SURABAYA PATATA : MENCICIPI OLEH OLEH SURABAYA YANG KEKINIAN

SURABAYA PATATA : MENCICIPI OLEH OLEH SURABAYA YANG KEKINIAN

Surabaya sebagai ibu kota Provinsi Jawa Timur, Indonesia sekaligus merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta tentunya selalu memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun mancanegara untuk mengunjunginya. Memiliki banyak bangunan bersejarah, pusat perbelanjaan, Mall, tempat wisata, berbagai kuliner khas selalu membuat wisatawan kerap datang kembali ke Surabaya.

Melihat tingkat antusiasme wisatawan yang datang ke Surabaya cenderung mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, bisnis oleh oleh Surabaya menjadi salah satu bisnis yang tentu saja menjanjikan ke depannya. Hal ini mampu direspon cepat oleh para artis. Yaa.. bisnis oleh oleh memang lagi menjadi trend di kalangan artis. Kota kota besar maupun kota asal kelahiran menjadi target mereka membuka bisnis ini. Kali ini, dua kakak beradik kompak untuk mengisi peluang bisnis oleh oleh di Surabaya. Yap..Ria Ricis, seorang youtuber yang baru saja meluncurkan film terbarunya (Selebgram) bersama sang kakak Oki Setiana Dewi ingin bersaing di bidang kuliner dalam bentuk oleh oleh di Surabaya.

Buat kalian yang pengen cobain oleh oleh kekinian Surabaya plus selfie bareng @riaricis1795 @okisetianadewi yuk buruan ke @surabayapatata sekarang yaa.. . .. … Pake outfit kuning supaya kalian bisa dapet totebag spesial dari @surabayapatata 👍 . . #KulinerSurabaya #OleholehSurabaya #SurabayaPatata #Surabaya #Selfie #tbt

A post shared by Syarifani (@syarifani89) on

Bermula dari kunjungan Ria Ricis ketika sedang jalan jalan ke kota Malang, Jawa Timur. Melihat bisnis oleh-oleh dari sahabat kakak ipar, Teuku Wisnu yang telah lebih dahulu tumbuh pesat di kota wisata tersebut, sukses menginspirasi Ria Ricis untuk membuka bisnis serupa. Kemudian Ria Ricis mendiskusikan keinginannya bersama sang kakak untuk membuka bisnis kuliner oleh oleh. Gayung pun bersambut, sang kakak juga sangat setuju dengan ide bisnis tersebut dengan suka cita. Dengan berbagai pengalaman yang telah mereka dapatkan pada akhirnya sepakat untuk berkolaborasi membuka bisnis oleh oleh di kota pahlawan, Surabaya.

Varian Surabaya Patata

Surabaya patata

Patata merupakan cake berbahan dasar kentang yang berasal dari bahasa Spanyol yang artinya “kentang”. Dengan resep yang sudah mereka berdua racik sedemikian rupa, akhirnya cake ini hadir dengan daya tarik dan ciri khas tersendiri terutama karena ada lumeran di tiap gigitannya. Lima varian rasa akhirnya muncul saat grand opening hari ini 13 Mei 2017, antara lain

Greentea Patata

Rasa yang populer saat ini juga hadir dalam bentuk cake dengan baluran bubuk greentea di seluruh lapisan luarnya, cake dengan rasa greentea, di bagian dalamnya diisi dengan lumeran coklat. Bagian bawah cake greentea patata terdapat alas berwarna krem yang menyatu dengan cake dan kalau digigit rasanya seperti vanilla. Filling coklat di dalamnya berasa nendang banget. Maksudnya bener bener kerasa coklatnya dan saya rasakan tidak ada campuran bahan lain sehingga coklatnya kental dan lumer di mulut. Greentea Patata dihargai IDR 67k.

Black Patata

Terinspirasi dari biskuit Oreo yang rasanya disukai banyak orang, Surabaya Patata hadir dengan cake hitam yang bagian luarnya dibalur dengan bubuk biskuit Oreo. Begitu digigit di bagian tengah terdapat cream dengan rasa oreo yang bercampur dengan vanilla. Ati ati cemong item yaa kalo makan varian black ini soalnya bubuk biskuit Oreo menyelimuti seluruh bagian luar Black Patata ini. Black Patata dihargai IDR 68k.

Cheese Patata

Cake dengan cita rasa keju, bagian luarnya diberikan topping full cheese..Begitu digigit terasa cream cheese yang ciamik soro.. Bagian bawah cake cheese patata terdapat alas berwarna krem yang menyatu dengan cake dan kalau digigit rasanya seperti vanilla. Yang saya suka kejunya tidak berasa asin dan tidak eneg walaupun dicamilin banyak sekalipun. Ternyata keju yang digunakan adalah keju dengan kualitas premium yang biasa digunakan di hotel maupun resto. Pantess..wenakk..Buat kalian cheese lover wajib cobain varian ini. Cheese Patata dihargai dengan IDR 68k.

Nutella Patata

Selai coklat favorit banyak orang “Nutella” juga hadir dalam bentuk cake coklat yang dibalur dengan topping bubuk coklat. Begitu digigit kita akan merasakan cita rasa nutella di dalamnya. Bagian bawah cake nutella patata terdapat alas berwarna krem yang menyatu dengan cake dan kalau digigit rasanya seperti vanilla. Nutella Patata dihargai dengan IDR 65k.

Banana Peanut Patata

Buah yang biasa dijadikan dalam isiian roti ini hadir dalam bentuk yang berbeda dari biasanya. Cake dengan rasa pisang yang di balur dengan bubuk kacang halus. Begitu digigit kita akan merasakan lelehan coklat di dalamnya. Kalau saya pribadi, kurang suka dengan kacang, namun setelah cobain langsung banana peanut ini rasa kacangnya tidak terlalu terasa karena memang teksturnya berbentuk bubuk halus. Jadi masih bisa diterima dengan baik di lidah saya ..*okesip* Banana Peanut Patata dihargai dengan IDR 65k.

Hebatnya walaupun varian rasa dari Surabaya Patata ini dikenal eneg kalau kebanyakan, tapi ketika saya camilin langsung dan dalam jumlah yang banyak pun tidak merasa eneg sama sekali. Malah pengen nambah terus *hihi*.

Harga bervariasi sesuai dengan rasa yang dihadirkan. Menurut saya, cake ini tidak hanya sekedar dijadikan oleh oleh ketika sedang berkunjung ke Surabaya, menariknya karena bentuk cake ini bulat menyerupai cake ulang tahun, bisa dijadikan referensi untuk memberikan surprise spesial ke orang-orang tersayang di hari ulang tahun mereka. Tinggal di pasangin lilin jadi deh cake ulang tahun yang beda tentunya karena ada filling di tiap gigitannya..yummy

Surabaya Patata secara resmi dibuka tepat pada hari Sabtu tanggal 13 Mei 2017 yang berlokasi di Jl. Dharmahusada No. 187 Mojo-Gubeng Surabaya. Acara dimulai dengan pemotongan pita sebagai bentuk simbolis oleh Ria Ricis, kemudian Ria Ricis menemui serta melayani langsung para pengunjung yang datang. Menariknya, ada pengunjung yang sudah datang sejak pagi dini hari agar dapat kesempatan untuk dapat bertatap muka langsung dan mengabadikan momen dengan Ria Ricis. Mereka dengan tertib dan penuh kesabaran yang amat sangat tetap mengantri dari pagi sebelum outlet buka. Wow..

Ria Ricis juga memberikan apresiasi lebih kepada 10 pengunjung pertama yang telah datang lebih dulu dan sabar menunggu hingga outlet buka dengan mengajak mereka makan siang ekslusif bersama. Ria Ricis juga mengadakan flip bottle challenge kepada pengunjung terpilih.

Detailnya bisa dilihat di video bawah ini yaak..

Pada hari minggu tanggal 14 Mei 2017, Ria Ricis juga akan melayani konsumen kembali secara langsung dan ditemani dengan sang kakak, Oki Setiana Dewi. Kemudian dilanjutkan dengan makan bersama fans terpilih yang telah datang saat acara Grand Opening.

Saatnya penilaian..

Penilaian ini murni testimoni saya secara personal setelah datang dan mengicipi langsung rasa Surabaya Patata. Nilai 1 untuk yang terburuk dan nilai 5 untuk yang terbaik.

Kemasan (4/5)

Dominasi warna kuning, kemasan pas dengan bentuk cake, memudahkan kita membawanya karena memang tidak terlalu besar. Menariknya kemasan ini kaya akan informasi. Mengingatkan kita untuk makan dengan adab yang baik, komposisi, tanggal expired, alamat dan semua media sosialnya.

Rasa (4/5)

Ini favoritku Greentea Patata

Cake bulat dengan diameter ±14 cm ini, saya akui rasa manisnya pas. Karena pada dasarnya saya kurang suka makanan yang terlalu manis dan rasa yang terlalu kuat. Bisa jadi karena bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Surabaya Patata ini bahan pilihan dengan kualitas premium. Teman-teman, Suami, dan mbak saya sepakat kalo rasa Surabaya Patata ini enak dan tidak eneg. Kimika juga suka banget setelah saya suapin. Nyam..Kalau saya disuruh milih salah 1 rasa yang paling favorit, saya bakal pilih GreenTea Patata.

Harga (3/5)

Dari segi harga saya akui kurang ramah di kantong..hiks..Tapi kalo udah ngerasain langsung semua varian Surabaya Patata, rasa yang kita dapetin terbayar lunas semua. Bisa dibilang ada harga, ada rasa lah yaa..

Lokasi (3/5)

Surabaya patata lokasi

Lokasinya mudah dijangkau karena di pinggir jalan raya. Cuma kalau kita naik mobil parkirnya agak susah karena lahan parkir yang terbatas. Ketika mengantri masih harus berdiri lama juga, akan lebih baik jika disediakan nomer antrian dan tempat duduk untuk pengunjung yang datang. Atau kalau gak mau repot delivery order saja lah ya.

Overall, Surabaya Patata ini recommended untuk dijadikan oleh oleh untuk orang tersayang maupun sekedar dijadikan penambah daftar camilan di rumah.

Kalau kalian mau cobain rasa Patata apa ? Tulis di komen bawah yaa..

Surabaya Patata
Jl. Dharmahusada 187 Mojo Gubeng, Surabaya
(Seberang sambal Bu Rudy, sebelah maxone hotel)
Open hours: 07:00-22:00 WIB

12 thoughts on “SURABAYA PATATA : MENCICIPI OLEH OLEH SURABAYA YANG KEKINIAN

  1. ea blm jg cobain yg uda uda baru tau ada yg ini mba hahha artis lg menjamur bikin cake kyk gini y smg masyarakat biasa ga takut untuk bersaing sehat. rezeki tak kan tertukar dan lidah ga kan diboongin ☺️

  2. Kalau melihat tekstur rotinya sih makan sepotong udah eneg. Oiya, ini roti ada pke lapisan adonan pastry seperti punya snow cake ga?
    Gede juga ya ukurannya bisa jadi 16 potong..

    1. Ga ada sama sekali mbak, real cake yang ada isi ditengahnya, semacem cake Ulang tahun gitu. Mumpung lagi ada diskon 50% sampe 31 Mei ini cobain deh 👍

  3. addduuuh nyesel aku rek puasa2 malah main ke postingan ini. Ngileerrrr….apalagi yang cake oreo itu. Dan kebetulan aku selalu suka kue yang berbahan dasar kentang. Wah makinlah ini ngeces melulu… ampun dijeee…pengen bangeetttt. Pengen banget ada yg beliin kue ini maksudnya 🙂

  4. wahhh seriuss nih kan emang enakkk banget kue satu ini, bikin ketagihan, apalagi yang nutella, hemmm enak banget, yang blom tau rasa-rasa dri surabaya patata atau mau cari informasi lbih lanjut cek di webnya langsung aja guys di surabayapatata.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *