#AksiFlashBunda : Yuk Cari Tahu Cara Cepat Sembuhkan Luka Lebam

Patah hati rasanya ketika mendengar mbak asisten memutuskan tak kembali bekerja setelah lebaran lalu.

Yang terbayang saat itu, perasaan khawatir bagaimana bisa mengurus ketiga anak dan pekerjaan rumah sendiri. Mau pingsan saja.  

Jika biasanya, saya bisa selalu mengawasi anak – anak sedang bermain, sekarang saya tak bisa seratus persen menemaninya. Sedih, tapi mau bagaimana lagi. Mencari asisten rumah tangga yang pas di hati juga susah.

Mulai saat itu saya harus pintar memanfaatkan waktu agar semua pekerjaan beres.

Tak jarang, anak-anak saya tinggal bermain sendiri selagi menyelesaikan pekerjaan rumah.    

“Sebentar ya mama mau ke kamar mandi dulu.”

Tak lama kemudian terdengar suara tangisan dari dalam kamar.

Sewaktu saya periksa ternyata, ada sedikit lebam di dahi Little Twins.

Lalu saya tenangkan dulu sambil mengambil langkah cepat mengurangi rasa sakit dan bengkak.

YUK, KENALI LEBAM

Sebelum mengulas lebih jauh tentang cara mengobati luka lebam, bagaimana kalo kita kenali dulu lebih mendalam mengenai proses terjadinya lebam di kulit. Sebagai upaya deteksi dini nih Mom’s.

Apa itu lebam ?

Luka dalam atau memar adalah perubahan warna kulit yang terjadi akibat pecahnya pembuluh darah kecil di bawah kulit, akibat benturan benda tumpul. Saat pembuluh darah pecah, maka darah akan menyebar ke jaringan sekitarnya yang mengakibatkan timbulnya rasa nyeri dan perubahan warna kulit.

Luka lebam melalui perubahan warna dari waktu ke waktu, tergantung dari seberapa parah benturan yang terjadi dan dimana letak luka berada. Ada pun tahapan perubahan warna luka lebam yang bisa menandakan proses penyembuhannya.

Warna Merah

Sesaat setelah terbentur, kulit akan terlihat memerah. Bagian tubuh yang terbentur menjadi bengkak dan terasa nyeri ketika disentuh.

Warna kebiruan hingga unggu gelap

Biasanya, satu atau dua hari setelah benturan, warna luka lebam akan menjadi kebiruan atau ungu gelap. Perubahan warna ini disebabkan karena minimnya asupan oksigen dan juga pembengkakan di area sekitar memar. Akibatnya, hemoglobin yang bewarna merah akan berubah menjadi biru. Seperti yang sering kita jumpai.

Warna hijau pucat

Memasuki hari keenam, warna luka lebam akan berubah menjadi kehijauan. Menandakan hemoglobin dalam darah mulai terurai, itu tandanya proses penyembuhan sedang berlangsung.

Warna kuning kecoklatan

Setelah seminggu, luka lebam akan berubah warna menjadi lebih terang, yaitu warna kuning pucat atau cokelat muda. Tahap ini merupakan tahap akhir dari proses penyembuhan penyembuhan luka lebam yang kemudian tak akan berubah warna lagi, melainkan menghilang secara perlahan dan akan kembali ke warna kulit aslinya.

 

#AKSIFLASHBUNDA : CARA CEPAT SEMBUHKAN LUKA LEBAM

Siapa saja bisa terkena lebam dimana dan kapan pun. Oleh karena itu, penting tuk mengenali jenis lebam dan cepat menanganinya. Meskipun hanya sendiri bersama anak-anak di rumah, Mom’s tak perlu panik berlebihan ketika mendapati anak terkena benturan benda tumpul yang menyebabkan luka lebam ringan. Ada beberapa cara cepat yang Mom’s bisa praktekkan sendiri di rumah untuk menyembuhkan luka lebam, yaitu :

Langkah pertama :

Dengan teknik RICE ( Rest, Ice, Compression, Elevation )

Ketika mendapati luka lebam di bagian tubuh anak, Mom’s bisa sesegera mungkin memakai teknik RICE ( Istirahat, Kompres, Tekan, dan Angkat ) yang berfungsi untuk mempercepat penyembuhan luka lebam.

Istirahat

Istirahat dan lindungi area yang terluka atau sakit. Usahakan luka lebam aman terlindungi.  

Kompres

Segera tempelkan kompres dingin ketika luka lebam muncul untuk mencegah atau meminimalisir pembengkakan dan mengurangi rasa sakit. Kompres dingin selama 10 sampai 20 menit 3 kali sehari. Setelah 48-72 jam, barulah Mom’s kompres air hangat ke area yang sakit jika pembengkakannya sudah hilang. Jangan tempelkan es batu atau air panas langsung ke kulit ya Mom’s. Sebaiknya pakai handuk untuk membalut es batu atau rendam handuk sebentar ke dalam air hangat lalu diperas sebelum mengaplikasikannya ke kulit.

Tekan

Tekan atau bungkus luka memar dengan perban untuk membantu mengurangi pembengkakan. Tak perlu membungkusnya terlalu kencang, sebab bisa menyebabkan semakin bengkak. Saat membungkusnya, perban agak dikendurkan sedikit.

Angkat

Jika memar muncul di kaki atau tangan, tinggikan luka lebam pada bantal saat dikompres dingin. Usahakan jaga luka lebam agar tetap tinggi untuk meminimalisir pembengkakan.

Setelah saya kompres dingin, Alhamdulillah luka lebam tak sampai bewarna kebiruan. Meski begitu bagian dahi Little Twins bewarna agak sedikit kemerahan dan masih terlihat ada benjolan. Untuk itu, saya perlu melanjutkan ke langkah kedua.

 

Langkah kedua :

Menggunakan Thromboflash

thromboflash salep lebam
Ternyata Thromboflash sudah dilengkapi logo halal dari LPPOM MUI

 

Ketika di apotek, saya bertanya pada seorang staff, apakah ada obat untuk menyembuhkan luka lebam dan aman untuk balita. Lalu, staff memberikan sebuah salep bernama Thromboflash. Pas saya cek, ada logo halal di kemasannya. Tanpa pikir panjang, saya langsung membelinya. 

Thromboflash merupakan obat luar untuk kulit berbentuk gel yang mengandung bahan aktif Heparin Sodium 200 IU yang berfungsi untuk melarutkan gumpalan darah di bawah permukaan kulit (hematoma), membantu mengurangi peradangan atau luka lebam akibat cedera dan melancarkan peredaran darah untuk mempercepat proses penyembuhan.

Saya itu suka penasaran dengan kandungan yang ada di dalam obat, maka saya cari tau lebih dalam tentang Heparin Sodium.

Hellosehat.com menjelaskan bahwa salah satu bahan pembuatan Heparin Sodium berasal mukosa hewan yaitu mucosa babi (porcine) dan mucosa sapi (bovine).

Syukurlah Thromboflash terbuat dari mucosa sapi dan telah memperoleh sertifikasi halal dari MUI. Syukurlah, kini saya jadi tak perlu was-was lagi memakainya. Menjadikan Thromboflash sebagai sahabat keluarga untuk mengatasi luka lebam dan wajib ada ada di kotak P3K.

 

thromboflash obat lebam
Gak takut lebam berkat Thromboflash di kotak P3K ku

 

mengobati lebam
Cepet sembuh ya nak..

Supaya Mom’s lebih yakin, nih saya jabarin beberapa kelebihan Thromboflash dibanding obat sejenis lainnya.

  • Sudah mendapat sertifikasi dari LPPOM MUI sehingga lebih aman dan nyaman.
  • Cepat meresap ke kulit.
  • Tidak bewarna, teksturnya gel bewarna bening.
  • Tak berbau menyengat.
  • Kemasan praktis, mudah dibawa kemana-mana.
  • Sudah tersedia di apotek terdekat.

 

Cara menggunakan Thromboflash

thromboflash obat lebam
Oles tipis Thromboflash di bagian lebam
  • Gunakan 2 – 3 kali sehari, cukup dioles tipis pada kulit.
  • Dapat dioleskan pada sepotong kain kasa lalu tempelkan di bagian luka lebam.
  • Tak perlu menggosok atau mengurut luka lebam dengan Thromboflash.
  • Pastikan luka lebam sudah dalam kondisi bersih, sehingga steril ketika dipakai.

Pemakaian Thromboflash secara rutin bisa mempercepat penyembuhan luka lebam di kulit. Alhamdulillah sejak memakai Thromboflash selama 2 hari saja, benjolan di dahi Little Twins sudah tak nampak lagi. 

Gimana Mom’s, sekarang gak takut lebam lagi meskipun merawat anak tanpa asisten dan tak menjadikan pikiran kita cemas meninggalkan anak bermain sendiri.

Berkat #AksiFlashBunda bersama Thromboflash, kini Mom’s tak perlu panik berlebihan ketika menjumpai luka lebam pada anak, kan sudah sedia Thromboflash sebagai Sahabat Keluarga yang selalu ada di kotak P3K. Luka lebam cepat tertangani tak menimbulkan kekhawatiran dan pertanyaan cemas ketika bertemu dengan orang lain.     

Anak aktif bermain, gak takut lebam lagi.

 

 

19 Replies to “#AksiFlashBunda : Yuk Cari Tahu Cara Cepat Sembuhkan Luka Lebam”

  1. Wah, makasih mbak atas tips2nya. Anak saya baru usia lima bulan dan semakin banyak geraknya jdi untuk mengantisipasi sy emang perlu banget pengetahuan2 simpel yg kyk gini…

  2. Astaghfirullah untung segera diobati ya lebamnya. Kotak P3K lengkap juga Mbak mantap lah. Kalau punya tiga anak memang harus prepare semuanya

  3. Aku beberapa kali nyobain metode RICE itu dan lumayan manjur sih.
    Nah, pakai thromboflash ini cepat bisa mengatasi memar ya, wajib deh sedia di rumah. Jadi kalo memar, nggak khawatir lagi.

  4. Boleh tanpa resep dokter ya, jadi mau stok di rumah juga, aku dan anak-anak sering banget lebam.

    1. Bisa saja mba, baca petunjuk aturan pakainya yaa..

  5. Anak kalau jatuh trus bikin lebam tuh beneran bikin panik. Hal palings ederhana yang aku lakukan sih memang kompres. Tapi skarang akan gunakan Tromboflash deh karena efektif buat hilangkan lebam ya mba

    1. Jika dikompres dirasa belum sembuh memang sebaiknya menggunakan salep Thromboflash agar lebih cepat mereda

  6. anak-anak saya itu sering banget main di luar rumah dan pasti selalu ada aja oleh-olehnya seperti lebam ringan sampai lumayan ..alhamdulillah tromboflash udah halal ya

  7. Bagus nih buat simpenan di kotak obat. Ada bocoran harganya mbak?

  8. Thromboflash ini wajib banget ada di kotak p3k ya mbk. Apalagi kalau punya anak balita, harus punya stok obat oles ketika anak mengalami lebam karena jatuh atau kejedot

  9. Thromboflash asyik ya udah dapat seetifikasi halal dari MUI jadi nyaman dan aman pakainya deh

  10. Anak saya yang aktif Tekwondo pas deh ada Thromboflash yang halal bikin nyaman aman.

Tinggalkan Balasan