Yuk Bantu Saudara Kita yang Membutuhkan dengan Galang Dana Online melalui Peduli Sehat

galang dana online peduli sehat donasi online donasi kesehatan

Galang dana online, bersama ringankan beban sesama

galang dana online peduli sehat donasi online donasi kesehatan
Galang dana online di pedulisehat.id

Hati ini terenyuh ketika melihat kondisi balita terbaring lemah dengan kepala bengkak di televisi. Menurut informasi, balita tersebut terkena hidrosefalus. Kata dokter, ada cairan berlebih di kepala yang menyebabkan pembengkakan dan penekanan di kepala. Rasanya sakit sekali, sehingga si balita sering menangis dan susah beristirahat. Keterbatasan finansial dan jarak layanan kesehatan yang cukup jauh, membuatnya belum tertangani optimal. Terlintas pikiran, andai saja balita tersebut sejak awal sudah tertangani melalui bantuan galang dana online dari pedulisehat.id, pasti ia tak perlu menahan sakit berlarut-larut.

Kejadian diatas adalah salah satu contoh dari sekian banyak gambaran nyata bahwa pelayanan kesehatan untuk penyakit kronis tak cukup hanya mengandalkan fasilitas jaminan kesehatan nasional dari pemerintah. Sebab membutuhkan perawatan dan pengobatan intensif yang menelan biaya cukup banyak. Maka perlu alternatif lain berupa donasi kesehatan.

Sebagai informasi, ada beberapa manfaat yang tak dijamin oleh jaminan kesehatan pemerintah sebagaimana tertuang dalam Pasal 52 Perpres nomor 82 tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan, antara lain :

(1) Pelayanan kesehatan yang tidak dijamin meliputi :

a. pelayanan kesehatan yang tidak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
b. pelayanan kesehatan yang dilakukan di Fasilitas Kesehatan yang tidak bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, kecuali dalam keadaan darurat;
c. pelayanan kesehatan terhadap penyakit atau cedera akibat Kecelakaan Kerja atau hubungan kerja yang telah dijamin oleh Program Jaminan Kecelakaan Kerja atau menjadi tanggungan Pemberi Kerja;
d. pelayanan kesehatan yang dijamin oleh program jaminan kecelakaan lalu lintas yang bersifat wajib sampai nilai yang ditanggung oleh program jaminan kecelakaan lalu lintas sesuai hak kelas rawat Peserta;
e. pelayanan kesehatan yang dilakukan di luar negeri;
f. pelayanan kesehatan untuk tujuan estetik;
g. pelayanan untuk mengatasi infertilitas;
h. pelayanan meratakan gigi atau ortodonsi;
i. gangguan kesehatan/penyakit akibat ketergantungan obat dan/atau alkohol;
j. gangguan kesehatan akibat sengaja menyakiti diri sendiri atau akibat melakukan hobi yang membahayakan diri sendiri;
k. pengobatan komplementer, alternatif, dan tradisional, yang belum dinyataan efektif berdasarkan penilaian teknologi kesehatan;
l. pengobatan dan tindakan medis yang dikategorikan sebagai percobaan atau eksperimen;
m. alat dan obat kontrasepsi, kosmetik;
n. perbekalan kesehatan rumah tangga;
o. pelayanan kesehatan akibat bencana pada masa tanggap darurat, kejadian luar biasa/wabah;
p. pelayanan kesehatan pada kejadian tak diharapkan yang dapat dicegah;
q. pelayanan kesehatan yang diselenggarakan dalam rangka bakti sosial;
r. pelayanan kesehatan akibat tindak pidana penganiayaan, kekerasan seksual, korban terorisme, dan tindak pidana perdagangan orang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
s. pelayanan kesehatan tertentu yang berkaitan dengan Kementrian Pertahanan, Tentara Nasional Indonesia, dan Kepolisian Negara Republik Indonesia;
t. pelayanan lainnya yang tidak ada hubungan dengan Manfaat Jaminan Kesehatan yang diberikan; atau
u. pelayanan yang sudah ditanggung dalam program lain.

(2) Pelayanan kesehatan yang tidak sesuai dengan ketentuan perundang-undangan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf a meliputi rujukan atas permintaan sendiri dan pelayanan kesehatan lain yang tidak seusai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. oleh Program Jaminan Kecelakaan Kerja atau menjadi tanggungan Pemberi Kerja;

Yuk galang dana online melalui pedulisehat

 

galang dana online peduli sehat donasi online donasi kesehatan
Kalau bukan kita yang peduli, siapa lagi ?

 

Seiring berkembangnya dunia maya, kini siapa saja yang mempunyai penyakit kronis bisa galang dana melalui donasi online pedulisehat. Pedulisehat.id merupakan layanan galang dana online untuk donasi kesehatan. Penggalangan dana dilakukan secara transparan dan real time.

Galang dana online pedulisehat berfokus pada mereka yang menderita penyakit kronis yang tak punya biaya cukup untuk perawatan, pengobatan intensif dan berusaha bertahan hidup. Serta masih ada beban biaya lainnya seperti biaya obat, biaya susu khusus untuk pasien bayi dan balita, alat medis penunjang kesehatan, yang mana tak bisa dibiayai dengan program kartu BPJS atau JKN.

Cara galang dana online untuk donasi kesehatan di pedulisehat

 

galang dana online peduli sehat donasi online donasi kesehatan

 

Galang dana online bisa diakses melalui browser www.pedulisehat.id maupun unduh aplikasi di play store maupun app store.

 

galang dana online peduli sehat donasi online donasi kesehatan

 

galang dana online peduli sehat donasi online donasi kesehatan

1. Daftar

Daftarkan diri melalui nomor telepon seluler atau akun sosial media. Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan melalui sms.

2. Isi profile

Ubah nama dan unggah foto profile di halaman pengaturan.

4. Galang dana

Tekan tombol galang dana, lalu isi data sebagai berikut :

✔ Taget biaya yang dibutuhkan,
✔ Judul kampanye,
✔ Lokasi tempat tinggal,
✔ Ceritakan tentang kondisi sakit yang dialami serta alasan membutuhkan galang dana online sebagai solusi mengumpulkan biaya pengobatan,
✔ Tambahkan foto kerabat yang sakit,
✔ Bagikan tautan untuk kampanye yang bersangkutan, contoh : bantuAnisembuh,
✔ Masukkan kode invitasi (opsional jika mendapat ajakan dari teman lainnya). Lalu klik submit.

5. Bagikan tautan dan sebarkan cerita melalui berbagai media sosial atau aplikasi pesan (whatsapp, line, dsb) agar kerabat lain tahu untuk meningkatkan donasi kesehatan.

 

Cara donasi online melalui peduli sehat

Gambar dibawah ini adalah beberapa kampanye galang dana online di pedulisehat. Salah satu contohnya adalah kampanye bantu Dinda dari cerebral palsy laringomalasia dan infeksi paru. Dinda seorang balita dari ayah yang bekerja sebagai kuli bangunan dan ibu yang berdagang donat. Sehari-hari tinggal di kontrakan yang lembab dan pengap, membuat Dinda mudah terkena infeksi paru-paru sehingga sering kejang, demam, batuk, dan sesak.

Hingga saat ini ibu Dinda masih rutin menginfokan kabar terbaru mengenai kondisi kesehatan Dinda.  Donasi online yang sudah terkumpul hingga Mei ini sebesar 14 juta, sedangkan donasi kesehatan yang dibutuhkan mencapai 50 juta. Mari bantu Dinda agar bisa mendapat perawatan dan pengobatan intensif.

 

galang dana online peduli sehat donasi online donasi kesehatan

Berikut langkah-langkah donasi online di pedulisehat, yaitu :

1. Daftar

Daftarkan diri melalui nomor telepon seluler atau akun sosial media. Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan melalui sms.

2. Pilih kampanye galang dana online untuk donasi kesehatan

3. Input besaran donasi, pilih metode pembayaran, input catatan untuk penggalang dana online (bila ada), kita bisa pilih tak memperlihatkan nama donatur dengan cara geser tombol berdonasinsebagai anonim. Klik next.

4. Muncul rincian donasi yang kemudian dapat kita bayarkan lalu segera bayar.

5. Proses selesai, otomatis donasi kesehatan muncul di beranda tempat kampanye galang dana online yang bersangkutan.

Agar lebih jelas mengenai langkah-langkah menjadi donatur maupun membuat kampanye galang dana online, silahkan tonton video di bawah ini

 

Alasan memilih galang dana online di peduli sehat

Agar lebih mudah dipahami, saya uraikan beberapa alasan kenapa memilih peduli sehat sebagai galang dana online bagi donatur dan penerima donatur, antara lain :

 

galang dana online peduli sehat donasi online donasi kesehatan
Galang dana online untuk donasi kesehatan di pedulisehat

 

👌 Praktis dan terbuka bagi umum, cukup mengisi data di pedulisehat, maka siapa pun bisa membuat galang dana online sesuai biaya yang dibutuhkan. Tak perlu birokrasi yang berliku-liku. Saat kita mengetahui kerabat yang membutuhkan bantuan medis segera namun belum tertangani maksimal karena terkendala biaya, kita bisa bantu dengan mendaftarkan kerabat di galang dana online melalui peduli sehat. Prosesnya terbilang cepat dan mudah.

👌 Transparan dan real time, semua donasi yang masuk bisa langsung terlihat oleh siapa saja. Penggalang dana online juga bisa memperbarui keadaan terkini pasien yang bisa dilihat langsung oleh siapa saja.

👌 Aman, galang dana online di peduli sehat sudah tercatat di Kemenkumham dengan No AHU-0033383.AH.01.01 tahun 2018 juga Kominfo dengan No 01204/DJAI.PSE/10/2018. Kinerjanya dimonitor oleh Kementrian Sosial beserta Kementrian Komunikasi dan Informatika. Sehingga donasi online bisa dipertanggungjawabkan dan tersalurkan dengan baik.

👌 Kemudahan pembayaran, tersedia berbagai jenis pembayaran untuk galang dana online di peduli sehat, antara lain :
antara lain :
1. Gopay
2. Ovo
3. Link Aja

Perbankan :
1. Bank Sinar MAS
2. Bank Central Asia (BCA)
3. Bank Negara Indonesia (BNI)
4. Bank Mandiri
5. Bank Permata
6. Bank Danamon
7. Maybank

Mini market :
Alfamart

Sebagai tambahan, ada beberapa hal yang perlu diketahui saat akan melakukan galang dana online untuk kemudahan proses pencairan donasi kesehatan setelah dana terkumpul, antara lain :

Mengikat nomor telepon
Pedulisehat akan mengikat nomor telepon handphone yang dapat digunakan sebagai nomor utama yang bisa digunakan untuk validasi. Nomor tersebut yang akan dicatat di sistem pedulisehat. Jadi diharapkan tidak bergonta ganti nomer handphone.

Pekerjaan atau profesi
Untuk tujuan re-check data, pedulisehat juga perlu tahu nomor telepon tempat bekerja peng galang dana online.

Data pribadi
Meminta data diri dari campaigner secara detail dan langsung melakukan validasi terhadap data yang diserahkan kepada kami.

Verifikasi dokumen fisik
Melakukan verifikasi data secara visual berupa gambar, pedulisehat mewajibkan penggalang dana untuk menyertakan tanda pengenal, seperti KTP dan dokumen lainnya yang bersifat wajib.

Analisa penuh
Dilakukan analisa data, baik secara visual, model, atau bentuk dari dokumen yang diserahkan. Tujuan analisa untuk memastikan apakah dokumen yang diserahkan itu valid atau sah.

Keterangan dari instansi kesehatan atau rumah sakit
Penggalang dana perlu menyerahkan surat keterangan sakit dan hasil diagnosis dari rumah sakit tempat penerima dana (pasien) dirawat. Setiap rumah sakit pasti akan memberikan surat keterangan, data pasien, serta hasil diagnosis. Kami perlu melakukan validasi ke rumah sakit yang bersangkutan, apakah data yang di serahkan oleh penggalang dana valid dengan pihak rumah sakit.

Verifikasi data dari rumah sakit
Kami sangat perlu mencatat dan memverifikasi data yang tertera pada surat yang dikeluarkan oleh pihak rumah sakit.

Kategori Penyakit
Setiap penyakit punya tingkatan di pedulisehat, untuk itu perlu dilakukan klasifikasi golongan penyakit, apakah kategori penyakit serius, sedang, atau bahkan hanya di tahap kecil saja. Meskipun pedulisehat berbentuk open platform yang membebaskan siapapun melakukan galangan dana online, akan tetapi perlu menimbang kembali tingkat kebutuhan yang paling utama sebagai penerima donasi.

◾Diagnosis/Penyebab/Indikasi
Pedulisehat perlu memahami diagnosis penyakit yang disebutkan dan mengetahui penyebab, serta indikasi yang ditimbulkan oleh diagnosis penyakit tersebut.

◾Estimasi Biaya
Tim pedulisehat harus memiliki daftar penyakit juga estimasi biaya untuk pengobatan. Bertujuan untuk memperkirakan batasan angka yang rasional sesuai dengan angka yang tertera di kampanye dan dipublikasikan oleh penggalang dana.

Informasi lebih lengkap tentang galang dana online untuk donasi kesehatan di peduli sehat, teman-teman bisa mengunjungi sosial media pedulisehat di :

Fanpage   : id.pedulisehat
Instagram : @pedulisehatindonesia

Karena siapa pun masih punya harapan untuk hidup sehat melalui galang dana online di pedulisehat. Mari sisihkan sedikit penghasilan kita untuk donasi kesehatan dan bantu ringankan beban mereka.

38 Replies to “Yuk Bantu Saudara Kita yang Membutuhkan dengan Galang Dana Online melalui Peduli Sehat”

  1. Sangat bermanfaat sekali ya kak, platform yang simpel dan praktis pula. Supaya bisa menjadi solusi yang terbaik terlebih untuk orang-orang yang sangat membutuhkan

    *Wah mohon izin menambahkan ya kak, untuk tata lay out point nya bisa lebih dirapikan ya kak, supaya mudah dibaca

  2. Wah cuman dengan 5 langkah diatas kita bisa langsung berdonasi online tanpa takut dengan modus penipuan ya kang. semoga bisa bermanfaat untuk kita semua dan terlebih untuk orang yang sangat membtutuhkan ya kak

  3. Waah baru tau nih ada galang dana online. Menarik banget yaa.. Berbagi jadi lebih mudah

  4. Lebih mudah Balang dana online di peduli sehat. Donasi bisa langsung lewat HP nggak perlu lagi pakai ribet. Semoga semakin banyak pasien yang terbantu dengan peduli sehat.

  5. Semoga Galang Dana Online bisa terus maju dan sukses dalam memberikan donasi bagi sesama manusia yang membutuhkan ya mbak

  6. Layanan galang dana online ini memotivasi orang untuk peduli dengan kondisi orang lain yang membutuhkan dengan memberikan donasi sesuai kemampuan kapanpun dan dimanapun dan kepada siapapun…

  7. Alhamdulillah sudah ada wadah penggalangan dana untun kesehatan.. semoga dana yang terkumpul hisa bermanfaat buat semua..

  8. ternyata mudah ya jadi donatur di galang dana online..
    jadi makin semangat untuk berbagi nih..

    semoga dana yang terkumpul tetap amanah sampai ke pihak-pihak yang benar2 membutuhkan..

Tinggalkan Balasan