Hii Kaum rebahan: Yuk bergerak di rumah perangi mager

self care di rumah

Bergerak dan penuhi nutrisi untuk sendi, tulang, otot – Suka salut melihat postur lansia orang bule. Usia 60,70, 80 tahun mereka masih bisa berdiri tegak tanpa bantuan tongkat. Beberapa diantaranya masih rutin self-care di rumah dengan berolahraga. Setelah ditelusuri, ternyata rahasia mereka punya postur tubuh ideal di lanjut usia itu terus bergerak dan asupan terbaik kuncinya. Sebetulnya orang lansia di Indonesia juga ada yang nampak bugar, kebanyakan mereka tinggal di pedesaan yang rajin bergerak tiap hari.  

Seperti yang sudah diketahui, kesadaran olahraga dan makan makanan sehat di luar negeri itu cukup tinggi dan salah satu bentuk self-care ke kesehatan tubuh mereka. Kebiasaan minum susu tiap hari sudah terbentuk dari kecil, maka ngga heran pertumbuhan tulang mereka bagus, kelenturan sendi dan kekuataan otot terjaga.

Sejak sekolah saya suka berolahraga. Dulu tiap sabtu minggu nyempetin joging, lari, senam, yoga. Sejak punya anak jadi ngga rutin seperti dulu, sesekalinya gowes, latihan yoga, olahraga ringan di rumah. Saya ngga ingin seperti orang tua yang punya masalah tulang dan sendi di usia tuanya.

Mencegah osteoporosis sejak dini

Osteoporosis merupakan kondisi atau penyakit dimana tulang menjadi rapuh dan mudah retak atau patah. Gejalanya bisa tidak terlihat, tanda yang terjadi merupakan akibat dari fraktur atau patah tulang akibat osteoporosis.

Akibat dari osteoporosis yaitu

1. Postur bungkuk
2. Sakit punggung
3. Menurunnya tinggi badan
4. Sering mengalami cedera atau keretaakan tulang

Tulang normal mengandung protein, kolagen dan kalsium. Jika tulang kekurangan 3 zat gizi ini, maka tulang akan mudah keropos. Kalau sudah keropos rentan patah tulang. Makanya mencegah tulang keropos sejak muda itu wajib. Sebab bila tulang sudah keropos, penanganannya lebih sulit.

Apalagi saya perempuan yang sudah melahirkan dan menyusui 3 anak. Ketika menyusui kalsium dan vitamin dalam tubuh ikut tersedot bayi. Di usia 30 tahun ini, tulang ngga akan mengalami peningkatan massa secara berkelanjutan.

Belum lagi nanti saat menopause, produksi hormon yang berfungsi untuk melindungi tulang akan berkurang. Efeknya tulang mudah sekali keropos. Diet ketat juga berpotensi mengakibatkan osteporosis.

Penelitian yang dilakukan Puslitbang Gizi Kementrian Kesehatan RI tahun 2005, hasilnya sebesar 41,7% prevalensi osteopenia atau osteoporosis dini dan sebanyak 10,3% prevalensi osteoporosis. Artinya 2 dari 5 penduduk Indonesia beresiko kena osteoporosis.

41,2% dari keseluruhan sampel berusia kurang dari 55 tahun menderita osteoporosis dini. Prevalensi ostopenia usia di atas 55 tahun pada perempuan 6 kali lebih besar daripada laki-laki. Intinya perempuan 2 kali lebih besar beresiko kena osteoporosis. [1]

mencegah osteoporosis
Perempuan wajib mencegah osteoporosis dengan pola hidup sehat dan penuhi asupan untuk kesehatan tulang

Contohnya orang tua saya sendiri. Dari saya kecil, postur tubuh orang tua sudah bungkuk. Kalau sudah bungkuk atau kifosis, penanganannya susah. Orang tua juga pernah mengeluh bagian dengkulnya sakit. Setelah periksa ke dokter, dideteksi kena pengapuran tulang atau Osteoarthritis.

Pengapuran tulang memang rentan dialami perempuan yang sudah menopause. Saat menopause produksi hormon estrogen dan progesteron yang dulunya seimbang menjadi berkurang. Hal ini menyebabkan gangguan pada sel-sel persendian misalnya pengeroposan tulang dan ligamen kendur.

Melihat kedua orang tua saya punya masalah tulang, sendi dan otot di usia lanjut, mendorong saya buat mencegah itu semua sejak muda.

Bagaimana mencegah osteoporosis?

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Kalau bisa dicegah sejak dini, kenapa tidak? Mulai dari gaya hidup sehari-hari yaitu:

Mengonsumsi makanan kaya akan kandungan kalsium, seperti susu tinggi kalsium, kacang-kacangan, pokcoy, kale, tempe, tahu, brokoli, teri. Kalsium merupakan salah satu zat pembentuk tulang.

Bergerak dan aktivitas fisik secara rutin tiap hari. Meski di rumah aja, ngga lantas tubuh dibiarkan banyak duduk dan rebahan. Olahraganya yang ringan aja seperti lari di tempat, melompat dan jalan di tempat.

Cukup vitamin D. Selama pandemi Teman Keluarga Mulyana juga sudah banyak berjemur pastinya. Selama berjemur, sebisa mungkin kulit jangan terhalangi oleh pakaian. Agar sinar matahari bisa langsung masuk ke dalam kulit.

Hindari rokok, minuman beralkohol dan kafein berlebihan. Yang suka ngopi kudu dibatesin ya..

Nutrisi untuk sendi, tulang, otot

Cara mencegah osteoporosis yaitu dengan banyak mengonsumsi makanan dan minuman kaya kalsium dan vitamin D untuk kesehatan tulang, kaya protein dan magnesium untuk kesehatan otot, kaya kolagen dan vitamin C untuk kesehatan sendi.

Protein bisa didapat dari berbagai sumber makanan, namun protein susu dianggap sebagai salah satu sumber protein berkualitas tinggi. Sebab protein susu mengandung asam amino yang bagus untuk kesehatan otot, membantu mengurangi hilangnya otot karena proses penuaan.[2]

Susu Anlene actifit 3X dan Anlene Gold 5X

Pertama kali kenal susu untuk kesehatan tulang ya, susu Anlene ini. Umurnya sudah 21 tahun sejak pertama kali diluncurkan di Indonesia. Bisa dibilang susu untuk menjaga kesehatan tulang pertama di Indonesia.

Sejak pandemi, anggota kaum rebahan makin bertambah. Yang biasanya olahraga di luar, sekarang jadi mager. Saya akui aura olahraga di luar ruangan bersama teman-teman itu lebih asyik ketimbang olahraga sendiri di dalam rumah. Semangatnya temen-temen bisa tertular ke saya, jadi saya ikutan semangat kotos-kotos.

Sayangnya selama PPKM ini harus membatasi aktivitas di luar rumah. Soalnya virus varian Delta emang makin serem, keluarga saya sudah tertular. Mau ngga mau, harus bisa menyemangati diri sendiri agar terus olahraga selama di rumah. Tetap aktif bergerak juga salah satu self-care pada kesehatan tubuh lho!

Untuk mendukung aktivitas fisik selama di rumah, Anlene meluncurkan susu Anlene Actifit 3X dan Anlene Gold 5X.

Apa bedanya susu
Anlene Actifit 3X dan Anlene Gold 5X dengan susu Anlene terdahulu?

nutrisi sendi, tulang, otot
Formula baru Anlene Actifit 3X dan Anlene Gold 5X untuk dukung tubuh terus aktif bergerak

Anlene Actifit 3X

👍🏻 Anlene Actifit 3X kandungan lemak lebih rendah dan rasa lebih enak.
👍🏻 Dengan Movemax mengandung nutrisi lengkap, seperti tinggi kalsium, zink, magnesium, vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang, kelenturan sendi dan kekuatan otot agar tetap aktif berenergi.
👍🏻 Mengandung kolagen 100 mg/ saji dan vitamin C, berfungsi membantu pembentukan dan pemeliharaan jaringan kolagen, menjaga kelenturan sendi yang merupakan jaringan kolagen.
👍🏻 Mengandung protein dan vitamin B6, bermanfaat untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh.

Anlene Gold 5X

👍🏻 Selain tinggi kalsium, mengandung kolagen dan vitamin C, protein dan vitamin B6, Anlene Gold 5x tanpa penambahan gula, rendah kolesterol, tak mengandung lemak jenuh sehingga aman untuk penderita diabetes.
👍🏻 Sumber kalium, untuk jaga tekanan darah tetap normal.
👍🏻 Terdapat serat dengan oat 0,4% untuk jaga kolesterol darah.
👍🏻 Extra vitamin B12 yang berperan untuk jaga sirkulasi darah dan pembentukan sel darah merah.

Saya lihat, varian baru Anlene ini kandungannya lebih lengkap dan rasanya lebih enak. Yang jelas mendukung kesehatan tulang, kelenturan sendi, kekuatan otot untuk dukung tubuh tetap aktif bergerak dan sehat.

Aktif bergerak bersama Anlene

Seneng.. di minggu pagi pertama di bulan Agustus, disambut dengan aktifitas yoga virtual bersama Anlene dan Ibu-Ibu Doyan Nulis. Jam 7 pagi saya udah siap di atas matras Yoga dan menyimak peluncuran formula terbaru Anlene yaitu Anlene Actifit 3X dan Anlene Gold 5X.

Acara dibuka dengan Gentle Yoga bersama Amanda Tasning. FYI, gentle yoga merupakan jenis yoga gerakan sederhana yang paling mudah diikuti. Cocok untuk pemula dan lansia.

Setelah gentle yoga, dilanjutkan pemaparan inovasi terbaru Anlene oleh Rhesya Agustine sebagai Marketing Manajer Anlene PT. Forterra Brands Indonesia.

Supaya badan bisa bergerak maksimal, pastikan asupan nutrisi tubuh sudah cukup. Mulai cek nutrisi yang selama ini dikonsumsi, apakah sudah cukup? Bila ada nutrisi yang lebih kenapa tidak? Berikan yang terbaik untuk kesehatan tubuh sendiri.


Rhesya Agustine

Haryadi Raharjo sebagai Scientific and Nutrition PT. Forterra Brands Indonesia menjelaskan masing-masing formula terbaru Anlene Actifit 3X dan Anlene Gold 5X.

Remaja boleh minum susu Anlene Actifit 3X?

Susu Anlene Actifit 3X bisa dikonsumsi oleh usia 19 hingga 50 tahun, nutrisinya mendukung aktivitas bergerak sehari-hari. Rasanya lebih enak dan rendah lemak.

Liliyana Natsir, pebulu tangkis nasional berbagi cerita tentang self-care selama di rumah aja. Meskipun udah pensiun, perempuan yang akrab disapa Ci Butet tetap bergerak aktif di rumah. Kalau ngga bergerak malah merasa lemas.

pebulu tangkis nasional Liliyana Natsir, kesehatan tulang

“Ngga usah ngoyo yang penting konsisten bergerak tiap hari. Agar dukung tubuh aktif bergerak asupannya juga #PilihYangLebih supaya kesehatan tulang, otot, sendi terjaga”.


Liliyana Natsir

Sebelum webinar ditutup, diakhiri sesi yoga kedua. Berbeda dengan yoga sesi pertama, jenis yoga sesi kedua adalah Yoga Conditioning yang gerakannya lebih rumit untuk melatih kekuatan otot dan kardio. Cocok untuk ibu-ibu muda dan remaja yang masih bergerak aktif.

Ikuti kompetisi #JadiAtletdiRumah

Sebelum mengikuti kompetisi ini, sebaiknya Teman Keluarga Mulyana memastikan kondisi tubuh benar-benar sehat dan bugar.

Caranya mudah, Teman Keluarga Mulyana pastikan kondisi keseimbangan, fleksibilitas dan kekuatan tubuh ke website Anlene Move Check.

Di web Anlene Move Check, Teman Keluarga Mulyana akan mendapat informasi tentang kondisi tulang, otot dan sendi, informasi tentang usia jantung tubuh.

Semua informasi di web Anlene Move Check akan bermanfaat untuk Teman Keluarga Mulyana agar sanggup melakukan cara yang tepat untuk terus menjaga kekuatan dan kesehatan tubuh, seperti terus bergerak, makan makanan sehat dan minum Anlene Gold 5X dan Anlene Actifit 3X untuk kebebasan bergerak tiap hari.

Setelah melakukan check up kondisi tubuh di web Anlene, Teman Keluarga Mulyana bisa ikut kompetisi #JadiAtletdiRumah. Kompetisi ini berlangsung dari 23 Juli hingga 8 Agustus 2021. Tinggal 4 hari lagii!

Caranya ikut kompetisi Jadi Atlet di Rumah:

self care di rumah

Follow instagram @AnleneIndonesia
✅ Buat Video gerakan olahraga Berlari, Berjalan, atau Melompat saat di rumah.
✅ Upload Video di Instagram Feed dengan menggunakan hashtag #JadiAtletDirumah, #PilihYangLebih, dan #LebihDariSusu.
✅ Pastikan produk Anlene terlihat.
✅ Tag @Anlene_Indonesia dan mention 5 teman untuk ikutan.

Hadiah yang bisa Teman Keluarga Mulyana dapetin antaranya voucher OVO senilai Rp 1.000.000 untuk satu pemenang, voucher Tokopedia senilai Rp300.000 untuk satu pemenang, voucher Indomaret Rp50.000 untuk 3 pemenang dan hadiah eksklusif dari Anlene untuk 3 pemenang.

Untuk 50 peserta pertama, ada hadiah langsung voucher belanja Anlene Rp 50.000 di Indomaret (minimal pembelanjaan Rp 50.000). Nah.. tunggu apalagi buruan upload video Jadi Atlet Di Rumah versimu.

Yuk, bergerak lebih dan tetap aktif berolahraga sebagai perwujudan dari self-care di rumah untuk investasi kesehatan tubuh kita.

Jadilah atlet dan juara dari rumah bareng Anlene!

Sumber referensi

[1]https://pusdatin.kemkes.go.id/resources/download/pusdatin/infodatin/Infodatin-Osteoporosis-2020.pdf

[2] https://www.anlene.com/id/ms/dukung-kesehatan-tulang-sendi-dan-otot-dengan-6-nutrisi-penting.html

58 Replies to “Hii Kaum rebahan: Yuk bergerak di rumah perangi mager”

  1. Mencoba check untuk Anlene movement check.
    Karena aku uda jarang olahraga banget sejak pandemi. Bayangin deeh…sejak pandemi loo..
    Heuheuu~
    Kangen banget ikut klub olahraga lagi. Karena yang paling menyenangkan itu olahraga rame-rame, hehehe…
    Tapi karena masih pandemi, memenuhi kesehatan dan asupannya untuk tulang dengan bergerak aktif dan konsumsi rutin Anlene.

  2. Mager bikin badan kaku semua memang, padahal kalau kita rutin gerak aktif paling nggak 15-30 menit tiap hari sudah cukup ya asalkan konsisten. Pasti bakalan menjadi investasi kesehatan yang sangat berharga

  3. wah ini emang mulai sejak muda kita harus membiasakan gerak aktif ya mbak termasuk investasi juga sih buat kesehatan

  4. Nurisi tulang ini ibarat investasi masa depan kita ya mba, aku juga kalau ngeliat mertua yang kecukupan nutrisi tulannya dahulu ga dicukupi jadi pada lemah, usia yang baru menginjak 60an udah pada ngak bisa jalan. Pelajaran penting banget buat aku.

  5. Masih mager…padahal olah raga penting banget buat daya tahan tubuh selain nutrisi…, semoga setelah banyak baca2 postingan temen..jadi pengen olga tiap hari

  6. Gara2 baca ulasan ini aku jadi kepengen work out di rumah 😁

  7. Terimakasih infonya mba, btw itu kompetisinya lumayan juga ya hadiahnya, jadi tertarik untuk ikutan siapa tau rejeki

  8. Terima kasih infonya mba, btw kompetisinya hadiahnya lumayan juga ya, jadi tertarik untuk ikutan, siapa tau rejeki

  9. Sungguh aku tertampar banget dengan tulisan ini. Pas nulis ini tuh dengkul aku lagi ngilu2 gitu kayanya karena kebanyakan duduk ngajar berjam2… Berarti ini tandanya emang aku harus banyak gerak aktif.

  10. Wah susu anlene sekarang dengan formula baru ya, anlene ini memang bagus untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian kita

Tinggalkan Balasan