KARADENTA SKINCARE : KULIT WAJAH MULUS, SEHAT, CERAH, BEBAS BAHAN KIMIA BERBAHAYA

KARADENTA SKINCARE : KULIT WAJAH MULUS, SEHAT, CERAH, BEBAS BAHAN KIMIA BERBAHAYA

Siapa sih yang gak pengen punya kulit wajah mulus, tanpa jerawat, tanpa noda, cerah bersinar merona seperti artis korea ? Hayoo angkat tangan..🙋

Bicara masalah kecantikan memang tidak pernah ada habisnya yaa..👸

Usaha apa pun dilakoni demi mendapatkan kulit wajah menawan enak dipandang mata. Betul gak?

Kalau saya lihat acara entertainment di TV, ketika para seleb sedang melakukan perawatan wajah, saya jadi geleng geleng kepala berbie..

kucing-pusing-pala-barbie

Seleb cowok sama cewek sama sama saingan perawatan wajah. Bahkan ada yang sampe bela belain ke luar negeri segala demi punya wajah yang kece. Apa kabar saya ? Auk ah gelap..

Kadang kala ketika ingin wajah terlihat perfect, gak jarang kita sendiri pun jadi gelap mata dan mencoba segala cara, tanpa pikir panjang efek samping dari produk perawatan yang dipergunakan maupun dijalani di masa yang akan datang. Jadi inget saat kuliah dulu. Temen saya ada yang nawarin produk skincare buat mencerahkan wajah. Waktu itu saya juga gak pikir panjang sih. Di fikiran saya, pokoknya produk yang saya pakek ini berkerja baik sebagaimana kata kata dari teman, yang katanya udah menggunakan produk lebih dulu.

Kok bisa bisanya saya gak cross check lebih jauh.😑

Skincare ini, udah lulus uji sertifikasi BPOM apa belum ?

Apakah kandungannya aman?

Apakah sudah teruji secara klinis ?

Pada akhirnya saya gunakan secara rutin. Setelah pemakaian beberapa hari, kulit saya mengelupas sedikit demi sedikit. Paling menderita saat proses exfoliasi ini. Soalnya gak boleh terpapar sinar matahari, pake bedak pun gak disarankan, yang paling jengkelin rasanya pengen nutupin muka pake masker, daripada ditanya tanya beribu macam pertanyaan dari teman teman yang ngelihat muka saya jadi aneh bin ajaib.

Setelah proses exfoliasi, memang benar kulit wajah terasa lebih cerah daripada sebelumnya. Tidak lama kemudian muncul jerawat kecil kecil yang tidak berkesudahan. Hikss..

Merasa gak cocok sama produk skincare A saya beralih ke skincare B. Melalui proses ditawari dari teman yang berbeda. Parahnya lagi permasalahan kulit saya tidak terselesaikan. OMG *nangisberlian*

Dari berbagai macam pengalaman itu saya KAPOK ditawarin lagi sama temen produk perawatan wajah yang gak jelas juntrungannya. Lebih baik saya menggunakan produk yang sudah jelas tersertifikasi BPOM dan beredar resmi di pasaran. *sorry to say this..my friend*

BACA JUGA Azalea Hijab Dating : Solusi Atasi Permasalahan Rambut Perempuan Berhijab

PUTIH BERSIH SKINCARE DARI KARADENTA KLINIK

Sampai suatu hari saya diberi kesempatan oleh Karadenta klinik x Clozette ID mencoba langsung serangkaian produk perawatan wajah Putih Bersih Skincare.

skincare karadenta

Keunggulan Putih Bersih Skincare dari Karadenta klinik ini sudah tersertivikasi di BPOM dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya seperti

☠Hidroquinon

☠Merkuri

☠Steroid

☠Tretionin

☠Paraben

Sebelum saya bahas panjang lebar serangkaian produk dari Karadenta, gimana kalau kita memahami dulu seluk beluk bahan kimia berbahaya yang masih banyak terkandung di dalam berbagai macam produk perawatan wajah dan kosmetik. Agar meningkatkan awareness terhadap skincare yang kita pergunakan.

Hidroquinon
Hidroquinon banyak digunakan oleh produk kosmetik karena sifatnya antioksidan dan depigmenting agent (zat yang mengurangi warna gelap pada kulit).

Efek samping yang umum terjadi :

  • Setelah paparan hidrokinon pada kulit adalah iritasi, kulit menjadi merah (eritema), dan rasa terbakar. Efek ini terjadi segera setelah pemakaian hidrokinon konsentrasi tinggi yaitu diatas 4%. Sedangkan untuk pemakaian hidrokinon dibawah 2% dalam jangka waktu lama secara terus-menerus dapat terjadi leukoderma kontak dan okronosis eksogen.
  • Leukoderma kontak/Vitiligo
    Vitiligo atau leukoderma adalah penyakit kulit yang dicirikan dengan hilangnya pigmen kulit akibat disfungsi atau matinya melanosit.
    menyebabkan noda-noda depigmentasi atau tanpa pigmen dengan area hiperpigmentasi berupa bintik-bintik hitam (leukoderma-en-confetti).
  • Okronosis Eksogen
    Okronosis merupakan diskolorisasi kulit berwarna biru kehitaman yang biasanya disebabkan penyakit alkaptonuria (penumpukan homogentisic acid / HGA). Alkaptonuria juga berhubungan dengan efek sistemik lainnya seperti gejala osteoartritis dini, urin yang berwarna gelap dan warna kehitaman yang tampak pada sklera dan telinga.[1]

Merkuri

Merkuri seringkali disalahgunakan dalam kosmetik, terutama pada krim pemutih dan bedak. Pemakaian kosmetik yang mengandung merkuri dapat menimbulkan iritasi kulit, bintik-bintik hitam, penipisan kulit, dan dalam jangka panjang dapat menyebabkan kanker kulit. Merkuri pada kosmetik ini dapat diserap oleh kulit dan diedarkan oleh darah ke seluruh tubuh. Efek toksisitas merkuri terutama pada organ ginjal dan susunan saraf pusat. Merkuri di dalam darah akan mengendap di dalam ginjal yang mengakibatkan gagal ginjal. Merkuri juga akan menyerang sistem saraf pusat sehingga menimbulkan gangguan sistem saraf seperti tremor, insomnia, pikun, gangguan penglihatan, ataksia (gerakan tangan tidak normal), gangguan emosi, dan depresi.

Merkuri tergolong bahan teratogenik atau bahan yang dapat menimbulkan kerusakan pada janin dan gangguan pertumbuhan bayi. Merkuri yang terdapat dalam tubuh ibu yang sedang hamil dapat mengalir ke janin yang dikandungnya dan terakumulasi sehingga mengakibatkan gangguan pada janin bahkan dapat menyebabkan keguguran. Merkuri juga dapat masuk ke tubuh anak melalui ASI, sehingga mengakibatkan kerusakan otak, retardasi mental, kebutaan, dan bisu, selain itu dapat juga terjadi gangguan pencernaan dan gangguan ginjal.[2]

Steroid
Steroid, kadang disebut juga corticosteroid, adalah bahan yang biasanya digunakan untuk mengurangi peradangan, contohnya pada kulit yang memerah dan gatal-gatal. Jika dikonsumsi dalam kadar tinggi atau secara berkelanjutan, steroid yang tergolong kuat ini dapat menyebabkan katarak dan pelemahan tulang.

Khususnya untuk kulit, efek samping dari pemakaian steroid adalah penipisan pada lapisan kulit. Jika kulit menjadi terlalu tipis, orang tersebut akan lebih mudah tergores atau terluka. Steroid yang dioleskan pada kulit dapat terserap oleh tubuh lalu masuk ke dalam pembuluh darah. Efek samping lainnya adalah:

  • Telangiektasis : pembuluh darah kapiler nampak pada permukaan kulit akibat tipisnya lapisan kulit.
  • Jerawat
  • Memperlambat penyembuhan luka[3]

Tretionin
Asam retinoat juga dikenal dengan sebutan tretinoin (all-trans-retinoic acid) yang digunakan dalam terapi jerawat.

bahayanya penggunaan tretionin :

  • Potensi sebagai iritan
  • Pada kulit normal, asam retinoat yang dioleskan akan menimbulkan peradangan pada kulit. Gejala yang sering muncul adalah sensasi rasa agak panas, menyengat, kemerahan, eritema sampai pengerasan kulit.
  • Potensi sebagai zat karsinogen (menyebabkan kanker)
  • Potensi sebagai zat teratogen (menyebabkan cacat janin)[4]

Paraben
Paraben adalah zak kimia yang biasanya digunakan sebagai bahan pengawet pada produk kecantikan. Ada bebagai jenis paraben dan tidak semuanya berbahaya. Beberapa jenis paraben diketahui dapat berubah menjadi racun apabila terpapar oleh sinar ultraviolet, antara lain metil dan etil paraben, yang dapat menyebabkan kerusakan kulit dan penuaan dini. Selain itu, beberapa penelitian juga mengatakan paraben yang dikonsumsi dalam tubuh memiliki sifat seperti hormon estrogen yang dalam kadar berlebihan terkait dengan kejadian kanker. Meskipun produk-produk kecantikan mengandung paraben dalam kadar yang rendah dan aman, tetapi banyaknya produk yang menggunakan paraben beresiko menyebabkan akumulasi paraben dalam tubuh.

Menghindari produk kecantikan yang mengandung paraben lebih dianjurkan. Karena meskipun produk-produk alami bebas paraben cenderung memiliki daya tahan pendek dan cepat rusak/busuk, tetapi keamanan dan efek samping paraben dapat dihindari.[5]

Nah…gimana? Apakah masih mau pakai sembarang produk yang mengandung bahan kimia berbahaya ini ?

REVIEW PUTIH BERSIH SKINCARE

PT Putih Bersih Dermaessen Ind memproduksi produk perawatan wajah dengan 2 jenis varian yang disesuaikan dengan kondisi kulit wajah kita.

1. Whitening Skincare yang berfungsi untuk pencerahan kulit wajah – ditujukan untuk kulit normal

2. Acne Skincare yang berfungsi untuk menghilangkan jerawat – ditujukan untuk kulit berminyak

Karena kulit wajah saya saat ini tidak berjerawat jadi saya pilih whitening skincare

Whitening skincare terdiri dari

Facial Wash, milk Cleanser, tonner, serum vitamin C, arbutin white cream, sunscreen whitening.

Digunakan saat pagi hari

Tahap pertama
Menggunakan Facial Wash Normal

skin care facial wash

Berfungsi untuk membersihkan debu, kotoran, dan minyak yang menempel di kulit wajah.

Kesan Pertama

Sabun muka berbentuk cair berwarna putih dengan wangi bunga. Kemasannya kecil praktis dibawa ketika berpergian. Caranya cukup tuang facial wash normal sedikit ke telapak tangan lalu tambahkan air dan gosok hingga berbusa. Kemudian basuhkan ke wajah sambil dipijat arah memutar, bilas bersih dengan air.

Kandungan

Aqua, lauryl glucoside, cocamidopropyl, betaine, acrylates/steareth-20, methacrylate copolymer, sodium lauroyl, sarcosinate, lactic acid, glycol distearate, sodium laureth sulfate, sodium lactate, citric acid, pantheon, parfum, allantoin, triethanolamine, cocamide mea, laureth-10, quaternium-15, propylene glycol, chamomilla recutita flower extract, sodium benzoate, sorbic acid, potassium sorbate.

Tahap kedua
Menggunakan Sunscreen Whitening

SKIN CARE SUN SCREEN karadenta SKIN CARE SUN SCREEN karadenta

Sebagai krim pagi sekaligus sunscreen wajah, berfungsi untuk melindungi kulit wajah dari sengatan sinar matahari sekaligus mencerahkan wajah.

Kesan Pertama

Krim berwarna putih, berbau harum tetapi tidak menyengat. Tekstur ringan dan mudah menyerap di kulit wajah. Dipakai saat pagi hari baik saat di dalam ruangan maupun beraktifitas di luar ruangan, dengan cara dioleskan ke wajah secara merata sebelum memakai bedak.

Kandungan

Aqua, octocrylene, stearic acid, caprylic/capric, triglyceride, glycolic acid, propylene glycol, c 12 – 15, alkyl benzoate, phenylbenzimidazole sulfonic acid, triethanolamine, ceteth-20, benzophenone-3, cetearyl alcohol, glyceryl stearate, ceteareth-20, acrylates/ c 10-30 alkyl acrylate crosspolymer, dimethicone fragrance, cetearet-12, cetearyl alcohol, cetyl palmitate, quaternium-15.

Digunakan saat malam hari

Tahap pertama
Menggunakan Milk Cleanser

skin care milk cleanser karadenta skin care milk cleanser karadenta

Berfungsi untuk membersihkan kulit wajah baik setelah seharian beraktifitas maupun menggunakan make up.

Kesan Pertama

Ketika saya gunakan efektif mengangkat kotoran di wajah, tidak perlu banyak menghabiskan kapas. Cukup gunakan sedikit saja (sebesar biji jagung) di pipi kanan an kiri, dahi, dagu dan hidung lalu usap kea rah atas dengan kapas.

Kandungan

Aqua, sunflower oil, c12-15 alkyl benzoate, propylene glycol, caprylic/capric, triglyceride, glyceryl stearate, ceteareth-20, dimethione, cetearyl alcohol, ceteareth-12, cetearyl alcohol, cetyl palmitate, acrylates/c10-30 alkyl acrylate crosspolymer, panthenol, sodium lactate, triethanolamine, BHT, parfum, disodium edta, quaternium-15, sodium acrylates copolymer, tocopherol, paraifium liquidum, ppg-1 trideceth-6 sorbitan oleate.

Tahap kedua
Menggunakan Refreshing Toner

skin care toner karadenta skin care toner karadenta

Berfungsi sebagai penyegar, dipakai setelah menggunakan milk cleanser terlebih dulu bertujuan untuk menutup pori pori kulit wajah setelah dibersihkan menggunakan milk cleanser.

Kesan Pertama

Cairan toner berwarna biru ini ketika diusapkan ke kulit wajah terasa segar dan tidak perih sama sekali. Tuang refreshing toner ke kapas lalu usap perlahan pada wajah.

Kandungan

Aqua, alcohol denat, propylene glycol, sodium lactate, propylene glycol, allantoin, panthenol, lactic cid, aqua, chamomilla recutita flower extract, quaternium-15, camphor, sodium benzoate, sorbic acid, potassium, sorbate, ci 42090.

Tahap ketiga
Menggunakan Serum Vitamin C 10%

serum vitamin c karadenta serum vitamin c karadenta

Vitamin C penting untuk kulit wajah kita yang berfungsi untuk anti aging, menghaluskan, mencerahkan, menyamarkan flek hitam dan bekas jerawat, antioksidan, membantu pembentukan kolagen, melembabkan kulit, menutrisi kulit.

Kesan Pertama

Berwarna bening dengan tekstur agak kental seperti gel, tidak berbau, dan mudah menyerap di wajah. Yang saya suka disini wadahnya ramping seperti bolpoin dengan tutup berbentuk pump praktis di bawa kemana mana.

Kandungan

Aqua, ascorbic acid, propylene glycol, biosaccharide gum -1, hydroxyethyl cellulose, disodium edta, quatemium-15.

Tahap keempat
Menggunakan Arbutin White Cream

night cream karadenta

Dipakai saat malam hari sebagai krim malam, agar kulit wajah tampak lebih cerah.

Kesan Pertama

Krim berwarna putih, tidak berbau harum sama sekali. Teksturenya ringan, tidak lengket dan cepat meresap ke kulit wajah. Cocok digunakan untuk pengguna yang kurang suka bau harum.

Kandungan

Aqua, Sunflower (Helianthus Annuus) Seed Oil, Stearic Aciid, Propylene Glycol, Arbutin, Cetearyl, Alcohol, Glyceryl Stearato, Glycyrrhiza glabra extract, mulberry, (morus alba) root extract, ceteareth-20, dimethicone, ceteareth-12, cetearyl alcohol, cetyl palmitate, acrylates/c 10-30 alkyl acrylate crosspolymer, triethanolamine, phytic acid, disodium edta BHT Quatenium-15, tocopherol.

Setelah rutin menggunakan rangkaian whitening skincare, wajah saya dalam kondisi sehat (tidak muncul efek samping sama sekali), kulit menjadi lembab,tampak bersih dan tidak kusam. Cocok digunakan untuk jangka waktu panjang karena minim efek samping, menggunakan bahan yang aman dan sudah terdaftar di BPOM. Saking amannya, Putih bersih skincare dapat diggunakan oleh ibu menyusui loh.. Harga juga sangat affordable masih bisa dijangkau anak sekolahan dan mahasiswa.HIHI

Putih bersih skincare bisa dibeli dimana ?
Di seluruh Karadenta Klinik yang tersebar di beberapa kota yaitu Bandung, Malang, Samarinda, Surabaya.

Nah.. kalo di luar kota kota itu gimana donk ?
Don’t worry kalian tetep bisa dapetin produknya via online dan berkonsultasi via online. Asikk kan..

Info lebih detail silahkan follow social medianya

Fanpage karadenta clinic

Instagram @karadentaclinic

Twitter @karadentaclinic

KARADENTA BANDUNG 
Open : Monday-Saturday (10.00 – 6.00 pm)

Jl. Rereng Wulung No. 27

WA 082130156699

Ph. 022-20455887

BBM D82D4C13

Line ID : bcbandung

KARADENTA MALANG
Open : Monday-Saturday (10.00 – 6.00 pm)

Ruko WOW Blok AP1/15, Sawojajar Malang

WA 081233688831

Ph. 0341-3029834

BBM. 5788283E

Line : @fec9494i

KARADENTA SAMARINDA
Open : Monday-Saturday (9.00 – 6.00 pm)

Jl. Kadrie Oening (sebelah RM Handayani)

WA 082155221133

Ph. 05414115029

BBM. D265028D

Line : tiarandini

KARADENTA SURABAYA
Open : Monday-Saturday (9.00 – 06.00 pm)

Jl. Kutisari Selatan II No. 80J, Kec. Tenggilis Mejoyo

WA 081234642484

Ph. 031-99842133

BBM. 57A20088

Line : karadenta_surabaya

Sumber referensi :

[1], [2], [4], [5]  http://ik.pom.go.id/

[3]  http://www.alodokter.com

13 thoughts on “KARADENTA SKINCARE : KULIT WAJAH MULUS, SEHAT, CERAH, BEBAS BAHAN KIMIA BERBAHAYA

  1. Aduh aku kalau baca2 efek samping skin care abal2 suka ngeri sendiri. Memang penting banget ya cross check keamanan produk sebelum pakai

    Karadenta ini bagus ya, terbukti deh mbak Fani makin kece

  2. Aku paling takut pakai krim2 dari klinik. Makanya gak pernah perawatan ke klinik. Tapi pernah sih perawatan di karadenta, cuma gak pakai produk krim lengkapnya. 😀

  3. Cerah berseri wajahnya. Makin makin cantik setelah pakai produk Karadenta ya 🙂

    saya pernah merasakan kulit wajah mengelupas waktu chemical peeling. Seminggu nggak keluar rumah. Ga boleh kena matahari. Tapi abis itu muka jadi lebih cerah dan bersih. Perawatan paska peeling sampe setahun. Hehe. Ribet dan capek sih..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *