Cara Atasi Anyang Anyangan Saat Hamil

Cara Atasi Anyang Anyangan Saat Hamil

Saya jadi ingat, temen saya ada yang pernah mengalami infeksi saluran kencing saat hamil dan sampai dioperasi. “Kok bisa sampai infeksi, sebabnya kenapa ya”?, tanya saya yang penasaran. Saat itu saya belum menikah jadi was was, ternyata saat hamil bisa saja terkena infeksi saluran kencing yaa, batin saya. “Aku sering nahan pipis, dan males bolak balik ke kamar mandi buat pipis”, jelas temen. “Yaampun pipis aja males?” tanggepan saya. Temen cuma bisa meringis getir..

Sekarang setelah jadi ibu ibu baru tau, ternyata emang bener orang hamil lebih resiko terkena anyang anyangan. Sebabnya apa sih?

Saat usia kandungan membesar secara otomatis janin akan menekan bagian kantung kemih. Bagian kantung kemih yang tertekan akan menimbulkan rasa ingin buang air kecil lebih sering dibandingkan dalam kondisi tidak hamil. Meskipun urin yang ada di dalam kantung kemih volumenya lebih sedikit. Nah.. jadi wajar yaa perempuan yang sedang hamil itu kerjaannya beser mulu, berasa jadi penghuni setia toilet. 😑

CIRI GEJALA INFEKSI SALURAN KEMIH SAAT HAMIL

Infeksi saluran kemih atas biasa disebut anyang anyangan, terjadi ketika bakteri E. Coli menyerang bagian tertentu dari sistem saluran kemih yang terdiri atas ginjal, ureter, kandung kemih dan uretra. Infeksi saluran kemih terbagi menjadi dua bagian, bagian bawah dan bagian atas.

Infeksi saluran kemih bawah

Infeksi yang terjadi pada uretra dan kandung kemih. Gejalanya :

1. Reaksi beser yang disertai nyeri atau perih saat buang air kecil,

2. Warna urin yang keruh,

3. Bau urin lebih menyengat.

Infeksi saluran kemih atas

Infeksi yang terjadi pada ureter dan ginjal. Gejalanya :

1. Nyeri pada bagian selakangan,

2. Rasa mual,

3. Demam.

FAKTOR PENYEBAB ANYANG ANYANGAN

1. Perubahan Hormon

Perubahan yang umum terjadi, dengan meningkatnya kadar hormon progesteron dan estrogen. Peningkatan kadar hormon ini akan meningkatkan suplai darah ke ginjal. Peningkatan suplai darah yang mengalir ke ginjal menghasilkan jumlah urin yang lebih banyak, sehingga mengakibatkan gejala anyang-anyangan.

2. Desakan rahim pada kandung kemih

Pada kehamilan trimester pertama (usia kehamilan 1-12 minggu), rahim yang terletak di rongga pelvis (panggul) akan terus mengalami pembesaran secara progresif. Kondisi rahim yang membesar ini membuat kandung kemih yang terletak di depan rahim terdorong atau terdesak. Sehingga kapasitas penampungan urin menjadi lebih kecil dan akibatnya kencing menjadi lebih sering yang kita kenal sebagai anyang-anyangan.

Di sisi lain, desakan rahim yang sangat parah bisa juga menyumbat saluran kencing yang menyebabkan urin tidak dapat dikeluarkan (retensi urin). Pada trimester kedua (kehamilan usia di atas 12 minggu) rahim akan membesar dan naik meninggalkan rongga panggul, akibatnya desakan pada kandung kemih akan berkurang. Hal ini menyebabkan gejala anyang-anyangan akan berkurang setelah melewati trimester pertama kehamilan.

Gejala anyang-anyangan biasanya memberat pada malam hari. Hal ini sangat mengganggu dan menyebabkan kelelahan pada ibu hamil karena sering terbangun malam hari untuk berkemih. Posisi berbaring saat tidur menyebabkan peningkatan volume darah dari perifer kembali ke jantung, yang selanjutnya akan meningkatkan volume darah ke ginjal. Akibatnya, volume urin yang dihasilkan oleh ginjal semakin bertambah dan frekuensi berkemih semakin sering [1].

ANYANG ANYANGAN HARUS DIWASPADAI JIKA..

Sebenernya Infeksi saluran kemih sangat umum dialami oleh perempuan yang sedang hamil, karena hormon kehamilan menimbulkan perubahan pada saluran kemih dan membuat lebih rentan untuk terkena infeksi. Memang rasanya gak enak banget yaa..tapi gak perlu kuatir berlebihan, karena akan berkurang seiring bertambahnya usia kehamilan.

Yang perlu diwaspadai jika anyang anyangan disertai dengan gejala seperti urin berwarna merah bercampur darah saat berkemih atau ada rasa nyeri ketika berkemih.

Urin yang bercampur darah atau rasa nyeri saat berkemih umumnya berhubungan dengan kelainan seperti infeksi saluran kemih atau batu saluran kemih. Infeksi saluran kemih pada kehamilan perlu ditindaklanjuti secara serius karena dapat berakibat fatal bagi janin yang dikandung. Apabila tidak teratasi, infeksi dapat menyebar ke saluran reproduksi hingga ke rahim yang meningkatkan risiko terjadinya ketuban pecah dini, persalinan prematur, bahkan keguguran.

Batu saluran kemih pada kehamilan dapat menyebabkan nyeri yang sangat mengganggu dan bahkan gangguan fungsi ginjal yang membahayakan bagi ibu dan janin. Jika tidak segera diatasi, dapat berakibat infeksi pada ginjal bahkan kelahiran prematur atau bayi lahir dengan berat badan kurang. Kalau mengalami kondisi seperti ini, sebaiknya dikonsultasikan dengan ahlinya agar tidak bertambah parah seperti temen saya sebelumnya yaa..

CARA MENGATASI ANYANG ANYANGAN

1. Menjaga kebersihan area kewanitaan,

2. Hindari menahan buang air kecil,

3. Ganti celana dalam yang basah atau berkeringat,

4. Hindari penggunaan douche atau sabun pembersih vagina,

5. Hindari minum kopi atau teh berlebih (karena dapat meningkatkan produksi urin(efek diuresis),

6. Minum air putih cukup ~ 2 liter per hari (hindari minum saat malam karena BAK terus menerus dapat mengganggu siklus tidur) [2],

7. Mengkonsumsi buah Cranberry atau supplemen yang mengandung ekstrak buah Cranberry.

Kandungan Cranberry yang kaya akan antioksidan dapat mencegah pertumbuhan bakteri E. Coli. Selain itu, antioksidan dikenal memiliki anti-adhesi yang membuat bakteri tidak akan menempel pada saluran kemih, sehingga mencegah bakteri menularkan infeksi.

Kandungan flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin, dan quercetin yang tedapat dalam buah cranberry terbukti ampuh melawan kanker.

anyang anyangan saat hamil

cranberry ekstrak

Susah nemuin buah Cranberry ? Tenang sekarang udah ada ekstrak buah cranberry Prive Uri-Cran. Prive Uri-Cran tersedia dalam 2 kemasan, yaitu bentuk kapsul serta powder sachet. Bedanya kemasan powder sachet ada kandungan tambahan vitamin C, lactobacillus achidopillus, bifidobacteriumbifidum. Prive Uri-Cran sudah tersedia di apotek kimia farma maupun berbagai apotek lainnya.

Referensi artikel :

[1] http://www.rspondokindah.co.id/id/health-articles/detail/114/anyang-anyangan-saat-hamil,-berbahayakah?

[2] http://www.alodokter.com/

Referensi gambar :

https://pixabay.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *