Kapan waktu yang tepat mengajak anak nonton film di bioskop ?

film anak

Nonton film di bioskop

Menonton di bioskop merupakan kegiatan yang sering saya lakukan untuk mengisi waktu luang sejak dulu. Bahkan saya sering nonton sendiri, karena tak jarang susah mencari teman nonton film bersama di bioskop. Daripada menunggu kelamaan kesediaan waktu dari teman, lebih baik saya berangkat nonton film sendiri aja. Kesannya nekat ya ? tapi saya merasa enjoy kok. Hehe. Namun sejak punya anak, saya menjadi agak kawatir mengajak anak nonton film di bioskop. Kawatir anak rewel dan mengganggu penonton lainnya. Selain itu, ada beberapa pertanyaan yang masih mengganggu di kepala sehingga saya masih ragu untuk mengajak anak menonton film di bioskop, yaitu :

Kapan waktu yang tepat untuk mengajaknya nonton bioskop ?. Usia berapa sebaiknya mengajak anak nonton bioskop ?. Apakah aman mengajak anak nonton di bioskop ?. Apa saja yang harus disiapkan sebelum mengajak anak nonton bioskop ?.

Beberapa kali ke bioskop bersama suami, anak dititipkan pada eyangnya. Sebab film yang ditonton juga kurang ramah untuk balita.

 

Waktu yang tepat mengajak anak nonton film di bioskop

Setelah melalui beberapa pertimbangan yang didiskusikan bersama suami, akhirnya kami memberanikan diri mengajak anak nonton di bioskop, asalkan memenuhi kondisi sebagai berikut :

Anak bisa menyesuaikan diri dengan suasana di dalam bioskop

Suasana di dalam bioskop yang gelap, dingin, dan suara menggelegar tentu membuat anak kaget dan bisa berujung rewel dan menangis. Sebelum mengajaknya ke bioskop, lebih baik kita sudah mengenalkan dan membiasakan suasana nonton film yang hampir mirip dengan suasana di bioskop. Hal ini bisa dilakukan di rumah, dengan cara mengajak anak menonton film favoritnya di ruangan gelap. Bila anak sudah terbiasa dengan suasana seperti ini, pasti ia akan lebih terbiasa saat mengajaknya nonton film di bioskop.

Anak sudah bisa duduk tenang dalam waktu lama

Ketika anak sudah bisa menikmati gambar di film, pasti ia juga akan bisa duduk dengan tenang. Sebab jika anak berjalan mondar mandir di bioskop, selain dapat mengganggu kenyamanan pengunjung lain, tentu akan merepotkan kita yang harus mengikuti pergerakan anak saat di dalam bioskop.

Anak tidak sensitif terhadap suara nyaring di bioskop

Suara bioskop yang nyaring tak jarang membuat anak menjadi kaget hingga menangis. Biasanya bayi yang baru lahir kerap mengalami hal ini karena ia belum terbiasa dengan suara nyaring. Seiring dari berjalannya waktu, anak akan terbiasa mendengar suara nyaring di sekitarnya. Oleh sebab itu, penting memilih film yang ramah anak. 

 

Terus usia berapakah anak dirasa siap untuk diajak nonton film di bioskop ?

Tiap orangtua punya keyakinan dan kesiapan masing – masing tentang kapan waktu yang tepat untuk mengajaknya nonton film di bioskop. Menurut saya, minimal anak sudah memenuhi beberapa kriteria yang sudah saya sebutkan di atas.

Umumnya anak telah siap diajak nonton bersama di bioskop mulai usia 2 tahun. Namun ada juga beberapa anak yang sudah terbiasa nonton film di bioskop mulai usia 1 tahun.

Bilamana terpaksa harus mengajak anak ke bioskop di bawah usia 2 tahun, maka ada beberapa hal yang harus kita siapkan supaya anak merasa nyaman selama nonton di bioskop.

Baca juga : Dear Parents : Yuk Kenali Cara Mengasuh Anak Jaman Now

Persiapan sebelum nonton film di bioskop

Sebagai orangtua baru, pasti ada perasaan was – was ketika mengajak anak nonton film di bioskop untuk pertama kalinya. Tentu saja ada hal – hal yang harus diperhatikan orangtua agar anak merasa nyaman selama film berlangsung, antara lain :

Pilih film ramah anak

Sebaiknya pilih film yang bisa ditonton oleh semua umur, beranimasi kartun dan banyak disisipi dengan lagu – lagu. Biasanya anak – anak suka jenis film seperti ini. Tak ada salahnya menonton trailer dan review dari orang lain yang sudah lebih dulu menonton film tersebut. Ketika anak sudah bisa menikmati sajian film, maka kegiatan menonton film di bioskop bersama akan berjalan lancar sampai film selesai. Hindari genre film yang seringkali membuat penontonnya kaget hingga menciptakan keributan, seperti horor, action, jagal.

Buat anak merasa nyaman di bioskop

Nah, biasanya suhu di dalam bioskop sangat dingin. Supaya anak tetap merasa nyaman selama di bioskop, sebaiknya kita pakaikan anak baju tebal, jika perlu pakaikan jaket atau bawakan selimut. Tak ada salahnya loh bawa bantal kesayangan anak. Sebelum film dimulai, pastikan anak dalam kondisi kenyang dan ajak ke toilet dulu. Supaya tak bosan selama menonton film,  memang sebaiknya sedia camilan kesukaan anak.     

Beri penjelasan apa yang boleh dan tak boleh dilakukan selama di bioskop

Hal ini berlaku pada anak yang sudah bisa diberitahu. Biasanya usia 1 tahun keatas sudah bisa kita beritahukan sebelumnya. Ceritakan pada anak bagaimana suasana di dalam bioskop, berikan ia gambar atau vidio tentang suasana di dalam bioskop. Agar secara mental, anak merasa lebih siap untuk menerima suasana yang ada di dalam bioskop.

Pilih jam nonton film yang tepat

Agar tak mengganggu jam tidur malamnya, sebaiknya pilih jadual film di siang hari ketika jam buka bioskop atau maksimal sore hari. Estimasikan film sudah selesai maksimal jam 8 malam. Perhatikan juga durasi film, sebaiknya tak lebih dari 2 jam.

Baca juga : Mau Bepergian Naik Kereta Api Bersama Si Kecil ? Persiapkan Dulu Beberapa Hal Ini

Bagi Mom’s yang sedang berada di Jakarta dan Bekasi, bisa mengajak anak nonton film di flix yang berlokasi di PIK Avenue, Jakarta Utara dan Grand Galaxy Park, Bekasi. Yang membedakan flix dengan bioskop lain, yaitu :

Tersedia tiga kelas hall yang bisa disesuaikan dengan kenyamanan anak.  

Silver hall : merupakan kelas standar, pengunjung dapat duduk di kursi ergonomis selama menonton film dengan kualitas suara Dolby DTS:X

Gold hall : kursi lebih lebar dan empuk dengan sandaran yang bisa diatur sendiri. Tersedia usb charger di bagian kanan atau kiri kursi.

Platinum hall : penonton bisa menonton film sambil berselimut dan menyelonjorkan kaki, disediakan meja kecil di sebelahnya.

 

flix
Kelas platinum hall di Flix cinema

 

Sekian dulu, tips menonton film bersama anak. Semoga bisa menjadi pertimbangan orangtua saat ingin mengajak anak nonton film di bioskop bersama.

Bila mom’s punya pengalaman tentang kapan pertama kali mengajak anak ke bioskop ? Boleh dibagi di kolom komentar ya..

 

 

16 Replies to “Kapan waktu yang tepat mengajak anak nonton film di bioskop ?”

  1. Wah mantap Bunda tulisannya. Saya baru sekali nonton bawa si kecil ke bioskop nih tetapi belum mulus banget hehehe. Pas mau yang kedua film yang dituju sudah tak ada lagi alhasil gagal maning. Semoga lain bisa lebih mulus deh bocilita ke bioskop (n_n)

  2. Mau banget ajak anak ke bioskop tapi beneran belum siap takut gimana-gimana. thanks tipsnya mbak Syarifani. salam kenal, ghina/neenarahma

  3. kalo keponakanku umur 5 tahun udah bisa anteng nonton film kesukaannya + jika sambil ada cemilan popcorn 😛

Tinggalkan Balasan