Dampak Positif Keberagaman Pengguna Internet di Indonesia

Dampak Positif Keberagaman Pengguna Internet di Indonesia

Hingga saat ini pengguna internet di Indonesia terus bertambah. Seiring dengan meluasnya akses internet di seluruh pelosok Indonesia. Lembaga polling Indonesia dan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), telah melakukan survei ke pengguna internet di Indonesia pada tahun 2016. Hasilnya populasi pengguna internet aktif di Tanah Air mencapai 132,7 juta dari total penduduk Indonesia yang mencapai 256,7 juta orang. Angka ini naik 63% dari total jumlah pengguna internet di tahun 2014 yakni sebesar 83,7 juta orang.  Dari data tersebut menunjukkan, hampir separuh lebih dari total penduduk Indonesia telah mengakses internet. Wow.. jumlah yang terbilang besar yaa.. *melongo takjub*

Sumber : www.apjii.or.id

Pengguna internet terbesar berasal dari pulau Jawa, karena sebagian besar penduduk Indonesia memang berada di Jawa. Wajarlah..

Berita bagusnya, berdasarkan sejumlah survei Indonesia sukses menduduki peringkat 5 terbesar pengguna internet. Sukses mengalahkan negara-negara maju seperti Jepang, Rusia, Jerman, Inggris. Pantas saja, topik-topik hangat yang menjadi perbincangan di Indonesia ini sering menjadi trending topic worldwide di sejumlah media sosial.

Sumber : www.internetworldstats.com

Usia pengguna internet di Indonesia juga beragam, mulai dari usia pelajar hingga lansia. Sekarang ini, banyak orang tua yang sudah mengenalkan internet kepada anak sedini mungkin. Bahkan sejak dari usia balita, seperti memperlihatkan video musik anak-anak yang dapat diakses dengan mudah di youtube. Darisini bisa dikatakan pengguna internet di Indonesia, sudah merata di segala usia.

Sumber : www.apjii.or.id

Keberagaman pengguna internet di Indonesia juga ditandai dengan berbagai macam jenis pekerjaan pengaksesnya. Dari pekerja atau wiraswasta, ibu rumah tangga, pelajar, mahasiswa, hingga pelajar dengan kepentingannya masing-masing. Dengan tujuan untuk mencari informasi terbaru, keperluan pekerjaan, mengisi waktu luang, sosialisasi, pendidikan, hiburan, serta bisnis.

Sumber : www.apjii.or.id

Dari hasil survei tersebut bisa terlihat, salah satu penyumbang terbesar pengguna internet di Indonesia adalah berasal dari kaum perempuan. Eksistensi perempuan di dunia digital melalui internet juga semakin diakui, dengan munculnya komunitas blogger yang beranggotakan kumpulan perempuan Indonesia dengan hobi sama. Sama-sama suka menulis di blog.

Kumpulan Emak-Emak Blogger (KEB) adalah komunitas blogger yang berasal dari berbagai perempuan Indonesia yang tersebar di penjuru dunia dengan beragam profesi dan latar belakang. Komunitas ini adalah komunitas blogger perempuan Indonesia pertama dan sukses bertahan dari Januari 2012 hingga saat ini. Berawal dari keinginan emak blogger Mira Sahid yang ingin mengumpulkan teman-teman perempuan dengan hobi yang sama. Iyaa..sama-sama suka curhat di blog *upss* (curhat yang positif kok..hihi). Kemudian diwujudkan dengan membentuk laman group Facebook. Dalam waktu 1 hari 100-an lebih blogger perempuan, baik yang masih aktif ngeblog maupun tidak, bergabung di grup ini. Anggota KEB secara rutin saling berbagi inspirasi, informasi, motivasi dan karya melalui blognya masing-masing dan berdiskusi di Facebook Group KEB.

Arisan Ilmu di Surabaya

Oiya.. KEB bulan lalu baru merayakan Annyversary ke 5.

Sekalian mau ngucapin, “Selamat ulang tahun KEB, semoga semakin kompak, menginspirasi, memotivasi kita (emak-emak) untuk selalu rajin update blog masing-masing. Sukses terus untuk KEB”.

Karena pengaruh internet saat ini sangat besar dalam kehidupan kita, APJII memberikan wadah khusus bagi perempuan Indonesia untuk berekspresi, dan diwujudkan dengan diselenggarakannya Miss Internet. Kontes ini digagas oleh APJII yang memiliki visi misi untuk menyampaikan pesan bahwa wanita millenial Indonesia memainkan peranan penting dalam pertumbuhan industri internet di tengah-tengah masyarakat dan budaya Indonesia. Selain berpenampilan menarik, Miss Internet Indonesia haruslah piawai dalam menggunakan hal-hal yang terkait dengan teknologi internet. Sehingga dapat menjadi Duta Internet APJII untuk penggunaan internet yang bermanfaat, bersih dan aman.

Sumber : www.missinternet.id

Ada yang berniat ikut ? *kedip-kedip ngarep*

Pesatnya perkembangan internet di Indonesia mendorong Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) berkerjasama dengan Pengelola Nama Domain Indonesia (PANDI) membuat program 1 juta domain ID yang bertujuan untuk mendorong optimalisasi akses internet yang ada di dalam negeri dan mempercepat akses konten lokal. Program ini terbuka umum untuk UKM, desa, sekolah maupun pesantren, dan organisasi dengan tujuan memperbanyak konten positif, sarana promosi bagi pelaku usaha UKM melalui internet, mendorong sekolah atau institusi pendidikan serta desa untuk menggunakan internet secara optimal. Rencananya program ini akan dilangsungkan selama 3 tahun dari 2016 hingga 2018 dengan target 350.000 situs internet dengan domain Indonesia diaktifkan tiap tahunnya. Program ini gratis loo..tidak dikenakan biaya..Tertarik?

Sumber : www.goukm.id

Internet kini sudah menjadi gaya hidup masyarakat modern di tengah era digital. Kehadiran koneksi internet itu kalau di ibaratkan seperti “Makan sayur tanpa garam”. Punya gadget dengan keluaran terbaru dan bejibun tapi tidak didukung dengan koneksi internet yang cepat sama aja bo’ong, “iya gak?”

Jadi penting bagi kita sebagai pengguna media online untuk memilih jasa provider tepat yang mampu menjawab kebutuhan kita saat ini.

XL hadir dengan internet 4G LTE untuk memenuhi kita, sebagai pengguna aktif internet. Kecepatan internetnya mencapai 150 Mbps.

Bagi pengguna XL yang belum aktifasi 4G LTE jangan khawatir.. Saya jabarin di bawah ini yaa..

Sudah siapp??…

*Duduk manis sambil nyamil*

Penting nih!*

  1. Pastikan smartphonemu mendukung jaringan 4G

  2. Upgrade SIM card 3G menjadi 4G.

  3. Aktifkan Paket Combo Xtra untuk mendapatkan Xtra kuota 4G dan Xtra nelpon ke semua operator. Tersedia berbagai pilihan paket dengan harga terbaik, yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Nikmati Xtra kuota hingga 40GB dan Xtra nelpon hingga 150 menit ke semua operator. 

Sumber : 4g.xl.co.id

Cara upgrade SIM card 4G gampang banget, ada 2 cara

  1. Tinggal telpon melalui telepon seluler ke *123*817#.
  2. Melalui aplikasi myXL yang bisa di download lewat Play store bagi pengguna android dan App store bagi pengguna iOs.
Sumber : 4g.xl.co.id

XL hadir dengan pilihan tarif yang terjangkau untuk memenuhi beragam aktifitas kamu di dunia maya. Update harga paketan terbaru dari XL, silahkan kunjungi website resmi XL.

Jadi selalu pakai XL untuk mendukung beragam aktifitas keseharianmu yaa..

Artikel ini diikutkan dalam KEB blogging Competition.

http://emak2blogger.com/2017/02/03/lomba-blog-keb5th/#comment-70837

11 thoughts on “Dampak Positif Keberagaman Pengguna Internet di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *