5 Cara Agar Tampil Memesona

5 Cara Agar Tampil Memesona

Sejatinya perempuan diberi berbagai keistimewaan oleh Tuhan. Jelas secara kodrati, perempuan memiliki organ reproduksi sehingga bisa melahirkan dan menyusui. Demikian pula secara lahir, perempuan mempunyai keindahan tersendiri, seperti dapat mempercantik diri dengan riasan kosmetik, dapat memiliki rambut panjang nan indah, menggunakan gaun nan cantik, alas kaki dengan berbagai macam model, mengenakan beragam bentuk perhiasan. Dari sisi batin, perempuan identik dengan sifat keibuan, lemah lembut, sabar, pemalu, sensitif. Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki, kita sebagai perempuan mempunyai kewajiban untuk mengelola segala kelebihan yang kita miliki. Jika bisa dikelola dengan baik maka pesona dalam diri akan tepancar dengan sendirinya. Tiap orang mempunyai persepsi masing-masing mengenai kriteria perempuan yang dapat mempesona orang di sekitarnya.

Memesona versi saya ada 5 cara :    

1. #MemesonaItu dengan fikiran yang positif

positive-725842__340

 

Dalam agama kita telah dianjurkan untuk selalu berfikir positif terhadap segala suatu kondisi yang menimpa kita. Jika kita selalu memandang suatu permasalahan dengan fikiran positif maka otak dapat berfikir jernih dan tubuh kita secara otomatis akan mendukungnya. Sebaliknya jika kita memandang permasalahan dari segi negatifnya terlebih dahulu maka otak tidak dapat berfikir jernih sebagaimana mestinya, fikiran sulit fokus dan apa yang dihasilkan juga negatif.

Banyak manfaat yang akan kita dapat dari menanamkan fikiran positif seperti dapat mengatasi stress, meningkatkan rasa percaya diri, fikiran merasa damai dan tentram, wajah yang berseri-seri dan awet muda. Siapa sih perempuan yang tidak suka dibilang awet muda ? Berbicara tentang awet muda, saya ada sedikit cerita nih..

Saat lebaran beberapa tahun lalu, teman sekolah ibu saya bertamu ke rumah eyang dan kebetulan tante saya juga bertemu dengan mereka. Komentar tante saya begini, “ itu tadi temen sepantarannya mbak ?”, “kok kelihatanya lebih tua ya?”. Setelah dicari tahu, mereka semua adalah seorang perkerja kantoran. Sedangkan ibu saya, hanyalah seorang ibu rumah tangga. Apapun profesinya penting bagi kita untuk mengelola fikiran agar stabil tetap positif sepanjang waktu dalam menghadapi segala situasi dan kondisi dan pilih pekerjaan yang benar-benar kita sukai, karena perkerjaan yang kita pilih saat ini akan menentukan masa depan di kemudian hari.

Dari kecil saya suka menulis buku harian, kebiasaan tersebut saya wujudkan sekarang dalam bentuk blog. Saya memilih menulis melalui blog, karena mempunyai dampak positif ke diri pribadi. Blog saya jadikan sebagai sarana untuk aktualisasi diri, berbagi pengalaman yang bermanfaat, berkomunikasi dengan sesama blogger, menambah relasi, sekaligus mewujudkan me time di rumah.

2. #MemesonaItu ketika dapat menebar manfaat

“Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat untuk orang lain.”

Selain anjuran kepada manusia untuk berfikir positif, anjuran untuk menjadi orang yang bermanfaat bagi sesama telah di ajarkan dalam agama. Hidup di dunia ini singkat, maka akan menjadi sia-sia jika tidak kita pergunakan untuk kebermanfaatan kepada sesama. Menebar manfaat tidak hanya terbatas pada materi kok. Dalam sudut pandang lebih luas, menebar manfaat dapat kita lakukan dengan cara menjaga lingkungan sekitar agar tetap terawat dan bersih, memberi semangat kepada orang lain yang sedang pesimis, berbagi ilmu bermanfaat, memperlakukan hewan peliharaan dengan layak, menghibur teman yang sedah kesusahan, menginspirasi orang lain dan masih banyak lagi.

Bagi saya, melalui blog saya bisa berbagi manfaat ke orang lain. Niat awalnya hanya bertujuan mengabadikan pengalaman melalui tulisan dan mengisi waktu luang di rumah. Karena menurut pemahaman saya, sesuatu yang ditulis akan lebih abadi dan tak lekang oleh waktu. Siapa tahu tulisan saya ini juga bisa bermanfaat untuk anak, cucu saya nantinya ketika mereka baca. Syukurlah beberapa dari pembaca juga merasakan manfaat dari tulisan saya.

This slideshow requires JavaScript.

Saya juga memiliki sosok mempesona. Bernama lengkap Dian Sofamarita. Akrab saya sapa mbak Dian. Beliau adalah guru les saya saat SMA dan saat ini berprofesi menjadi guru di salah satu sekolah dasar negeri di Surabaya dengan status guru tidak tetap dalam kurun waktu hampir 11 tahun. Bisa dibayangkan sudah berapa banyak dedikasinya yaa..Prinsip hidupnya sama seperti saya, sama-sama ingin menjadi orang yang bermanfaat untuk orang lain. Bedanya, hasil yang  telah dicapai beliau ini lebih nyata dan berdampak positif bagi lingkungan. Berawal dari keprihatinan dengan kondisi lingkungan di Surabaya khususnya perihal akses air bersih.

wp-1491249597442.jpg

“Air, kita tinggal ngambil aja dari alam.”

 “Tanpa alat supercanggih dan biaya mahal.”

“ Tapi harga per liternya hampir sama dengan harga premium.”

“Sedangkan kondisi air di bumi ini, sebagian besar bercampur dengan air laut”, ujarnya.

Dengan alasan tersebut, beliau membuat program awal dengan cara konservasi air atau menyelamatkan kondisi air di lingkungan. Dengan cara mensosialisasikan perilaku ramah lingkungan kepada siswa, dalam bentuk berbagai kegiatan positif seperti mengurangi penggunaan kantong plastik, karena plastik adalah salah satu bahan yang sulit terurai, membiasakan diri untuk membawa bekal baik makanan dan minuman dari rumah, kegiatan menanam pohon, mendaur ulang sampah melalui program pemilahan sampah dan pembuatan pupuk kompos, mempopulerkan biopori yang biasa disebut lubang resapan air, dan menanamkan jiwa wirausaha berbasis lingkungan. Siswa diajari berdagang menggunakan sumber daya alam yang ada di sekolah.

wp-1491249626623.jpg

Atas kegigihan beliau dalam menjaga lingkungan hidup, pada Juni 2016 lalu dianugrahi piagam penghargaan dari walikota Surabaya atas dedikasinya melakukan aksi nyata sedikitnya 200 jam melakukan aksi nyata positif untuk lingkungan hidup. *tepuk tangan*. Selain itu yang membuat mbak Dian mempesona adalah sifat kesederhanaan dan keramahan beliau. Semoga sukses selalu mbak Dian.

3. #MempesonaItu berprestasi

Dari dulu, saya selalu terpesona dengan perempuan yang memiliki prestasi baik secara akademik maupun non akademik. Sosok perempuan yang meinginspirasi saya untuk terus berprestasi walaupun sudah berkeluarga adalah Ibu Tri Rismaharini.

wp-1491250240803.jpg

Akrab disapa dengan panggilan Bu Risma, perempuan asal Kediri ini sukses membawa nama harum Kota Surabaya. Sosok yang dikenal tegas dan disiplin ini telah berhasil membawa Kota Surabaya ke berbagai penghargaan seperti :

  1. Kota Surabaya sukses empat kali meraih piala Adipura Kencana berturut-turut mulai tahun 2011, 2012, 2013, dan 2014 untuk kategori Kota Metropolitan.
  2. Meraih penghargaan Adipura Paripurna tahun 2016.
  3. Kota Surabaya menjadi kota terbaik partisipasinya se-Asia Pasifik tahun 2012 versi Citynet atas keberhasilan pemerintah Kota dan partisipasi rakyat dalam rangka mengelola lingkungan.
  4. Kota Surabaya meraih penghargaan tingkat Asia-Pasifik dalam Future Government Awards tahun 2013 di dua bidang yaitu data center & inklusi digital.
  5. The 2013 Asian Townscape Awarddari Perserikatan Bangsa-Bangsa sebagai taman terbaik se-Asia pada tahun 2013
  6. Tri Rismaharini dinobatkan sebagaiMayor of the Month atau wali kota terbaik di dunia untuk bulan Februari 2014 atas keberhasilannya selama memimpin Kota Surabaya sebagai kota metropolitan yang paling baik penataannya.
  7. Pada Februari 2015, Tri Rismaharini dinobatkan sebagai wali kota terbaik ketiga di dunia versi World City Mayors Foundation atas keberhasilannya dalam mengubah wajah Kota Surabaya dari yang kumuh penataannya menjadi kota yang lebih hijau dan tertata rapi.    
  8. Pada Maret 2015, nama Tri Rismaharini masuk dalam jajaran 50 tokoh berpengaruh di dunia versi majalah Fortune. 
  9. pada tanggal 13 Agustus 2015, Tri Rismaharini menerima anugerah tanda kehormatan Bintang Jasa Utama dari Presiden Joko Widodo bersama 14 tokoh lain di Istana Negara, Jakarta.
  10. Pada bulan November 2015, Risma memperoleh penghargaan anti korupsi dari Bung Hatta Anti Corruption Award.

Berbagai penghargaan yang telah diraihnya, tidak lepas dari kerja keras beliau untuk terjung langsung ke lapangan saat mendapat laporan keluhan dari warga Surabaya. Sering kali saya melihat Bu Risma ikut serta membersihkan taman kota, terjun langsung ke selokan yang tersumbat, menyapu sampah yang berserakan, hingga menolong anak-anak jalanan. Kepribadian yang baik, kesederhanaan, hati mulia yang beliau miliki membuat warga Surabaya sangat mencintai beliau hingga terpilih lagi memimpin Kota Surabaya. Semoga sosok seperti beliau ini terus bermunculan di generasi yang akan datang yaa..

4. #MempesonaItu selalu menjaga penampilan diri

Sebagai perempuan yang sudah menikah dan memiliki buah hati, sudah menjadi kewajiban saya untuk tetap merawat diri di sela-sela kesibukan mengurus suami, anak, dan perkerjaan rumah tangga. Dengan menjaga dan merawat kebersihan tubuh berarti kita sudah menghargai diri sendiri. Paling tidak dengan cara rajin mandi, membersihkan dan merawat tubuh, menggunakan wewangian agar tidak bau badan, berbusana yang sopan sesuai situasi dan kondisi, semisal menggunakan gaun bernuansa batik saat acara resmi. Peduli pada kondisi kesehatan tubuh diri sendiri dengan cara menjaga pola hidup sehat seperti kurangi konsumsi makanan yang berlemak, perbanyak konsumsi makanan berserat dan bervitamin, giat olah raga, minum air putih minimal 8 gelas per hari, cukup istirahat.

wp-1491250274366.jpg

Jika kita selalu menjaga penampilan, orang di sekitarnya akan merasa nyaman berada di dekatnya begitu pula sebaliknya jika kita bersikap acuh terhadap penampilan diri sendiri, bisa jadi orang di sekitarnya akan cenderung tidak nyaman dan bisa jadi akan menjauhi kita.

Jadi penting untuk selalu menjaga penampilan setiap saat yaa..       

5. #MempesonaItu tetap ramah dan menjaga sopan santun

Setelah penampilan luar nampak oke, agar tampil cantik luar dalam, hal yang tidak kalah penting adalah tetap bersikap ramah dan sopan santun. Orang yang mempunyai sikap ramah biasanya lebih disukai orang lain dan  mempunyai banyak teman. Menunjukkan keramahan bisa diwujudkan dengan tersenyum dan menampakkan wajah yang ceria. Karena dengan tersenyum, kita memberikan enegi positif untuk diri kita sendiri maupun orang di sekitarnya yang melihat. 

Sopan dalam berperilaku dan santun dalam bertutur kata. Pelajaran yang telah diajarkan oleh orang tua secara turun-temurun ini, sangat bermanfaat dalam berinteraksi dengan orang lain baik sesama teman, orang yang lebih tua, dan orang-orang di sekitar kita.   

                                              ***

Dengan berbagai kelebihan yang manusia miliki sudah selayaknya kita harus bersyukur dan mengoptimalkan segala kelebihan diri dan jangan ragu untuk selalu pancarkan pesonamu. Tiap orang memiliki pesona yang berbeda-beda. Tinggal bagaimana sekarang kita dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya.  

 

Yuk selalu pancarkan pesonamu..😉

#MemesonaItu

Sumber gambar :

  • https://pixabay.com/
  • https://detik.com/
  • IG : @dianpelangi
  • https://tunashijau.org

Sumber refrensi :

  • https://id.wikipedia.org

 

 

15 thoughts on “5 Cara Agar Tampil Memesona

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *