Dunia Eksplorasi Kimika bersama Mitu

Dunia Eksplorasi Kimika bersama Mitu

Hallo Moms..

Kali ini saya mau sharing tentang kebiasaan barunya Kimika.

Memasuki usia 9 bulan ini Kimika semakin aktif bergerak, sudah lancar merangkak serta suka sekali mencari pegangan agar dia bisa berdiri sendiri. Saya juga semakin waspada dengan kebiasaan baru Kimika ini. Karena jika saya lengah sedikit apa yang dilakukan Kimika bisa sebaliknya membahayakan dirinya. Namun jika saya terlalu memanjakan Kimika maka dampak ke depannya juga kurang baik.

Contoh nyata, ada anak seorang teman yang sewaktu kecilnya dia dilarang bermain di tempat-tempat tertentu dengan alasan takut terkena kotoran. Dampaknya sekarang ketika ada kegiatan di sekolah dan mengajak anak tersebut ke pantai, anak itu tampak resah karena di pantai jarang ada kursi sehingga mau tidak mau harus duduk di pasir pantai namun dia takut kotor. Jadilah gurunya yang diminta untuk membersihkan pasir yang masih menempel di pakaiannya.

Dari cerita teman, saya dapat mengambil pelajaran bahwa anak jangan dibatasi untuk bereksplorasi bergerak melakukan kegiatan serta mengenal hal-hal baru. Karena jika kita sebagai orang tua memberikan kesempatan kepada anak untuk bergerak bebas, mengeksplorasi hal-hal baru, justru banyak manfaatnya asalkan tetap dipantau oleh orang tua. Manfaatnya :

  1. Anak bisa banyak mengenal lingkungan sekitarnya,
  2. Dapat mengasah kemampuan motoriknya,
  3. Anak dapat belajar mengenai hubungan sebab-akibat,
  4. Anak berlatih kemampuan persepsi,
  5. Anak belajar memahami proses.

Beberapa waktu lalu saya, suami dan Kimika berlibur ke luar kota. Saatnya bereksplorasi mengenalkan berbagai aktifitas seru yang sebelumnya belum pernah dialami Kimika. Kami mengajak Kimika jalan-jalan ke pantai. Awalnya Kimika duduk anteng di gendong sama ayahnya. Namun setelah beberapa saat, dia mulai gelisah. Seperti penasaran, apa sih yang ada di bawah? Kok warnanya putih?. Yah.. akhirnya ayah menurunkan Kimika ke bawah dan kena pasir pantai pastinya. Kotorr? Basahh? Pastinyaa.. sudah resiko ajak anak bayi ke pantai. Yaa..itung-itung sarana pengenalan alam buat Kimika, karena jarang-jarang bisa ke pantai hehe..

Kimika lagi asik main pasir πŸŒ…

Kimika kelihatan seneng banget main pasir sambil merangkak kesana kemari, kebetulan cuacanya juga mendukung karena menjelang sunset.

Selain itu saya juga mengenalkan aktifitas lain ke Kimika yaitu berenang! Sebenernya udah lama pengen ajakin Kimika ke kolam renang cuma karena beberapa pertimbangan ini-itu akhirnya baru kesampaian sekarang. Awalnya dia takut karena belum adaptasi dan sempet mewek! Ga berhenti disitu aja, saya coba ajakin berenang 2 hari kemudian. Awalnya masih takut tapi lama-kelamaan udah mulai bisa beradaptasi sama kolam dan yang ada bawaannya Kimika ngantuk kena angin semilir.. πŸ˜€

Main air lagii 🏊

Karena di usia Kimika sekarang ini memang sedang asyik-asyiknya mencoba hal-hal baru saya juga selalu sedia peralatan tempur saya yaitu Mitu Baby agar tetap terjaga kebersihan tubuh Kimika dimanapun dan kapanpun. Di Fanpage nya Mitu Baby juga banyak banget informasi yang bermanfaat mengenai Dunia Eksplorasi Anak, jadi pas banget buat saya dan Kimika yang sedang aktif bereksplorasi.

Alat tempurnya Kimika kalo abis bereksplorasi 😍

<3 Terima kasih Mitu Baby <3

 

β€œTulisan ini dibuat untuk event Mitu yang bertemakan Dunia Eksplorasi Mitu bagi Moms dan Si Kecil”

 

 

 

 

18 thoughts on “Dunia Eksplorasi Kimika bersama Mitu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *