Camilan Favorit Selama Menyusui

Camilan Favorit Selama Menyusui

Pengalaman pertama jadi ibu menyusui itu bawaannya laper terus. Rasanya semua makanan yang ada di meja makan mau dilahap. *asal ga makan mejanya aja ya*.πŸ˜›

Apa kabar diet?

Sepertinya bakal libur diet selama menyusui deh *hiks* πŸ˜‚

Kalo saya bosen makan nasi biasanya lari ke nyamil. Adakah yang seperti saya? *toss*πŸ–

Cuma semakin hari semakin selektif terhadap camilan yang akan saya konsumsi. Pastinya harus sehat, rendah lemak (inget berat badan), dan bergizi (karena diminum sama anak juga).

Cari camilan yang sehat dan bergizi emang rada susah yaa..(pengalaman pribadi)

Kalau pergi ke toko camilan, swalayan, mini market yang ada camilan yang enak-enak tapi tinggi lemak dan kolesterol.

Terus mau nyamil apa donk? 

Tenang saya bakal kasih tau yaa..

1. Buah kaya cairan

Jeruk
Ibu menyusui membutuhkan lebih banyak Vitamin C dibadingkan ketika sedang hamil. Bila tidak sempat makan buah jeruk, dapat juga meminum air jeruk peras yang asli dan alami sebagai asupan vitamin dan antioksidan bagi tubuh Ibu dan bayi. Selain jeruk, kita juga dapat mengonsumsi lemon, jeruk nipis dan buah sejenis jeruk lainnya. Biasanya saya konsumsi jeruk hangat tiap harinya..

Pepaya
Untuk menghindari dehidrasi dan menambah tenaga agar tidak mudah lelah sebaiknya ibu menyusui mengonsumsi buah pepaya. Buah pepaya mengandung banyak kalium yang bermanfaat untuk meningkatkan cairan tubuh sehingga menghindari dehidrasi dalam kegiatan menyusui, selain itu cairan tubuh pada ibu menyusui juga merupakan sumber energi bagi sang bayi, sehingga ketika cairan pada ibu tercukupi kebutuhan sang bayi juga akan terjaga. Pengalaman ketika saya makan papaya, ternyata memang benar badan lebih segar dan tidak mudah lelah.

Kurma dan Kismis
Buah yang mengandung kalsium yang tinggi seperti kurma dan kismis akan meningkatkan produksi Air Susu Ibu (ASI) dengan cara konsumsi minimal 1/2 gelas kurma atau kismis kering segar tiap harinya. Waktu puasa tahun lalu saya konsumsi kurma saat masih menyusui Kimika yang berusia 5 bulan. Alhamdulillah masih bisa puasa walaupun penuh perjuangan, mungkin ada pengaruh dari si kurma ini ya..

PicsArt_04-28-07.35.10

Kelapa
Semua komponen buah kelapa, baik air dan dagingnya ternyata memberikan banyak manfaat untuk Ibu menyusui. Kandungan mineral dan elektrolit yang terdapat di air kelapa mampu menjaga Ibu agar tetap terhidrasi dengan baik. Sedangkan daging kelapa sendiri mempunyai peran meningkatkan produksi Air Susu Ibu (ASI). Selain itu, Buah kelapa juga mengandung kandungan zat besi yang cukup tinggi sehingga mampu memberikan manfaat untuk mencegah anemia pada Ibu dan bayi.

Air degan ini seger banget, apalagi pas diminum saat cuaca cerah, matahari bersinar terang, panas benderang. Wuih berasa kaya nemu air segar di tengah padang pasir. *mulai lebai*

2. Sayuran

Sayuran merupakan sumber utama zat besi, serat, folat, beta-karoten, vitamin C, lycopene, flavonoids dan beta-glukan. Mengonsumsi makanan kaya zat besi membantu mempertahankan tingkat energi ibu menyusui dan dapat mencegah anemia. Asam Folat atau folat sangat penting dalam pembentukan sel darah merah. Bosen sama sayur asem, sayur bening, sayur sop akhirnya sayur dijadikan camilan juga. Saya suka konsumsi keripik sayur, selain renyah, sehat juga. Atau yang lebih praktis minum jus sayuran, cobain deh..seger..

PicsArt_04-28-07.30.15

3. Kacang-kacangan
250-300 mg kalsium dikeluarkan pada ASI per hari jadi penting bagi ibu menyusui untuk mengkonsumsi cukup asupan kalsium

Kacang kedelai
Makanan yang berasal dari kacang kedelai biasa kita jumpai sehari-hari seperti tahu dan tempe. Karena tiap pagi ada mas – mas jual tahu tempe keliling rumah, jadi tahu tempe ini jadi camilan juga akhirnya..

Edamame
Edamame atau kacang kedelai jepang memiliki kadar kalsium yang tinggi, yaitu sekitar 98 mg kalsium. Cukup direbus sebentar saja rasanya enak. Favorit camilan saya saat di rumah nih, enak dan enggak eneng walaupun makan sebanyak apapun.

Kacang Almond
Selain kaya kandunagn vitamin E, kalium dan zat besi, kacang almond memiliki kandungan kalsium sebanyak 72 mg per ΒΌ cangkirnya. Walaupun harganya lebih mahal dibandingkan kacang tanah dan kacang mede, namun setara dengan berbagai manfaat yang akan didapatkan. Biasanya saya jadiin campuran di kue atau ice cream. Yummy..

Ditulis oleh manfaat.co.id kacang almond memiliki berbagai manfaat yaitu

√ Dapat menurunkan kadar kolesterol jahat,

√ Pengontrol diabetes,

√ Menjaga jantung agar sehat,

√ Meningkatkan kinerja otak,

√ Menurunkan berat badan,

√ Mencegah kecatatan bayi,

√ Melancarkan pencernaan,

√ Mengobati maag,

√ Menguatkan tulang,

√ Melancarkan peredaran darah,

√ Sebagai cadangan energy dalam tubuh,

√ Meningkatkan sistem imun,

√ Mengurangi asma,

√ Mengobati peradangan,

√ Mengurangi radang sendi,

√ Menghindari gangguan metabolism,

√ Mencegah kerusakan sel.

4. Biji bijian
Seluruh biji-bijian merupakan sumber vitamin B dan vitamin E, selenium, kalium, folat, protein dan zat besi. Biji-bijian yang baik untuk ibu menyusui adalah biji-bijian yang mengandung nutrisi dan serat alami yang tidak rusak ketika proses pengolahan. Favorit saya biskuit yang terbuat dari gandum utuh atau oats. Sekarang ini banyak yaa dijual di pasaran, biskuit dengan gandum utuh dan oats, setelah coba belvita dan fitbar langsung jatuh cinta. Asli enak banget..

Jagung

Karena tukang sayur keliling sering bawa jagung manis akhirnya dibeli juga. Selain dijadikan lauk seperti dadar jagung, enak juga dibuat camilan kalau lagi enek sama nasi. Biasanya saya bikin jagung rebus atau JaSuKe (Jagung Susu Keju). Kalau uda dijadiin JaSuKe langsung habis 2 buah jagung sekaligus.

5. Coklat

Buat saya pribadi sebagai ibu menyusui, coklat sangat membantu saya dalam menghadapi baby blues syndrome paska melahirkan. Konsumsi coklat sukses menenangkan fikiran saya agar tetap tenang dan bahagia. Karena ibu menyusui perasaannya harus selalu dijaga agar Air Susu Ibu (ASI) yang dihasilkan juga maksimal.

Terima kasih kepada Yukcoba.in yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk mencoba langsung SOYJOY80 Almond & Chocolate. Baca review lengkapnya disini.

PicsArt_04-28-07.23.03

SOYJOY80 Almond & Chocolate yang dibuat dengan tepung kedelai seutuhnya serta sumber protein, tinggi serat, sumber vitamin (A, B2, B2, B6, E, asam folat), mineral (magnesium) dan bebas gluten.

Sebelumnya saya pikir rasa soyjoy akan ada rasa kedelainya, tapi setelah coba SOYJOY80 Almond & Chocolate ternyata enak dan enggak ada rasa kedelainya sama sekali. Cuma memang teksturnya agak keras. Supaya agak lembek bisa dipanaskan melalui microwave. Rasanya jadi mirip seperti brownies. hmm..

PicsArt_04-28-06.50.24

PicsArt_04-28-06.52.39

Soyjoy menyarankan, buat kamu yang ingin makan dan merasa kenyang tanpa takut kebanyakan konsumsi karbohidrat, kita bisa mengontrol keinginan makan karbohidrat lebih banyak dengan mengonsumsi protein di antara jam makan. Contoh gampang adalah dengan mengonsumsi Soyjoy dua jam sebelum makan.

Mengonsumsi SOYJOY di antara waktu makan diyakini dapat mengurangi hasrat makan karbohidrat lebih banyak, karena protein dalam SOYJOY membuat kenyang lebih lama.

PicsArt_04-28-06.54.21

Komposisi SOYJOY80 Almond & Chocolate

Tepung kedelai 25 %, Almond 14 %, Minyak Nabati, Gula, Telur, Cokelat 9%, Maltodekstrin, Sirup Agave, Bubuk Kakao, Inulin, Perisa Identik Alami Coklat, Garam.

Komposisi coklat yang rendah, relatif aman dikonsumsi untuk ibu menyusui, karena coklat mengandung kafein.

Kalau camilan favorit kalian apa ? Share di komen yaa..

Happy Nyamils ❀

4 thoughts on “Camilan Favorit Selama Menyusui

  1. Spyjoy ini yg selalu nemenin aku kalo lg pulang ke Sby naek kereta, cemilannya ini…eaaa.
    Kalo pas hamil, sekali pulkam jg bawanya masih Soyjoy. Lumayan mengganjal perut di kala lapar melanda.
    So far cemilan favorit selama hamil, buah2an πŸ˜€

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *