Bakso rusuk joss Surabaya (Review)

BAKSO RUSUK JOSS SURABAYA

Bakso rusuk joss sudah buka sejak akhir tahun lalu di Surabaya Timur. Lokasinya di jalan Merr, sebelum AYCE Mr. Sumo. Saya sering lewat sini, cuma belum ingin mencobanya, karena saya sering masak bakso sendiri di rumah. Sampai akhirnya suami ngajak buka puasa di bakso viral ini. Kok tumbenan mau nyoba makan bakso di rumah makan, biasanya ngajak ke warung bakso biasa.

Baca juga : All You Can Eat Surabaya Murah Halal

Mr sumo merr review

Setelah saya telusuri lebih jauh, ternyata bakso rusuk Surabaya ini memang istimewa. Menu baksonya beragam, ada menu mie, tempatnya yang ramah anak soalnya ada playgroundnya. Sekarang kami cari tempat makan juga mempertimbangkan tempatnya, nyaman ngga buat anak-anak makan disitu. Kalau kurang nyaman buat anak, mending dibungkus aja.

Terus waktu saya nonton TV disana isi tayangannya adalah beragam review bakso rusuk joss dari artis, selebgram, food vlogger. Ada Jerome Polin sama Waseda Boys, Narji, Sule, Raffi Ahmat, Nagita, Sule, Dewi Persik, dan masih banyak lagi.

Rata-rata para seleb review bakso viral joss yang ukurannya raksasa, porsinya gede abis. Bisa dimakan orang banyak macem tumpengan. Saya penasaran sama pemilik bakso rusuk joss, kok bisa dia sampai undang banyak artis dan vlogger. Ternyata pemilik bakso rusuk ini adalah Isa Juarsa yang juga Ketua Perkumpulan Pengusaha Kuliner Indonesia. Pantesaan.

Bakso rusuk joss Surabaya

Begitu kami masuk ke dalam rumah makan bakso Surabaya, kami langsung disambut petugas yang stand by di depan pintu masuk. Kami ditanyai mau makan di tempat atau dibawa pulang. Sebab untuk take away ada bagian tersendiri.

Kami langsung diarahkan masuk untuk cari tempat. Saya pilih meja yang deket arena bermain anak agar bisa memantau anak-anak. Begitu duduk kami langsung dibawakan pilihan menu dan ditunggu oleh mba petugas.

Bakso rusuk viral Surabaya menu

Staff bakso rusuk joss juga kasih rekomendasi menu yang cocok untuk kami berlima. Karena saya ajak anak-anak, menu bakso yang direkomendasikan yang tak pedas. Kami disarankan pesan paket hemat karena sudah termasuk dua gelas minuman es lemon tea.

Akhirnya kami pesan paket hemat banget 3 yang terdiri dari bakso beranak isi 14 bakso kecil, segelas jeruk hangat, seporsi kuah jablay pedas, seporsi kuah komplit, seporsi mie ayam hotplate bakso. Total sama pajak kena 212.300.

Harga kuah jablay dan kuah kompit lima ribu rupiah, isinya tanpa bakso.

Waktu datang beneran bakso beranaknya lumayan besar, ukurannya pas semangkuk bakso sampai mau iris baksonya kesusahan. Kuahnya harus dipisah karena ngga cukup. WKWK

Ketebalan bakso induknya lumayan, tak terlalu tebal dan tak terlalu tipis. Di dalamnya ada bakso anak yang ukurannya kecil-kecil tapi menurut saya ngga kecil banget seperti pentol. Ukuran bakso anaknya seperti bakso yang biasa Teman Keluarga Mulyana makan bakso di abang tukang bakso itu.

Saya tak sempat mengitung isinya, tapi perkiraan saya ngga sampai 14 isinya. Perkiraan saya jumlah bakso kecilnya berisi 11-12 biji.

Kuah jablay yaitu kuah pedas yang isinya beberapa cabai utuh, mie, dan gajih atau lemak. Sedangkan kuah komplit berisi mie kuning, bihun, dan tahu goreng.

Bakso rusuk joss Surabaya review

Satu porsi bakso beranak memang pas untuk 4 orang dewasa atau seperti kami berlima. Dijamin kenyang meskipun tak pakai nasi atau lontong. Saya pikir bakso anaknya akan kecil-kecil tapi kenyataannya seukuran bakso pada umumnya.

Tekstur baksonya padat, terasa dagingnya, tapi bukan rasa daging yang berlemak. Rasa lada di dalam bakso agak dominan, tapi ngga begitu pedas, ngga begitu kenyal. Anak-anak masih mau ngunyahnya.

Kuah baksonya bening, rasanya ringan, rasa kuah kaldunya sedang-sedang saja, ngga yang sedap micin gitu. Sedangkan rasa kuah jablay, pedasnya masih normal karena cabainya tak dipotong kecil-kecil, rasa kuahnya seperti diberi saus tomyam. Sehingga rasa kuahnya pedas manis sedikit asam.

Rasa mie hotplatenya seperti bakmi ayam bumbu kuning. Kami kurang cocok sama tekstur mienya yang cenderung menggumpal, seperti kelamaan dimasak sehingga tekstur mienya agak lembek.

Rasa mienya juga kurang sedap, seperti kurang dikasih bumbu bawang merah, bawang putih, dan ayam. Anak-anak ngga begitu semangat waktu kami suapin, padahal biasanya mereka suka sekali dikasih mie, makannya lahap. Kata anak-anak mienya agak pedas, waktu kami rasain biasa aja.

Anak-anak keasyikan main di playground, sehingga masih sisa banyak baksonya. Saya sama suami juga udah kekenyangan, maklum buka puasa makan seporsi aja udah cukup kenyang. Lha ini dua porsi.

Saya minta tolong pegawai bakso rusuk joss buat bungkus baksonya. Dengan sigap mereka bungkusin baksonya.

Sambil nungguin bakso dibungkus, saya solat magrib dulu yang letak mushollanya di belakang meja makan kami. Di sebelah musolla ada kolam ikan koi yang ikannya bayak sekali, besar-besar pula.

Saya suka sama pelayanan di bakso viral yang sigap, tanggap, cepat, dan ramah. Staffnya juga banyakk.

Karena total pesanan kami sejumlah lebi dari 200 ribu, kami bisa dapet 3 koin mesin capit yang isinya jajanan. Alhamdulillah bocil berhasil dapet 1 jajan.

Ada pula menu berbuka puasa yang lebih hemat, dapet dua mangkok seharga 35 ribu. Kalau beli seporsi bakso mulai dari harga 19 ribu, sedangkan menu mie mulai dari harga 16 ribu.

So far, kami senang sama fasilitas, pelayanan, tempat yang nyaman, ramah anak, rasa bakso rusuk Joss yang lumayan kerasa dagingnya. InsyaAllah kunjungan selanjutnya mau ajak para eyang makan disini.

__________________________________________________________________

Bakso rusuk joss Surabaya

Buka setiap hari
Jam buka :
Senin-jumat 10.00-22.00
Sabtu-minggu 10.00-23.00
Jl. Dr. Ir. H. Soekarno, Kedung Baruk, Kec. Rungkut, Kota SBY, Jawa Timur 60298

Tinggalkan Balasan