Pisang Cavendish, Buah Berkualitas Dari Nusantara

Pisang Cavendish, Buah Berkualitas Dari Nusantara

Siapa yang hobi makan pisang ?

Di rumah saya, buah yang paling sering duduk manis di meja makan ya si pisang ini. Soalnya orang serumah pada suka makan pisang, apalagi si kecil. Sekali makan bisa langsung habis 1 pisang Cavendish ukuran single. Udah pada hafal banget donk sama pisang Cavendish ? Buah pisang dengan ciri khas kulit kuning terang bersih, ukuran sedang, rasa manis dan tekstur yang lembut ini memang jadi primadona dikalangan berbagai jenis buah pisang. Gimana ngga jadi primadona, begitu ngelihat sekilas tampilan luarnya aja udah bikin β€œhappy” pengen langsung nyomot dan masukin ke mulut. Padahal belom dimakan loo yaa.. baru ngebayangin aja. Seneng deh ketika belanja buah pisang, kulitnya seger kuning terang, buahnya padat. Ngga perlu waktu lama buat milih-milih masukin ke keranjang belanjaan.

🍌 Yuk kenalan sama pisang Cavendish Sunpride

Ketika mendengar kata Sunpride, buah apa yang pertama kali terlintas di pikiran ?

Pisang ?, Nanas ?, Melon ?, Jambu crystal ? Jeruk ?, Apel ?, Pepaya ?

Buah yang terlintas pertama di pikiran saya ialah

PISANG CAVENDISH..

Udah pada tahu seluk beluk pisang Cavendish belom ?

Pernah punya pikiran ngga ? Pisang Cavendish itu pisang import ?

Kulitnya kok bisa bagus gitu kira-kira diapain ya ? disemprotkah ? disuntikkah ?

β€œTak kenal maka tak sayang”

Bener sih kata pepatah, jika hanya tahu sepintas saja tanpa menyelami lebih dalam dan mencari tahu mengenai sesuatu hal, ya bisa saja berspekulasi sesuai apa dugaan dan pikiran masing-masing orang. Supaya dugaan kita sesuai dengan kenyataan, gimana kalau kita sama-sama cari tahu lebih dalam tentang si pisang cantik Cavendish ini, daripada halu ya kaan..

Sejak tahun 1995 PT. Sewu Segar Nusantara (Sunpride) telah fokus untuk mendistribusikan dan memasarkan buah lokal. Untuk menghasilkan buah-buah lokal berkualitas PT Sewu Segar Nusantara juga menggandeng Nusantara Tropical Farm (NTF). Pisang Cavendish sendiri ditanam di perkebunan Gunung Sewu Kencana Group yang berada di Lampung, tepatnya di Way Jepara, Lampung Timur. Istimewanya, Perkebunan di Lampung Timur ini sudah menggunakan sistem Good Agricultural Practice (GAP) untuk menghasilkan buah-buah terbaik dengan kualitas ekspor.

Tahukah kamu ?

Tiap pisang Cavendish Sunpride benar-benar dirawat dengan baik, dikontrol perkembangannya, sampai dengan rasa dan tekturnya pun benar-benar diawasi. Ternyata ini loo rahasia dibalik kulit pisang Cavendish yang bersih dan mulus.

  1. Pisang Cavendish dikembang biakan menggunakan metode kultur jaringan. Keunggulan bibit pisang hasil kultur jaringan dibandingkan dengan bibit dari anakan, bibit kultur jaringan terbebas dari penyakit seperti layu moko akibat Pseudomonas solanacearumdan layu panama akibat Fusarium oxysporum cubense.
  2. Kebun pisang dibagi dalam beberapa blok, berdasarkan urutan waktu penanaman dari bibit. Bibit yang digunakan pun merupakan bibit unggul melalui berbagai penelitian yang telah teruji oleh Sunpride,
  3. Tiap sisir pisang diberi pembatas agar tidak bergesekan dengan pisang yang lainnya,
  4. Lalu dibungkus keseluruhan tandan nya, dengan tujuan untuk menghindari serangan hama. Dengan cara ini pisang Cavendish benar-benar telindungi dari serangan hama, juga tidak menghindarkan dari penggunaan insektisida, pestisida, serta bahan-bahan kimia berbahaya,
  5. Masa panen dibagi tiap blok, kemudian 1 tandan pisang Cavendish yang telah dibungkus lalu dipotong dan digantungkan di rel untuk dibawa ke packing house,
  6. Saat sampai di packing house, pisang dibersihkan lalu diberi bantalan busa,
  7. Kemudian pisang dipotong-potong menjadi tiap sisir, kemudian dicuci bersih agar terbebas dari kotoran yang menempel,
  8. Dipotong-potong kembali menjadi tiap sisir yang lebih kecil,
  9. Setelah melalui proses pengeringan, tiap pisang ditempeli label Sunpride,
  10. Setelah pisang bersih dan diberi label Sunpride, pisang Cavendish siap untuk dikemas ke dalam kardus kemudian dikirim ke Jakarta kemudian didistribusikan ke cabang-cabang di berbagai kota seluruh Indonesia. [1]

Pantes aja yaa, kenapa pisang Cavendish Sunpride kulit luarnya mulus dan buahnya bagus. Ini semua tidak lepas dari kerja keras rekan-rekan PT Sewu Segar Nusantara (Sunpride) dan Nusantara Tropical Farm (NTF) untuk terus menjaga kualitas buah agar memenuhi standar dan terjaga keamanan pangannya. Dengan membeli buah-buahan Sunpride secara otomatis kita juga ikut mensejahterakan kehidupan para petani lokal. Salutt..πŸ‘

Saat ini pisang Cavendish telah didistribusikan dalam 2 jenis

Cavendish Banana

Pisang Cavendish juga telah hadir dalam kemasan single. Kemasan single ini pas banget dibawa saat berpergian atau dijadikan sebagai bekal camilan.Yummy..

Highland Cavendish Banana

PT Sewu Segar Nusantara (Sunpride) terus melakukan inovasi agar terus dapat memenuhi kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan buah-buahan segar dan berkualitas. Yang ditandai dengan kehadiran pisang Highland Cavendish. Ini merupakan inovasi pisang pertama kalinya yang ditanam di dataran tinggi Indonesia loo..

Perbedaan pisang Highland Cavendish dengan pisang Cavendish pendahulunya terletak pada

  1. Tempat penanaman

Pisang Highland Cavendish ditanam di dataran tinggi daerah Gunung Kelud, Blitar, Jawa Timur. Ditanam di atas ketinggian 600-1200 mdpl,

2. Lebih manis, lebih pulen, dan kaya nutrisi.

Udah pada ngicipin versi Highland Cavendish ini ?

Buahnya memang kelihatan lebih padat berisi, teksturnya lebih lembut, dan manis.

🍌Yuk konsumsi pisang tiap hari

Selain praktis dan langsung dilahap, pisang punya beberapa manfaat untuk tubuh kita loh, apalagi jika dikonsumsi secara rutin.

  1. Sumber kalium terbaik
  2. Sumber Energi

Setiap 100 gram pisang terkandung 136 kalori, berasal dari karbohidrat yang terkandung di dalamnya. Pisang kaya mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, besi, dan kalsium. Pisang juga mengandung vitamin, yaitu C, B kompleks, B6, dan serotonin yang aktif sebagai neurotransmitter dalam kelancaran fungsi otak.

3. Memperbaiki mood
Lagi bad mood, stress, sedih gara-gara duit di dompet tinggal 1 lembar gambar tari piring Ngarai Sianok ? Daripada diterus-terusin ntar malah bikin penyakit, mendingan cari solusinya supaya jadi good mood. Cobain deh makan buah pisang, di dalam buah pisang terdapat kandungan karbohidrat dalam pisang bermanfaat untuk memperbaiki mood yang buruk dengan penyerapan triptofan di dalam otak dan vitamin B6 dapat membantu mengubah triptofan untuk membuat suasana hati menjadi lebih baik. Triptofan juga bisa mencegah insomnia, depresi, dan kecemasan. Kadar serotin dalam pisang pun membantu memperbaiki suasana hati.

4. Baik untuk pencernaan
Ngalamin yang namanya susah BAB ? daripada konsumsi obat pencahar lebih baik banyak konsumsi air mineral dan pisang agar pencernaan menjadi lancar.

5. Menurunkan kolesterol
Dari hasil penelitian, serat pada pisang dapat menghambat laju pertambahan plak yang menempel pada dinding pembuluh darah di dalam tubuh. Sehingga dapat membantu mengurangi kolesterol jahat. Kandungan kalium dalam pisang dapat membantu menurunkan tekanan darah, serta dapat menurunkan kolesterol dan menyehatkan jantung.

6. Camilan sehat dan enak saat diet
Pisang merupakan salah satu buah yang direkomendasikan saat diet, karena pisang memiliki kandungan serat dan potasium yang sangat tinggi. Serat dan potasium berfungsi untuk menjaga efek kenyang lebih lama. Rasanya yang enak, membuat diet berjalan lancar dan menyenangkan.

Udah pada tahu donk, rutin mengkonsumsi pisang sangat baik untuk kesehatan. Berhubung stok pisang Cavendish udah habis di rumah, saya mau belanja dulu yaa..Pilih pisang pasti Sunpride 🍌

Semoga infonya bermanfaat 😊

 

Sumber referensi :

http://www.sunpride.co.id/2012/11/22/rahasia-dibalik-mulusnya-pisang-sunpride/ (diakses 10 September 2017)

 

6 thoughts on “Pisang Cavendish, Buah Berkualitas Dari Nusantara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *