Tips Memilih Parfum Wanita Untuk Dijadikan Kado

memilih parfum wanita

Selain peralatan make up, dompet, dan smartphone, parfum wanita merupakan salah satu benda yang sering dibawa di dalam tas kaum hawa. Bahkan tidak sedikit wanita yang merasa kurang pede jika tidak menggunakan parfum wanita sebelum keluar rumah walaupun udah dandan cantik plus pakai pakaian yang kece sekalipun. Maklum parfum wanita sudah seperti kosmetik kebutuhan sehari-hari yang wajib dipakai.

memilih parfum wanita
Semprotin parfum dulu ah, biar pak suami lengket kaya perangko :p

Kenapa sih kaum hawa suka menggunakan parfum wanita?
Dari hasil nanya-nanya ke temen dan survei kecil-kecilan, manfaat memakai parfum wanita selain membuat si pemakainya menjadi wangi mayoritas mereka menjawab begini :

Meningkatkan rasa percaya diri

Parfum wanita dipercaya dapat meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Terlebih ketika bertemu dengan orang lain atau datang ke suatu acara. Paling tidak ketika mengobrol dengan orang lain, orang yang berada di dekat kita merasa nyaman dan tidak terganggu dengan bau badan yang timbul.

Menghilangkan bau badan

Meskipun sudah mandi dan memakai deodorant, ada sebagian wanita yang memiliki keringat berlebih sehingga menimbulkan bau tidak sedap. Keberadaan parfum wanita tentunya sangat menolong untuk mengatasi bau badan.

Meningkatkan mood

Menurut penelitian, aroma parfum dapat mempengaruhi emosi seseorang. Saat indra penciuman menghirup aroma parfum maka otak akan menerima sinyal yang kemudian diwujudkan berupa emosi, sikap, motivasi.
Contohnya, ketika menghirup aroma parfum wanita citrus, maka si pemakainya akan merasa lebih bersemangat. Beda halnya, ketika menghirup parfum wanita aroma lavender. Aroma lavender dikenal dapat membuat si pemakainya merasa lebih rileks dan tenang.
Saya punya temen yang punya beberapa aroma parfum wanita. Setelah saya tanya, dari beberapa parfum wanita yang dia punya, dipakai di kesempatan dan acara yang beda. Parfum wanita yang dia pakai saat kegiatan sehari-hari, beda aroma dengan parfum wanita yang dia pakai saat pergi acara formal. Alasan lainnya supaya, nggak bosan dengan aroma parfum wanita yang sama terus dan menjaga mood tetap bagus walaupun beraktifitas seharian.

Solusi praktis saat tidak sempat mandi

Kadangkala mandi pun menjadi tidak sempat ketika sedang dalam perjalanan jauh seperti mendaki gunung, pergi ke tempat terpencil yang fasilitasnya minim (tidak ada kamar mandi), atau seharian beraktifitas di luar rumah. Dengan menyemprotkan parfum wanita ke badan menjadi solusi praktis agar bau badan tetap wangi walaupun tidak mandi. Hihii…

Menyenangkan pasangan

Utamanya bagi pasangan yang sudah menikah. Tetap bisa tampil cantik dan wangi tentu akan membuat suami senang, walaupun seharian bergelut dengan urusan rumah tangga (baca : nyapu, ngepel, masak, nyetrika, ngurusin bocah, dsb). Udah menjadi tugas para istri nih, terlihat cantik dan wangi ketika suami sampai di rumah setelah pulang kerja. Setujuu…

memilih parfum wanita
Parfum selalu kubawa kemana-mana supaya tetep wangi..

Manfaat parfum wanita banyak banget kan..
Bingung milih kado buat temen, pasangan, atau keluarga ?

Nah.. Parfum wanita bisa dijadikan salah satu referensi kado yang bermanfaat dan pasti dipakai buat si penerimanya.
Sekarang saya mau kasih sedikit tips memilih parfum wanita untuk dijadikan kado.

Pilih parfum wanita yang sesuai dengan budget
Supaya lebih gampang milihnya, pilih parfum wanita berdasarkan jenisnya. Yang membedakan tiap jenis parfum wanita selain dari segi harga, kadar alkohol dalam parfum dapat mempengaruhi tingkat ketahanan wanginya.

Extrait (Perfume)

Parfum dengan kandungan senyawa aromatik 20-40 persen. Dengan satu kali pakai, bisa bertahan hingga 6-8 jam bahkan 24 jam. Harga bisa mencapai jutaan sampai puluhan juta. Bisa dibilang merupakan kelas tertinggi dari tingkatan parfum.

Parfum de Toillete (Eau de Parfum)

Parfum dengan kandungan senyawa aromatik 10-30 persen. Wangi dapat bertahan hingga 5-8 jam. Harga yang dibanderol bervariatif mulai dari jutaan hingga puluhan juta.

Eau de Toillete

Parfum dengan kandungan senyawa aromatik 5-20 persen. Wangi mampu bertahan hingga 3-5 jam. Umumnya dijual dengan harga ratusan ribu hingga jutaan, tergantung dari merk produk.

Eau de Cologne

Parfum dengan kandungan senyawa aromatik 2-5 persen. Parfum jenis ini banyak beredar di pasaran, dan umum dipakai banyak orang karena harganya yang relatif terjangkau, hanya sekitar ratusan ribu saja. Wanginya tidak dapat bertahan lama, hanya sekitar 2 jam saja.

Eau de Solid

Parfum dengan kandungan senyawa aromatik 1 persen. Biasanya parfum jenis ini berbentuk balm dalam wadah kecil sehingga sangat cocok untuk dibawa berpergian dan tidak meninggalkan noda di pakaian. Harga cukup terjangkau mulai puluhan ribu saja. Umumnya wangi parfum lebih lembut dan tidak dapat bertahan lama, dan harus sering dioleskan pada tubuh.

memilih parfum wanita
Ayoo dipilih-dipilih, dibeli semua juga gak papa kok.. :p
Ayoo dipilih-dipilih, dibeli semua juga gak papa kok.. :p

Pilih aroma yang disukai si pemakainya
Jangan malu buat bertanya apa merk parfum wanita kesukaan si penerima kado, agar tidak hanya dijadikan pajangan saja nantinya. Kan sayang yaa..
Atau bisa juga memilih parfum wanita berdasarkan dari karakter si penerimanya.

Wangi vanilla, biasanya lekat dengan sosok wanita yang punya pribadi lembut dan ceria. Aroma ini tidak begitu menyengat namun juga tidak begitu lembut.

Wangi rempah-rempah, umumnya disukai oleh wanita dengan pribadi yang suka membantu dan membaur dengan orang-orang di sekitar, dan mereka senang berbagi kebahagiaan dengan orang lain.

Wangi buah-buahan, umumnya disukai oleh wanita yang punya pribadi mandiri, santai, dan percaya diri.

Wangi bunga, umumnya disukai oleh wanita yang punya pribadi tenang, kalem, dan feminin. Aroma parfum yang cenderung manis dengan harum khas bisa menciptakan pribadi yang menyenangkan, menarik, dan berkesan.

Pilih kemasan yang unik dan cantik

Parfum dengan kemasan yang unik dan cantik lebih memiliki kesan saat si penerima kado melihatnya. Tidak jarang juga, dijadikan koleksi meskipun parfum di dalamnya sudah habis.

Semoga beberapa tips diatas bisa membantu anda menemukan parfum wanita yang pas untuk dijadikan kado yaa..

Sumber referensi gambar :

Pixabay.com

5 Replies to “Tips Memilih Parfum Wanita Untuk Dijadikan Kado”

  1. Iya sih pake prfum nigkatin percaya diri mb aplagi klo dh ketemu klien di kantor rasanya apek aja klo ga pake parfum hahaha

    1. Biar proses dealing makin lancar juga yaa.. hihi

  2. Tulisannya bermanfaat banget buat saya nih karena jujur saya belum paham benar mengenai jenis-jenis parfum. Makasi ya, Mbak

    1. Hi mba Monica, Semoga terbantu ya

  3. Parfum aku mah ga mahal2 hahahah… pakainya paling pas pergi2 aja sih. Aku suka sensitif dengan aroma2 gitu…jadi yang sedang2 aja. Pakai disemprotin deket urat nadi, leher, dekat sikut tangan aja udah cukup 🙂

Leave a Reply