Cara menjaga stamina selama menyusui

menyusui

Pagi hari sebelum anak-anak bangun adalah waktu bagi saya untuk menyiapkan diri sebelum nantinya beraktifitas dan tenggelam dalam rutinitas. Setidaknya segelas jahe manis hangat harus saya teguk bersama biskuit gandum untuk memulihkan tenaga setelah beristirahat semalaman. Kebiasaan ini sudah rutin saya jalani selama 2,5 tahun. Tepatnya sejak saya mengalami pusing dan lemas saat berbelanja. Setelah saya ingat-ingat, pada waktu itu, saat bangun tidur saya hanya minum segelas air mineral saja, lalu segera pergi berbelanja. Bila kebiasaan ini diteruskan bisa berakibat kurang baik untuk kesehatan. Sebab badan saya kurang asupan di pagi hari.

 

minuman jahe
Segelas jahe untuk menghangatkan pagi setelah bangun tidur

Jadi Ibu itu harus sehat!

Mens sana in corpore sano, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Memang betul kata peribahasa, bila tubuh sehat maka jiwa juga akan kuat. Oleh sebab itu, mama saya pernah berpesan, “Jadi ibu itu harus sehat”. Kunci sehat keluarga ada di tangan ibu. Bila ibu sehat, keluarga pun jadi sehat. Tapi, bila ibu sakit, bisa jadi anggota keluarga yang lain pun ikut sakit. Bisa karena tertular penyakit dari ibu atau tak terpenuhinya kebutuhan keluarga dengan baik seperti, makanan sehat.

mata perih memakai softlens
Mumpung anak-anak tidur kerja dulu

Dengan berbagai rutinitas, tak jarang saya menjadi abai dengan kesehatan saya sendiri. Belum lagi harus begadang mengerjakan postingan blog yang biasanya baru bisa saya kerjakan saat anak-anak tidur. Sehingga waktu istirahat pun menjadi berkurang menjadi 3-4 jam per hari. Hal ini yang menyebabkan daya tahan tubuh menurun dan gampang sakit. Bila sudah jatuh sakit, biasanya saya segera berobat ke dokter agar segera ditangani dan lekas sembuh.

Cara menjaga stamina selama menyusui

Untuk menjaga stamina tubuh agar tak gampang sakit, ada beberapa rutinitas yang saya lakukan di rumah antara lain:

1. Selalu sarapan di pagi hari
Sebelum anak-anak bangun saya usahakan untuk selalu sarapan. Tak harus makan nasi, yang penting perut sudah terisi. Biasanya pagi hari, saya harus konsumsi minuman manis hangat seperti Herbadrink Sari Jahe untuk sumber energi dan camilan seperti kue gandum maupun roti. Setelah sarapan saya baru siap mengerjakan pekerjaan rumah lainnya, seperti menyiapkan sarapan untuk keluarga, cuci piring, berbelanja dan lain sebagainya.
Karena saya punya sakit maag, untuk urusan makan saya usahakan tepat waktu sesuai jam makan dan diselingin dengan camilan. Berhubung cuaca Surabaya panas, kami suka camilan yang segar seperti puding. Saya kreasikan Herbadrink Lidah Buaya yang dikombinasikan dengan puding cokelat kesukaan anak-anak. Sejak rutin nyamil puding, kesehatan saluran pencernaan anak-anak pun terjaga, buang air besar menjadi lancar.

 

puding lidah buaya
Mengkreasikan Herbadrink Lidah Buaya menjadi puding untuk camilan keluarga

2. Minum air putih minimal 8 gelas per hari
Bagi ibu menyusui, banyak minum air putih sudah seperti rutinitas harian untuk memenuhi kecukupan ASI sister twins. Di rumah saya memakai tumbler sebagai gelas minum, sekali minum biasanya langsung habis.

3. Makan buah dan sayur
Menu buah dan sayur harus selalu ada tiap hari, walaupun menu gorengan juga tak mau kalah menghiasi.

4. Olahraga ringan
Menyempatkan waktu untuk olahraga kadang terasa berat dan tak sempat. Saya pun biasanya hanya streatching ringan beberapa menit agar otot tubuh tak kaku dan peredaran darah kembali lancar. Bila ada waktu luang, saya pakai untuk beryoga di rumah.

5. Sempatkan istirahat walau sebentar
Waktu istirahat saya yaitu ketika anak-anak tidur. Untuk mengerjakan pekerjaan saya di blog biasanya saya pergunakan waktu di pagi dini hari, supaya saya punya waktu beristirahat lebih dulu sebelum berkerja.

6. Bantu jaga stamina tubuh dengan minuman herbal
Sejak muda saya suka konsumsi minuman herbal seperti kunyit asam agar tak bau badan. Mama saya selalu langganan mbok jamu yang melewati rumah. Sejak tinggal sendiri, saya merasa kesulitan menemukan mbok jamu, sebab rumah saya jarang dilewati mbok jamu. Terus terang, suami sering komplen perihal bau badan saya. Padahal saya udah mandi, mirisnya tetep bau kecut. Cuaca di Surabaya tergolong panas sehingga mudah sekali berkeringat, ditambah lagi jarang minum kunyit asam. Walaupun pakai wangi-wangian rasanya kurang nampol mengatasi bau badan.

Tahu Herbadrink punya varian kunyit asam betapa bahagianya saya. Seperti menemukan teman lama yang sempat hilang. Sekarang saya bisa konsumsi kunyit asam tiap hari tanpa harus bergantung pada si mbok jamu.

kunyit asam
Herbadrink kunyit asam bantu selamatkan bau badan tak sedap

Oiya, selain bermanfaat untuk mengurangi bau badan, melancarkan haid dan membantu meredakan nyeri haid, kunyit asam punya beragam manfaat lainnya lho! Kunyit mengandung zat anti radang dan antioksidan yang bisa meredakan gangguan pencernaan dan melindungi hati. Selain itu, bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Beragam manfaat kunyit maka tak heran, saat ini populer dijadikan infused water ala dr. Zaidul Akbar.

Beberapa kali tes kolesterol menunjukkan hasil yang kurang menyenangkan, saya pun bertekad menurunkan kadar kolesterol dengan cara alami seperti mengonsumsi bahan herbal. Diberitahu oleh saudara bahwa sari temulawak bisa mengurangi kolesterol sekaligus menjaga kesehatan hati. Sempet merasa ragu, sebab setahu saya rasa temulawak cenderung pahit. Setelah mencoba Herbadrink Sari Temulawak perasaan was-was saya hilang. Rasanya enak seger, meskipun tak ditambahkan gula sudah cukup enak.

temulawak
Herbadrink Sari Temulawak bantu turunkan kolesterol dan menjaga kesehatan hati

Sari Temulawak juga baik untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti perut kembung dan radang usus. Juga bermanfaat untuk mengatasi radang sendi.

Sekian sedikit tips menjaga stamina selama menyusui, semoga bermanfaat bagi ibu-ibu yang tetap aktif selama menyusui.

12 Replies to “Cara menjaga stamina selama menyusui”

  1. Me time yang suka saya lakukan main game di hp. Sambil ditemani minuman kesehatan, wah berasa jadi istri sultan deh hehehe
    Minuman herbal saat ini memang sedang jadi rujukan. Khasiatnya memang sudah tidak diragukan lagi ya

  2. Jadi busui itu harus banyak makan makanan bergizi, harus banyak minum air putih sampai berliter-liter. Harus dibawa happy juga biar asinya lancar 🙂 Biasanya penyakit busui itu masuk angin karena sering tidur dengan dada terbuka.

  3. Memang anggapan bahwa kalau ibu sehat maka keluarga sehat, menurut daku benar adanya. Soalnya waktu Mamaku (semoga allah merahmatinya) sakit berasa sedih banget. Makanya jangan sampai deh ibu kita sampai sakit.

  4. Waah, pudingnya terlihat lezat mbaak! Kita tos mau kan? Soalnya aku juga sedia sari jahe herba drink di kulkas, kadang nyuguhin tamu juga pakai kunyit asemnya. enak!

  5. ooh herba drink itu ada beberapa jenis minumannya ya.. aku taunya cuma minuman jahe hehe.. eh ternyata ada kunyitnya juga.. alhamdulillah ya lengkap bgt tinggal seduh… tapi untuk sekarang aku masih milih beli di tukang jamu hehe.. mungkin nanti kalo udh susah nemu tukang jamu pasti aku beralih ke herba drink

  6. Aku juga suka minuman herbal. Apalagi kalau sedang haid, biasanya minum kunyit asam. Tp aku belum pernah beli yang merek herbadrink. Enak kah mbak?

  7. Aku sukaa Mba, Herbadrink yang Lidah Buaya, segar diminum dingin-dingin. Ternyata bisa juga ya dikreasikan jadi puding begitu, jadi kepengen nyobain bikin puding dari Herbadrink juga, deh.

  8. Jadi ibu menyusui emang butuh asupan nutrisi yang ekstra ya, apalagi apa yang dikonsumsi bisa jadi nutrisi bagi si anak. Inovatif banget nih sari lidah buaya nya dijadikan puding yang keliatannya seger manis hehe.

  9. Huwa herbadrink kesukaanku tapi aku baru rasan yang sari jahe mba
    yang lainnya belum, pengen juga coba yang lainnya biar taumana yang favorit
    herbadrink ini minuman kesehatan banget ya mba

  10. Sehat terus ya Ibu, baby nya kembar itu ya?
    Saya sendiri penganut Minuman herbal. Saya bikin sendiri Minuman jahe kunyit .
    Ternyata Ada yg praktis dr herbadrink, ada banyak variantnya lagi

Tinggalkan Balasan