Ngga perlu panik! Begini cara menenangkan bayi rewel

cusson baby

Ngga perlu panik! Begini cara menenangkan bayi rewel – Sewaktu baru menjadi ibu mendengar tangisan bayi yang tak berkesudahan membuat saya stres sendiri. Semua keperluannya sudah saya penuhi, sudah disusui, sudah diganti popoknya, cek suhunya juga masih normal, sudah digendong sambil diayun-ayun, saya pun tak mempan membuat bayi mungil tenang sejenak. Sebenernya apa sih yang bikin si bayi mungil ngga bisa anteng?

Berbagai macam arti tangisan bayi rewel

Namanya juga bayi, belum bisa ngomong ungkapin isi hatinya. Bahasa bayi saat ia merasa ngga nyaman biasanya dengan cara nangis mewek plus rewel. Kalau sudah begini biasanya seisi rumah pada ribut sendiri buat nenangin si bayi. Sering bikin saya geleng-geleng kepala lantaran usulan ajaib dari orang tua buat nenangin si bayi.

Untungnya saya orangnya tenang, ngga ketularan jungir balik akibat panik. Setelah perlahan-lahan saya coba teliti fisik si twins. Berikut beberapa penyebab bayi nangis rewel :

  • Kurang kenyang menyusu. Tak setiap saat ASI saya bisa memenuhi permintaan si twins. Ada kondisi dimana ASI sedikit, padahal sudah makan minum banyak. Selain faktor makan minum, bisa jadi saya merasa lelah dan kurang istirahat sehingga ASI jadi seret.
  • Merasa kaget. kakak dan salah satu twins ini sensitif pendengarannya saat bayi meskipun mereka lagi mimpi di pulau kapuk. Suara knalpot kendaraan, suara pedagang keliling lewat, suara pintu dibuka dan ditutup aja mereka bisa kaget terus mewek.
  • Merasa ngatuk. Mertua saya bilang, dia (anak saya) ini pengen bobo, tapi ngga bisa memulainya. Bisa jadi karena ruangannya berisik banyak orang, suhunya kurang sejuk, digigiti nyamuk dan sebagainya.
  • Badannya kelelahan. Biasanya anak-anak jadi rewel setelah diajak mudik ke rumah eyangnya. Berada di dalam mobil beberapa jam, bikin badan bayi pegel-pegel. Ngga cuma orang dewasa yang bisa merasa encok pegelinu.
  • Sakit. Penyebab sakit bayi bisa beraneka ragam. Yang sering anak-anak alami yaitu demam, perut kembung, diare, biang keringat, tumbuh gigi. Mengenai biang keringat ini, kebetulan kami tinggal di kota yang terkenal terik sinar mataharinya waktu musim kemarau.
    Kami biasa nyalakan pendingin ruangan saat malam. Siangnya hanya pakai kipas angin. Saking panasnya cuaca, anak-anak gampang keringetan. Sayangnya saya telat mengantisipasinya. Setelah muncul ruam merah di kulit anak-anak, baru saya sadar mereka kena biang keringat.

Cara Menenangkan Bayi yang Rewel

Saat anak rewel, yang kudu direspon orang tuanya pertama kali yaitu coba menenangkannya dengan cara digendong supaya ia merasa nyaman. Berhubung saat twins saya pakai bantuan asisten untuk gantian merawat kulit bayi.

Si twins sempat merasa kurang nyaman, sebab si embak ini ngga mau gendong. Seketika pengen emosi sebenernya, tapi daripada bikin ASI seret mending sabar aja lah.

Kalau pun saya mintai tolong gendong sebentar, malah si twins terus rewel. Beda saat digendong mertua atau keluarga saya, si twins perlahan-lahan bisa lebih anteng.

Pinternya si bayi, udah bisa ngerasain mana gendongan yang tulus dan mana yang kepaksa. Ckckck

Menyentuh bayi dengan lembut punya beragam manfaat. Tak cuma bermanfaat untuk perkembangan anak dalam hal perkembangan fisik, kemampuan berbahasa, kemampuan kognitif, kompetensi sosial emosional tapi juga memperkuat kekebalan tubuh bayi.

bedak cussons

Profesor Francis McGlone bersama
Dr. Haryono Hartono menjelaskan tentang manfaat sentuhan lembut bayi

“Sentuhan lembut pada bayi bisa menurunkan hormon kortisol,” ucap Profesor Francis McGlone, Professor of Neuroscience, Liverpool JM University, UK, memaparkan temuannya tentang efek sentuhan pada bayi saat Vitual Launching Cusson Baby Powder.

Hormon kortisol atau biasa dikenal hormon stres. Sebab hormon kortisol akan diproduksi lebih banyak saat tubuh mengalami stres baik fisik maupun emosional.

Penelitian juga menunjukkan sistem syaraf manusia (Neurofibre) di ada dalam area belakang kepala, sekitar wajah dan area perut akan merespon optimal ketika terjadi sentuhan lembut penuh kasih sayang.

Manfaat jangka panjang sentuhan lembut bayi bisa mempengaruhi sistem genetis otak bayi. Sehingga kelak anak mampu mengendalikan stress.

Perpaduan Sentuhan dan Wewangian dalam Cusson Baby Powder

bedak bayi cusson
Virtual Launching Cusson Baby Powder MoodScent, 15 Desember lalu

Ingin mendukung kenyaman dan kesegaran bayi lewat sentuhan lembut ibu, para ahli tim riset PZ Cusson bersama Profesor Francis McGlone memformulasikan bedak bayi Cussons baru dengan inovasi Moodscent.

” PZ Cusson Indonesia bersama para ahli parfumer meracik wewangian yang mampu membantu meningkatkan emosi positif ketika dibalurkan pada bayi sekaligus memperkuat bonding antara bayi dan orangtua. Teksturbedak anak cusson diyakini dapat merangsang Neurofibre lebih optimal,” ucap Dr. Haryono Hartono, PhD, Head of Research and Development, APAC PZ Cussons.

Ada tiga varian baru bedak bayi Cusson yaitu wangi Sakura, Vanilla dan Mixed Berry. Wangi dan teksturnya lembut. Semua wewangian bedak cusson baby sudah teruji klinis berstandar International Fragrance Association (IFRA) mempertimbangkan fase perkembangan bayi mulai sejak lahir hingga fase aktif sebagai balita.

“Cusson Baby Powder dengan wangi Moodscent ngga hanya membuat bayi tenang karena wanginya yang menenangkan, melainkan mampu membuat orang tua yang mencium wanginya juga ikut merasa tenang. Kami menyebutnya sentuhan khas ala Cusson,” ucap Rahma Anna Setyani, Head of Marketing Cussons Baby and Cussons Kids

Pengalaman memakai Cusson Baby Powder Wangi Moodscent

Cusson bedak bayi
Yuanita Christiani sering menyentuh lembut putri pertama dengan Cusson Baby Powder Moodscent

Yuanita Christiani menceritakan pengalamannya perawatan kulit bayi anak perempuan pertamanya Ariella. Ia begitu menikmati momen kebersamaan dengan Ariella.

“Tekstur dan efek aroma wewangian pada Cussons Baby Powder Moodscent sukses meningkatkan suasana hati bayi jadi lebih gembira. Apalagi jika disertai sentuhan lembut, penuh cinta. Tentu lebih menguatkan ikatan emosional antara Ibu dan anak. Terima kasih bedak bayi Cussons Baby menjadi penyempurna waktu-waktu istimewa saya bersama dengan Ariella”, ucap Yuanita.

Saya pribadi juga suka mencium wewangian bedak bayi cusson baby. Wanginya ngga cuma bikin wangi seger anak-anak, saya yang menciumnya pun juga bikin rileks. Ngga sabar pengen coba wangi terbarunya.

21 Replies to “Ngga perlu panik! Begini cara menenangkan bayi rewel”

  1. saat anakku biang keringet dan tidur rewel cara satu-satunya menenangkan dia dengan menaburkan bedak ke bagian kulit yang biang keringet lalu disuap-usap

  2. Produk Cussons memang pilihan terbaik untuk para baby. Ponakanku juga pake Cussons nih. Wanginya enak, juga cocok di kulit.

  3. Bayi rewel emang bikin keki ortu ya…terutama ibuk..hehe Emang penting banget sih mengetahui penyebab rewelnya… Kadang merasa gak nyaman sedikit aja baby bisa rewel…

  4. Dulu anakku yg paling gede masa kecilnya termasuk rewel. Duhhh sakit pinggang kalo udah dia nangis terus dan kudu gendong. Haha
    Skrg udah makin banyak pengetahuan untuk memahami hal2 kaya gini. Beruntung buibu muda Zaman now

  5. Iya ni sama, dulu waktu bayi Yusuf juga kalau dengar suara berisik … memulai tidurnya jadi agak lama trus nangis.

    Wangi sakura, vanilla dan mixed berry … hmmm kalau yang namanya bedak bayi tu auto kebayang lembutnya.

    Pasti enak 🙂

  6. Nggak hanya bayi, sampai dewasa bahkan tua pun nyaman jika mendapat sentuhan kasih sayang. Euuuuuuuu ^-^
    Dulu pas anak2ku masih bayi juga sering pakai cussons. Wanginya enak…..

  7. sentuhan ibu memang bikin nyaman ya mbak
    nggak hanya meningkatkan bonding, tpi juga bisa mengasah tumbuh kembang anak
    btw cusson ini bedak anakku sejak bayi, sampai skrg msh pake

  8. Bener juga sih bayi walaupun belum bisa ngomong tapi dia punya perasaan, maunya digendong oleh orang yang bikin dia nyaman. Jadi kangen aroma baby nih apalagi bedaknya. Aku juga beli produk cusson waktu anakku masih bayi, skr mana mau dipakein lagi udah mau lulus SMP gitu hihihi

  9. Bedak Cussons ini wangi ya dan memang bikin bayi tentram aku pun masih pakai bedak cusson nih kalau habis mandi..ternyata ada varian baru ya

  10. Ulalaaa, tipsnya mantul bangettt Bundaaa 😀
    Semogaaa twins tumbuh jadi anak yg sehat, baik hati, cerdas, bermanfaat bagi agama, nusa dan bangsa yaaaa

Tinggalkan Balasan