Tips agar badan tetap fit dan segar saat menjalankan puasa

Marhaban ya ramadhan

 

Tidak terasa beberapa hari lagi sudah memasuki bulan Ramadhan. Menyambut bulan Ramadhan tahun ini, kira-kira persiapannya sudah sampai sejauh mana nih ?

Kalau saya sudah mulai nyetok berbagai kebutuhan bahan pokok dan rumah tangga yang sekirannya akan sangat dibutuhkan saat bulan puasa nanti. Disiapin dari sekarang dengan tujuan ingin lebih fokus beribadah di saat bulan puasa. Selain itu, biasanya sih badan jadi lemes, gampang ngantuk, mager (males gerak) dan kurang fokus ngerjain sesuatu. Bawaannya pengen nempel bantal guling aja. HeHe

Padahal bulan puasa hanya datang setahun sekali, sayang jika tidak dipergunakan untuk berbagai kegiatan yang bermanfaat.

Nah, saya punya beberapa tips agar badan tetap fit dan segar saat menjalankan puasa :

Cukup istirahat

Selama bulan puasa, selain waktu makan, waktu untuk istirahat pun ikut berubah, seperti melaksanakan sholat tarawih di malam hari dan bangun untuk sahur. Sebaiknya tidur sebelum jam 11 malam, untuk mengantisipasi agar tidak terlewat jam makan sahur, dan tidak mengantuk saat sahur.

Agar jam tidur lebih panjang, dapat dilakukan dengan cara menggeser jam makan sahur hingga mendekati waktu imsak. Agar tidak terburu buru saat makan sahur, sebaiknya sebelum tidur diusahakan sajian makan sahur telah siap saji, sehingga tidak butuh waktu lama untuk menyiapkannya, tinggal dipanaskan sebentar saja.

Jika ada waktu istirahat atau luang di siang hari, sebaiknya digunakan untuk tidur sebentar selama 30 menit.

 

Olahraga ringan

tubuh fit dan segar saat puasa
Contoh olahraga ringan di rumah (source : pinterest)

 

Agar badan tetap fit dan segar, tubuh juga harus diajak bergerak supaya peredaran darah lancar, melatih otot dan organ tubuh lainnya. Tanpa olahraga, tubuh akan mudah lelah, lemas, dan gampang ngantuk. Meski sedang puasa, Saya sempetin 10 hingga 15 menit untuk berolahraga ringan di rumah. Biasanya hanya pemanasan ringan dan gerakan peregangan otot aja. Jika ada banyak waktu luang, saya sempetin yoga yang gerakannya gampang. Jangan tanya hand stand deh, caturangga aja kewalahan.

Perhatikan makanan saat berbuka dan sahur

Saat berbuka puasa, rasanya semua makanan ingin dilahap. Padahal tidak semua makanan mendatangkan nutrisi bagi tubuh. Salah makan di waktu sahur, malah dapat mendatangkan petaka. Kurangi makanan yang berbahan dasar tepung dan mengandung banyak gula, sebab dapat membuat tubuh lemas di siang hari. Lebih baik perbanyak konsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks, protein, juga buah dan sayuran.

Berhubung cuaca saat ini sudah memasuki musim kemarau, tubuh kita akan mudah kekurangan cairan atau dehidrasi yang menyebabkan tubuh mudah lemas. Cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air mineral dengan pola 2-4-2, yaitu dua gelas saat berbuka puasa, empat gelas sepanjang malam, dan dua gelas saat sahur. Lengkapi juga dengan mengonsumsi buah-buahan, seperti buah dari sunpride.

Baca juga : Yuk Pilih Buah Dengan Kualitas Terbaik

 

Kenapa memilih buah-buahan sunpride ?

Buah-buahan Sunpride ditanam di Lampung Timur, Indonesia oleh petani lokal dan sudah mendapatkan pengakuan perkebunan berkelas dunia, berstandar internasional.  Buah yang ditanam di Lampung antara lain pisang cavendish, nanas honi, jambu crystal, dan papaya california. Dengan membeli buah Sunpride, secara tidak langsung juga membantu kesejahteraan petani lokal.

Selain itu, pada bulan Desember 2016 PT. Sewu Segar Nusantara pemegang hak merek Sunpride dan PT. Nusantara Tropical Farm berhasil meraih sertifikasi internasional ISO 9001 untuk standar sistem manajemen mutu dan sertifikat Global Good Agricultural Practice (Global GAP) untuk pisang Cavendish, jambu crystal, nanas honi.

Kita juga bisa cek langsung loh.. di website resmi Global GAP dengan memasukkan nomor sertifikasinya : 4056186911537.

 

buah sunpride
Macem-macem buah Sunpride

 

Global GAP itu apa sih ?

Menurut informasi dari Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementrian Pertanian RI, Good Agricultural Practices (GAP) adalah technology application based on morality, responsibility, equity and prosperity atau dengan kata lain GAP adalah penerapan sistem sertifikasi proses produksi pertanian yang menggunakan teknologi maju ramah lingkungan dan berkelanjutan, sehingga produk panen aman konsumsi, kesejahteraan pekerja diperhatikan dan usahatani memberikan keuntungan ekonomi bagi petani.

GAP diperkenalkan pertama pada tahun 2000 atas bahan pangan segar (sayur dan buah) di Uni Eropa. Sejak tahun 2003, Indonesia telah memiliki ketentuan GAP Sayuran, dan telah diakui internasional sebagai INDOGAP di tahun 2004.

Seiring berjalannya waktu, semua produk bahan pangan yang diperdagangkan secara global harus memiliki sertifikat GAP.

ASEAN-GAP menekankan empat komponen penting, yaitu

  • Keamanan konsumsi pangan,
  • Pengelolaan lingkungan dengan benar,
  • Keamanan, kesehatan, dan kesejahteraan pekerja lapang,
  • Jaminan kualitas produk dan traceability produk bila diperlukan.

 

Kenapa harus Global GAP ?

Di era globalisasi, perdagangan komoditas pertanian akan menghadapi persaingan yang semakin ketat. Penerapan praktik pertanian yang baik adalah suatu alternatif untuk memproduksi komoditas pertanian yang bermutu tinggi, terjamin aman, efisien, berwawasan lingkungan, dan dapat dirunut kembali (traceable) asal-usul dan proses yang dilalui sebelum diperdagangkan dan dipergunakan.  

Dengan produk praktik pertanian yang baik atau Good Agricultural Practices (GAP) dapat menjawab tantangan isu internasional perdagangan komoditas. 

Salah satu syarat agar produk pertanian dapat dengan mudah untuk diekspor di berbagai negara lain adalah dengan bersertifikasi Global GAP. 

 

pisang cavendish
Pisang Cavendish sudah diekspor ke berbagai negara. Di Jepang juga sudah ada loo..

 

Susah nggak proses untuk mendapat sertifikasi Global GAP  ? 

Lumayan susah.  

Agar lolos sertifikasi Global GAP, perkebunan Sunpride harus melewati serangkaian ujian dan tes untuk memenuhi beberapa syarat, yaitu

Sistem Keamanan Pangan

Sunpride harus menjamin kebersihan dan keamanan pangan, dengan menerapkan standar baku sesuai standar perkebunan kelas dunia mulai dari pemilihan bibit, penanaman, pemeliharaan pohon, dan kebun hingga proses pasca panen. Untuk memastikan mutu dan keamanan produk PT. Sucofindo rutin mengontrol setiap enam bulan sekali.

Bebas Genetik Modified Organism (GMO)

Untuk mendapatkan bibit unggul, buah buahan Sunpride tidak menggunakan praktek Rekayasa Genetik. Sunpride menggunakan bibit yang terjamin dan aman dengan teknologi ramah lingkungan. Maka tidak heran ya, kulit pisang Cavendish Sunpride nampak begitu mulus tanpa noda, karena telah terjaga kualitasny sejak pemilihan bibit.

Buah Sunpride dapat ditelusuri sejak mulai kapan dipetik, lokasi penanaman, dikemas kapan, dan dari public house mana. Sehingga bila ada keluhan dari siapapun, bisa dicari dengan cepat akar masalahnya untuk diselesaikan.

Keselamatan dan Kesejahteraan Tenaga Kerja

Tidak hanya menghasilkan buah yang berkualitas, Perkebunan Sunpride juga mengutamakan kesejahteraan semua pekerja dengan menggunakan perlindungan yang sesuai standard kerja perkebunan kelas dunia. Meliputi penyediaan layanan kesehatan, tidak menggunakan tenaga kerja di bawah umur, tidak lupa Pembayaran upah dan jam kerja juga harus mengikuti Peraturan Pemerintah yang berlaku.

Ramah Lingkungan dan Bertanggung Jawab Sosial

Sunpride yakin agar  mendapatkan hasil yang baik dari alam, tentu harus memperlakukan alam dengan baik terlebih dulu. Sunpride menerapkan sistem pengendalian hama terpadu, penggunaan pupuk yang dikontrol ketat dan tidak membahayakan bagi habitat, manajemen sistem irigasi dan sistem pengolahan limbah terpadu serta pelestarian lingkungan dan satwa liar. Memberikan nilai tambah untuk masyarakat sekitar dengan cara membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat lokal.

Tingkat Kualitas

Hingga saat ini, pisang Cavendish telah diekspor ke 16 negara seperti Cina. Korea, Kuwait, Timur Tengah, Uni Emirat Arab, Qatar, dan telah menembus pasar Jepang. Sunpride selalu mempertahankan buah-buah segar berkualitasnya agar dapat diterima di pasar internasional.

Dengan menjalankan tips ini, semoga tubuh tetep fit dan segar selama menjalankan puasa yaa..

   

11 Replies to “Tips agar badan tetap fit dan segar saat menjalankan puasa”

  1. Penting banget informasinya jelang puasa kayak sekarang neh, saya save ya mbak

    1. Silahkan mbak turis 👌

  2. Terima kasih tipsnya ya mbak, jadi semangat menghadapi puasa.deh, langsung cusss belanja sunpride deeh..

    1. Semangat berpuasa mbak 😊

  3. Buah sunpride mahal gk ya mbk? Hehe. Aku yg paling malesin bagian olahraganya. Btw makasih sharingnya mbk. Salam, muthihauradotcom

    1. Hii Muthi,

      Mahal atau murah tergantung persepsi masing-masing yaa..

      Gampangannya gini deh, dari berbagai manfaat kesehatan yang akan kamu dapetin seperti tidak pakai bahan kimia berbahaya, betul-betul dirawat ekstra selayaknya anak kandung, layak dimakan oleh masyarakat di berbagai negara.
      kira-kira sebanding dengan harga yang akan kamu dapetin nggak ?

      Kalo iya, berati harga masih terjangkau 😊

    2. Harga buah Sunpride mungkin lebih tinggi daripada buah-buahan tak bermerk, mungkin disebabkan operasional perkebunan Sunpride yang perlu biaya lebih tinggi juga daripada perkebunan yang tidak terorganisir. Tingginya biaya operasional ini perlu untuk mempertahankan buah dari serangan hama dan memberikan penghargaan yang layak kepada petani. Hasil akhir yang diharapkan dari biaya operasional yang tinggi adalah buah yang mutu nutrisinya tetap tinggi, penyimpanannya tidak menghasilkan busuk, dan petani buahnya tetap sejahtera. Jadi, mahalnya harga jual Sunpride itu tidak sia-sia.

  4. nah GMO ini yang susah di deteksi kalau tanpa penelitian. Syukurlah kalau Sunpride bebas dari GMO karena buah-buahnya kan bagus-bagus, kalau baca begini jadi yakin deh…

  5. Wow, mantab neh info nya, saatnya makan buah2an deh…

  6. terimakasih..
    sangat bermanfaat..

    iya yang paling males itu olahragA 🙁

  7. Keren sharingnya, sgt bermanfaat. 😊

Leave a Reply