosis/ayam/keju
saus sambal
saus tomat
mayonaise
katsuobushi

Cara membuat takjil kekinian takoyaki 

Campur semua bahan, aduk hingga merata lalu saring dengan saringan supaya adonan lembut.
Panaskan cetakan lalu tuang minyak sedikit di tiap cetakan. Bila sudah cukup panas, tuang adonan ke dalam cetakan dan taburi isian dan topping.
Balik takoyaki lalu tuang adonan sedikit untuk mendapatkan hasil takoyaki bulat sempurna.
Masak hingga kecoklatan lalu angkat.
Taburi saus, mayonese, dan katsuobushi.

Jajanan buka puasa takoyaki bisa dijual per biji maupun dalam satu paket yang sudah kita siapkan dalam wadah mika. Bila sudah disiapkan dalam wadah, tentu akan lebih mempermudah dan mempercepat pembeli ketika mengantri.

Menyiapkan etalase menu buka puasa

Agar barang dagangan terlihat, menata etalase supaya terlihat menarik, bersih, dan rapi adalah hal yang penting. Teman-teman perlu menyiapkan meja kurang lebih ukuran 60 x 40 cm. Supaya praktis dan gampang dibawa kemana saja, meja lipat merupakan pilihan yang tepat. Cara menyusunnya mudah, dan bisa dibawa oleh satu orang, tak perlu repot minta bantuan orang lain. Keuntungan punya meja lipat ini bisa dibawa menggunakan motor, jadi tak perlu repot sewa kendaraan roda empat untuk sekedar mengangkut meja.  

Tak perlu menunggu dulu pembeli datang baru mewadahi makanan atau takjil buka puasa. Sebaiknya segera wadahi isi takjil ke dalam gelas plastik, lalu susun berderet di meja. Hal ini berlaku pula dengan menyiapkan jajanan menu buka puasa.  Bikin tertarik pembeli dengan cara menuliskan nama minuman di selembar karton lalu tempel di meja. Usahakan tulisan minuman bisa terlihat dari jauh dan tak tertutup oleh pembeli. Beri nama unik sesuai kreatifitas untuk memancing pembeli penasaran.

✔ Membuat penjual dan pembeli merasa nyaman saat membeli menu buka puasa dan takjil

Saat berjualan menu buka puasa biasanya matahari sore masih terasa terik, apalagi bila lokasi berjualan menghadap ke arah barat. Jangan sampai penjual sibuk ngelapin keringat gara-gara kepanasan.

 

jualan menu buka puasa
Sedia payung agar tak kepanasan saat melayani pembeli

 

Supaya penjual dan pembeli sama-sama merasa nyaman, tak ada salahnya kita sisihkan modal untuk investasi tenda lipat atau payung tenda. Selain barang dagangan etalase tak kepanasan, penjual menjadi lebih maksmimal melayani pembeli.

Siapa tahu, saat turun hujan ada calon pembeli yang numpang berteduh di lapak kita. Biasanya mereka merasa sungkan bila tak membeli barang dagangan kita.

Bila perlu tambahkan kursi lipat, apabila ada pembeli yang ingin menyantap menu berbuka di lokasi.

✔ Beri ciri khas saat berjualan menu buka puasa

Selain lokasi strategis, menu yang berbeda, harga terjangkau, rasa yang enak, pembeli juga tertarik membeli bila penjual ramah. Bila ingin terlihat berbeda, kita bisa berdandan dan mengenakan kostum unik.

Atau bisa mencontoh penjual takjil di Jakarta yang cukup laris. Mereka melakukan promosi dengan menekankan kesehatan, yaitu meminimalisir pemakaian minyak goreng, dan menunjukkan minyak goreng yang dipergunakan.

✔ Sediakan uang receh

Kelihatannya sepele, namun kekurangan uang receh bisa membuat penjual kerepotan menukarkan uang ke penjual lain. Sebelum berjualan baiknya tukarkan uang terlebih dulu hingga tersedia uang pecahan yang cukup banyak. Lalu pisah-pisahkan antara uang kertas, uang recehan seribuan dan lima ratusan, serta recehan dua ratus hingga seratus rupiah untuk memudahkan saat mengambil.

 

uang receh
Lebih baik selalu sedia uang receh atau pecahan untuk kembalian

 

Teman-teman bisa menyimpan uang kembalian dan penghasilan di tas pinggang supaya aman dan praktis dibawa kemana-mana.

Demikian beberapa tips berjualan menu buka puasa dan takjil ramadhan supaya laris dan praktis. Bila temen-temen punya tips jualan menu buka puasa dan takjil ramadhan silahkan berbagi di kolom komen ya..

8 Replies to “Mau berjualan menu buka puasa yang laris dan praktis ? Begini caranya”

  1. Takoyaki makanan kaporit akooooh
    Tapi aku cuma cucok ama takoyaki yg stannya di Royal plaza
    Kalo yg lain kok kurang nendang yhaaaa 😀

  2. Menarik ya jualan takjil. Dari dulu pingin sih tapi aku ga telaten. Kita jadi distributor aja bisa dpt untung lumayan lho. Tinggal sedia lahan

    1. Oiya bisa juga ya kalo punya lahan yang letaknya strategis

  3. Aku selalu suka bulan puasa
    Sore jadi meriah karena banyak yang jualan takjil hehe
    Makasi tipsnya mbak

  4. Selalu takjub dan salut sama orang yang mampu bekerja keras usaha takjil di.bulan puasa ramadhan seperti ini. Btw tumpeng liat takjil yang sueger2 en maknyus ini..sabaar3x waktu berbukanya masih nanti hehe

  5. Selama bulan ramadhan belum pernah berburu takjil mbak
    Palingan beli es buah itu deket rumah, hihii
    Penasaran sama takoyaki aku hihiii

  6. Wah ada resep takoyaki, pernah kepikiran mau bikin tapi belum cari resepnya. Btw, aku juga pernah jualan di pasar takjil. Alhamdulillah laris manis, sampe punya pelanggan tetap…

  7. aku gak bisa jualan tp senang kalau banyak yang jualan di bulan puasa

Tinggalkan Balasan